Konstruksi

10 Jenis Gergaji Mesin Disertai Fungsinya

Media
12 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Berdasarkan proyek yang sedang dikerjakan, ada beragam jenis gergaji mesin yang bisa Anda gunakan. Dalam dunia pertukangan pun, gergaji adalah salah satu alat yang sering digunakan. Keberadaannya tentu sangat memudahkan saat Anda ingin memotong pohon, kayu, besi, dan material lainnya yang tidak dapat dipotong dengan mudah.

Dari sekian banyaknya merek dan jenis gergaji mesin, belum tentu semua tipe cocok untuk kebutuhan Anda. Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan penjelasan lengkap mengenai jenis gergaji mesin dan fungsinya agar Anda bisa menentukan mana yang terbaik. Mari simak bersama artikel berikut ini!

Jenis-Jenis Gergaji beserta Fungsinya

Gergaji mesin adalah gergaji yang bekerja dengan otomatis menggunakan mesin, sehingga jika dibandingkan dengan gergaji konvensional, tentu jenis ini lebih praktis. Saat memilih jenis gergaji mesin untuk proyek Anda, pastikan Anda sudah tahu fungsi dari tipe-tipe di bawah ini: 

1. Chainsaw

Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan jenis gergaji mesin satu ini berkat film-film dan budaya pop lain di media. Chainsaw atau gergaji rantai adalah jenis gergaji mesin yang cukup ringan dan biasanya dioperasikan dengan baterai, alias tak berkabel. Ketahanan baterainya berbeda-beda tergantung merek, tetapi rata-rata chainsaw akan bertahan selama sehari sebelum baterainya harus diisi ulang.

Mata gergaji chainsaw kuat dan tebal, sehingga banyak yang menggunakannya untuk menebang pohon atau kayu tebal lainnya. Suaranya yang khas adalah hasil dari pergerakan mata gergaji yang mengenai material.

2. Mini Chainsaw

Jangan terkecoh dengan bentuknya yang imut. Meski kecil, chainsaw mini tetap bisa digunakan untuk memotong material dalam level yang lebih ringan. Ukurannya yang kecil memberinya nilai positif dari segi berat, sehingga Anda tidak akan terbebani bahkan jika harus membawanya ke mana-mana.

3. Corded-electric Chainsaw

Jenis gergaji mesin yang ini menggunakan kabel, sehingga memiliki daya potong yang lebih kuat jika dibandingkan chainsaw baterai. Gergaji ini memiliki fungsi yang sama seperti chainsaw, hanya saja penggunaan gergaji berkabel ini khusus untuk proyek di sekitaran rumah. Meski Anda bisa menyambungkan kabel, Anda tidak bisa berada terlalu jauh dari sumber listrik.

Baca juga: 3 Merk Pernis Kayu yang Bagus untuk Furnitur

4. Jigsaw

Biasanya, hasil potongan gergaji hanya lurus. Namun, dengan jigsaw, Anda dapat menghasilkan potongan kurva atau melengkung, sehingga tidak sembarang orang bisa mengoperasikannya dengan baik.

Gergaji ini memiliki bilah pemotong pendek dan bergigi halus. Saat menyala, gerakan motornya dapat dibolak-balik dan bilah pemotongnya akan bergerak naik turun. Sambil menggenggam gergaji ini, Anda tinggal mengarahkannya membentuk potongan yang diinginkan.

5. Flooring Saw

Jika gergaji biasanya dipegangi tangan dan berada jauh di atas lantai, flooring saw adalah jenis gergaji listrik yang penggunaannya diletakkan di lantai. Gergaji ini digunakan untuk memotong bahan keramik pada lantai atau material bangunan lain. Menariknya, Anda tak perlu repot memindahkan gergaji atau menaikkannya ke tempat yang lebih tinggi.

6. Reciprocating Saw

Ini dia salah satu jenis gergaji mesin yang cocok untuk kebutuhan rumah tangga. Gergaji ini bentuknya kecil dan ringan, memudahkan untuk dibawa ke mana-mana. Anda bahkan bisa menggonta-ganti mata gergajinya sesuai dengan proyek dan material yang ingin dipotong. Karena kecil, Anda bisa menggunakan reciprocating saw untuk melakukan aktivitas pemotongan dengan satu tangan saja.

Baca juga: 4 Cara Dempul Kayu dengan Mudah dan Hasil Memuaskan

7. Scroll Saw

Mungkin tidak banyak yang tahu gergaji satu ini. Scroll saw dilengkapi meja datar dengan mesin berkecepatan tinggi yang bentuk dan cara kerjanya mirip dengan mesin jahit. Anda harus meletakkan lempengan kayu di meja datar, lalu mendorong sekaligus mengarahkannya mengikuti pola. Bilah pemotongnya tipis dan kecil, sehingga jika Anda mendorong kayu terlalu keras, bilahnya bisa patah.

Jenis gergaji mesin ini sangat cocok untuk para pelaku kreatif yang melakukan proyek kesenian atau DIY. Anda bisa menghasilkan pola rumit dan potongan melengkung dengan scroll saw.

8. Spiral Saw

Disebut juga sebagai rotary saw, jenis gergaji mesin ini memiliki gagang berulir seperti obeng. Alat ini sangat berguna untuk membuat lubang yang presisi dan bersih. Biasanya digunakan pada dinding gypsum dan dinding campuran dari papan dan kayu lapis.

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

9. Miter Saw

Jenis gergaji mesin yang ini juga memiliki fungsi spesifik, yaitu untuk membuat potongan siku-siku. Sudut yang dihasilkan sangatlah presisi dan pas, dengan mesin yang mampu dimiringkan hingga sudut 45 derajat.

Penggunaan miter saw ideal untuk pembuatan pigura, kasau atap, dan potongan bersudut lainnya yang relatif pendek. Dengan bilah pemotong yang tepat, Anda bahkan bisa memotong logam dan plastik.

10. Pole Chainsaw

Mirip dan berfungsi memotong kayu layaknya chainsaw, pole chainsaw memiliki pole atau ‘tongkat’ yang bisa dipanjangkan. Banyak juga yang menganggap gergaji ini sebagai ‘tongkat’ bergergaji, padahal fungsi gergaji ini lebih spesifik.

Anda bisa menggunakan pole chainsaw untuk memotong cabang-cabang pohon tinggi yang sulit dijangkau. Meski begitu, daya potongnya tidak bisa disamakan dengan chainsaw, sehingga jenis gergaji mesin ini bukanlah pengganti chainsaw.

Setelah memahami penjelasan di atas, sekarang Anda tahu mana gergaji mesin yang tepat untuk proyek Anda. Sesuaikanlah dengan kebutuhan serta selera Anda. Semua jenis gergaji mesin di atas memiliki kemampuannya sendiri-sendiri yang bisa membantu kelancaran pekerjaan Anda, mulai dari yang kecil hingga besar.

Sebagai tempat jual gergaji mesin, Klopmart menyajikan beragam gergaji dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau. Jadi, jangan sampai salah memilih. Untuk informasi seputar jenis gergaji mesin lain, hubungi kami sekarang juga.

Sumber rujukan:

  • https://housegrail.com/different-types-of-chainsaws/
  • https://mesintrade.com/macam-macam-gergaji-mesin-dan-manual-untuk-kayu-triplek-dan-besi/
  • https://www.99.co/blog/indonesia/jenis-gergaji-listrik/
  • https://www.ruparupa.com/blog/rekomendasi-gergaji-mesin-sesuai-jenis-dan-fungsinya/
  • https://teknikece.com/jenis-gergaji/
  • https://www.pengelasan.net/gergaji/

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb