12 Jenis Obeng dan Fungsinya Masing-Masing

Terdapat macam-macam obeng dan fungsinya masing-masing yang berbeda, apakah Anda mengetahuinya? Obeng merupakan salah satu alat perkakas yang berguna untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup pada berbagai barang. Setidaknya, setiap rumah perlu memiliki obeng karena fungsinya yang sangat penting dan mudah digunakan oleh siapa saja. Kalau begitu langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

Inilah Macam-Macam Obeng dan Fungsinya

Berikut ini adalah macam-macam obeng dan fungsinya masing-masing. 

1. Obeng Plus 


Obeng yang satu ini memiliki mata obeng berbentuk “tambah” atau silang. Biasanya obeng plus juga disebut sebagai obeng kembang. Kegunaannya adalah untuk mengendurkan dan mengencangkan sekrup berbentuk tambah atau silang. 

Baca juga: Sejarah Obeng, Perkakas Serba Guna!

2. Obeng Minus


Seperti namanya, obeng minus memiliki mata obeng berbentuk pipih seperti tanda kurang atau minus. Obeng jenis ini khusus digunakan untuk sekrup yang memiliki bentuk tanda kurang. 


3. Obeng Ketok


Obeng ketok memiliki penggunaan yang berbeda dari dua jenis obeng sebelumnya, bukan diputar melainkan diketok. Obeng ini berfungsi untuk mengendurkan dan mengencangkan sekrup agar dapat terpasang dengan sangat kuat (begitu pun sebaliknya). Biasanya obeng ketok digunakan pada mesin, di mana setiap sekrup yang ingin dipasang atau dilepas, perlu diketok agar bisa terpasang atau terlepas dengan kuat. Mata obeng jenis ini umumnya bisa diubah sesuai kebutuhan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Obeng Ketok yang Bagus

4. Obeng Fleksibel


Obeng fleksibel memiliki batang obeng yang bisa melekuk ke arah mana saja sesuai kebutuhan. Obeng fleksibel berfungsi menjangkau sekrup yang tidak bisa dijangkau oleh obeng yang lurus. Mata obeng ini ada dua yaitu minus dan plus yang terletak pada ujung yang berbeda. 

5. Obeng Sok


Obeng sok memiliki fungsi yang sama dengan obeng ketok, yaitu untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup yang berbentuk bulat pada mesin. Mata obeng ini bisa berbentuk dua macam yaitu bulat dan persegi. 

6. Obeng Magnet


Obeng magnet merupakan salah satu obeng yang memiliki kemampuan tambahan yaitu memiliki daya magnet pada mata obeng. Adanya daya magnet pada obeng ini berguna untuk mengambil sekrup yang terselip. 

7. Obeng Tespen


Obeng tespen mempunyai kemampuan untuk mengetahui keberadaan arus listrik pada kabel yang disentuh oleh mata obeng. Terdapat lampu yang akan menyala di mata obeng untuk menunjukkan hal tersebut. Mata obeng tespen umumnya berbentuk minus.

Baca juga: Ini Dia Jenis-Jenis dan Fungsi Kabel Listrik

8. Obeng Elektrik


Tidak seperti obeng lainnya yang membutuhkan tenaga manusia untuk mengencangkan dan mengendurkan, obeng elektrik dilengkapi dengan baterai, sehingga dapat melakukan tugasnya dengan menekan tombol. Bentuk gagang obeng ini seperti pistol dan memiliki berbagai bentuk mata obeng yang bisa ganti sesuai kebutuhan. 

9. Obeng Ratchet


Hampir mirip dengan obeng elektrik, bentuknya juga serupa pistol, namun tanpa tenaga baterai. Mata obeng ratchet juga bervariasi, sehingga bisa diganti-ganti sesuai kebutuhan Anda. 

10. Obeng Offset

Obeng offset memiliki bentuk yang juga cukup unik yakni melekuk seperti huruf Z atau bentuk siku yang berlawanan. Terdapat dua bentuk mata obeng yaitu minus dan plus. 


11. Obeng Aksesori


Obeng aksesori digunakan untuk barang yang tidak membutuhkan tenaga yang besar seperti obeng untuk mesin. Batang obeng ini tidak sekuat batang obeng yang lain, sehingga mudah retak saat diberikan kekuatan yang besar. Mata obeng ini bervariasi sehingga berguna untuk mengencangkan atau mengendurkan sekrup kecil yang terdapat pada barang seperti jam tangan atau remote.

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Obeng dengan Tepat

12. Obeng Gagang Stabil


Memiliki batang obeng berbentuk huruf T, obeng gagang stabil memiliki tiga mata obeng yang memiliki kegunaan yang sama yaitu untuk mengencangkan dan mengendurkan sekrup. Tiga mata obeng tersebut adalah minus, plus dan sok. Meskipun bentuk mata obengnya lengkap, penggunaan obeng ini tidak bisa untuk barang-barang yang harus dipasang dengan kuat. Penggunaan tenaga berlebih pada obeng ini akan membuat batang obeng patah karena bahannya terbuat dari plastik. 

Baca juga: 4 Cara Menggunakan Obeng dengan Tepat

Sejatinya kegunaan setiap obeng adalah untuk mengendurkan dan mengencangkan sekrup, agar posisinya tidak berubah. Perbedaan dari obeng satu dan yang lain hanya dari besarnya tenaga yang diperlukan dan pada barang seperti apa. Jika Anda mencari obeng untuk memasang sekrup, Anda bisa mencarinya di KlopMart.

Klopmart adalah platform online yang menjual semua kebutuhan material Anda, dan tentu saja memiliki obeng yang diperlukan seperti obeng pantek. Kunjungi website KlopMart untuk mencari bahan dan alat kebutuhan lainnya. Dengan ini, penjelasan mengenai macam-macam obeng dan fungsinya telah selesai, semoga Anda mendapati artikel ini berguna. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya