Cara Mengecat Tembok Motif Kotak Kotak dengan Estetik

Ada berbagai cara mengecat tembok motif kotak kotak. Ya, sebenarnya Anda tidak hanya bisa memberikan tembok warna yang monoton saja. Anda bisa menambahkan motif kotak kotak dengan mudah dan cepat. Ingin tahu caranya? 

Pada dasarnya, tembok rumah memang harus dilapisi dengan cat agar membawa aura tersendiri sesuai keinginan pemilik rumah. Ada yang suka warna cerah atau bahkan gelap. Apapun pilihannya, semua terserah Anda. Namun bagaimana kalau sudah bosan dengan cat yang hanya satu warna saja? 

Anda bisa memberikan motif kotak kotak dengan perpaduan warna cat rumah yang ciamik. Untuk informasi lebih lengkap, simak rangkumannya di bawah ini.
 

Aneka Motif Cat Tembok Rumah

Kalau Anda berpikir bahwa motif kotak-kotak adalah motif yang membosankan, Anda harus berpikir ulang. Desainnya yang simpel membuat cat tembok motif kotak-kotak dapat Anda kreasikan dengan bentuk-bentuk kreatif dan unik lainnya.

Berikut adalah beberapa contoh motif cat tembok yang dapat Anda kreasikan bersama motif kotak-kotak.
 

Cat Tembok Motif Abstrak

Motif kotak-kotak tidak berarti Anda harus membuat kotak-kotak yang polos. Anda dapat menambahkan sentuhan abstrak untuk motif kotak-kotak pada dinding rumah Anda. Jika Anda sedang sangat bersemangat dan ingin mencoba hal baru, Anda dapat membuat motif cat dinding 3D pada motif ini. 

Gunakan warna cat terang dan gelap untuk menambah kesan kedalaman dari cat tembok 3D rumah Anda. Motif satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan motif kotak-kotak yang bagus, kreatif, dan unik.
 

Motif Bujur Sangkar atau Belah Ketupat

Motif cat dinding ini cocok unuk Anda yang ingin menghindari penggunaan warna yang monoton. Untuk membaut motif ini, Anda tinggal membelah kotak pada motif kotak-kotak Anda dengan garis vertikal menyilang. Anda bisa menggunakan cat warna-warni untuk tiap potongan yang Anda hasilkan untuk menghasilkan cat tembok yang penuh warna. Cat tembok motif ini sangat cocok untuk dijadikan motif cat rumah minimalis.
 

Motif Sarung

Cat tembok motif satu ini tentunya sudah tidak asing di mata para pembaca. Untuk dapat mengecat tembok dengan motif sarung, Anda dapat menggunakan sarung yang berada di rumah Anda sebagai referensi.. Motif ini dapat Anda gunakan di berbagai ruangan, mulai sebagai cat ruang tamu hingga cat kamar tidur.
 

Cat Motif Polkadots Hias

Untuk Anda yang ingin mencoba hal baru, Anda bisa mencoba mengecat tembok motif polkadot. Motif polkadot sendiri umumnya digunakan untuk menghias kamar anak perempuan karena kesannya yang imut, apalagi jika Anda menggunakan warna cat yang lembut seperti pink atau kuning.
 

Trik Mengecat Tembok Rumah Motif Kotak-Kotak

Cara mengecat tembok motif kotak kotak agar hasilnya rapih dan sesuai dengan ekspetasi, sebaiknya Anda mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
 

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Sebelum mulai mengecat kamar dengan motif yang telah Anda pilih Anda harus terlebih dahulu menyiapkan alat dan bahan. Ada tujuh bahan yang harus Anda siapkan, yaitu waterpas, cutter, kape, pensil, isolasi kerta, kuas atau spons, dan cat. Pastikan Anda menggunakan cat tembok yang bagus agar hasilnya maksimal dan tahan lama.

Setiap alat dan bahan di atas harus Anda dapatkan agar proses pengecatan tembok motif kotak kotak berjalan lancar. Setiap langkah yang nantinya akan Anda ikuti juga bisa mendapatkan hasil maksimal.
 

2. Gunakan Waterpass untuk Membuat Desain

Sekarang saatnya Anda mulai membuat desain. Siapkan pensil dan waterpass. Untuk apa waterpass? Dalam proses menggambar di dinding menggunakan pensil, Anda butuh waterpass agar bisa menarik garis lurus dan tidak miring.

Cara penggunaan waterpass untuk mengecat tembok motif kotak kotak cukup mudah. Anda tinggal menempelkannya ke dinding layaknya sebuah penggaris. Pastikan air yang ada di dalam waterpass dalam garis lurus. Itu menandakan bahwa Anda sudah memiliki garis lurus yang bisa digambar dengan pensil. Buat desain motif kotak kotak sesuai keinginan Anda.
 

3. Tempel Isolasi Kertas di Tembok

Jika motif kotak kotak sudah digambar semuanya, Anda bisa memberikan tanda dengan menempelkan isolasi kertas di setiap garis terus. Ingat, isolasi harus berada di luar dari garis. Jadi garis yang sudah dibuat ada di bagian dalam isolasi sehingga nanti bisa dicat dengan lebih mudah dan tidak belepotan. 

Supaya isolasi bisa terpotong dan menempel dengan rapi di dinding, Anda bisa memanfaatkan kape dan cutter. Jadi bentuk motif kotak yang telah dibuat dengan cukup banyak bisa rapi demi proses selanjutnya, yaitu pengecatan.

Baca juga: 11 Cara Mengecat Tembok yang Benar dan Mudah
 

4. Mengecat Bagian dalam Isolasi

Sekarang saatnya masuk ke langkah mengecat bagian dalam isolasi. Bagian dalam isolasi pasti sudah berbentuk kotak kotak dan jumlah cukup banyak. Sekarang Anda tinggal mengecat bagian dalam isolasi tersebut. Jangan sampai belepotan dan pastinya merata.

Pengecatan yang dibantu isolasi membuat desain motif kotak kotak tetap terjaga bentuknya. Selain itu cat yang dipakai juga tidak akan belepotan karena bisa terjaga oleh isolasi tersebut.
‚Äč

5. Lepaskan Isolasi

Kalau Anda sudah selesai mengecat dinding dengan motif cat dinding yan Anda inginkan, Anda bisa lepaskan isolasi pada dinding. Tunggu beberapa saat hingga mengering. Jika sudah mengering, berarti sekarang saatnya melepas isolasi. Lakukan pelepasan secara perlahan dan pastikan bahwa semua bagian cat telah mengering.

Selamat! Sekarang tembok Anda sudah tidak terlihat membosankan lagi dan lebih indah karena memiliki motif kotak kotak.

Itulah cara mengecat tembok motif kotak kotak dengan mudah dan cepat. Untuk memberikan cat baru di atas cat tembok rumah, sebaiknya Anda memastikan kualitasnya. Dengan banyaknya merek cat yang telah tersedia di pasaran, pilih jenis cat tembok terbaik dan sudah tentu bisa Anda dapatkan dengan mudah. Untuk itulah Klopmart hadir untuk memberikan solusi. Dengan informasi cara mengecat tembok motif kotak kotak, kunjungi jual cat tembok bersama Klopmart

Baca juga: 4 Jenis Cat Nippon Paint Untuk Kamar Beserta Harga


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Jan 2021

Related Article