Fungsi Thinner dalam Proses Pengecatan Bangunan dan Harganya

Dalam proses pembangunan bangunan untuk berbagai tujuan, baik untuk kantor, café, atau rumah, Anda pasti mengenal zat kimia yang satu ini. Thinner adalah bahan material yang pasti masuk dalam daftar kebutuhan saat Anda sudah memasuki tahap mendekor ruangan. Material ini termasuk ke dalam sederet bahan-bahan finishing. Fungsi dan jenis thinner pun bermacam-macam, tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan.

Zat yang satu ini berbentuk cair dan berwarna bening, sekilas seperti air. Namun, memiliki aroma yang menyengat dan tidak baik jika dihirup terlalu lama karena dampaknya bisa jadi buruk bagi kesehatan Anda. Thinner adalah zat cair yang sering sekali digunakan untuk membuat cat yang hendak digunakan jadi lebih encer. Termasuk juga bahan-bahan finishing lainnya yang cenderung lebih kental dan sulit diaduk, penggunaan thinner adalah bagian dari proses penggunaan bahan-bahan finishing ini.

Fungsi thinner

Secara fungsi, thinner adalah zat yang memiliki banyak kegunaan. Namun, fungsi utamanya adalah untuk menurunkan tingkat kekentalan atau viskositas dari bahan-bahan yang akan diaplikasikan melalui medium kuas atau alat penyemprot. Beberapa jenis medium, termasuk alat penyemprot cat dan juga kuas cat, biasanya dipakai untuk mengaplikasikan bahan-bahan finishing pada obyek-obyek tertentu.

Bahan-bahan finishing dengan tingkat kekentalan tinggi ini jelas perlu dibuat lebih encer untuk mencapai titik viskositas fungsinya terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Tujuannya jelas, agar mendapatkan hasil akhir yang optimal. Tidak hanya mengontrol viskositas bahan-bahan finishing, thinner adalah zat yang dimanfaatkan untuk mengatur sifat-sifat zat yang terkandung di dalam bahan-bahan finishing ini.

 

Salah satunya adalah untuk mengatur seberapa cepat bahan finishing yang diaplikasikan pada objek dapat mengering. Begitu juga untuk mengatur ketebalan dari lapisan bahan finishing saat diaplikasikan. Ini tinggal menyesuaikan dengan jenis bahan finishing serta thinner yang digunakan, termasuk banyaknya perbandingan saat mencampurkan keduanya.

Selanjutnya, fungsi thinner adalah sebagai campuran cat, zat untuk membersihkan besi yang berkarat, bertindak sebagai bahan pelarut, bahan pengkilap, serta penguap cat agar menjadi lebih cepat kering sebagaimana sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Semua fungsi ini menjadikan thinner sebagai salah satu bahan finishing yang banyak dicari.

 

Jenis-jenis thinner

Sebelum Anda akan membeli thinner untuk penggunaan bangunan sesuai dengan fungsi yang sudah dijabarkan, Anda perlu mengetahui beberapa jenis thinner yang kini banyak beredar di pasaran. Sekaligus juga mengetahui fungsi dari setiap jenis thinner yang berbeda-beda. Nantinya Anda tidak akan salah membeli produk untuk tahap finishing yang barangkali sedang Anda lakukan.

 

1. Thinner Cobra

Thinner jenis ini biasa digunakan untuk mengencerkan jenis cat duco dan cat minyak. Biasa diaplikasikan pada objek kayu dan besi. Ini termasuk jenis thinner yang paling umum digunakan dan dicari sebagai pelengkap bahan finishing.

2. Thinner Impala

Jenis thinner yang berikutnya ini punya fungsi dasar yang mirip dengan thinner Cobra dengan pengaplikasian pada objek kayu dan besi. Namun, perbedaan mencolok dari thinner Impala adalah hasil akhirnya yang punya efek mengkilap.

3. Thinner Polyurethane

Untuk jenis thinner polyurethane ini masih terbagi lagi jadi dua tipe thinner, yakni thinner PU dan thinner PU slow. Keduanya berbeda dari aspek lamanya bahan ini mengering. Anda bisa langsung tahu dari namanya jika thinner PU slow butuh waktu lebih lama untuk kering, bisa lebih dari dua belas jam. Namun, PU slow punya efek akhir yang mengkilap serta lebih tahan lama dari pada jenis thinner PU.

4.Thinner Nitrocellulose

Jenis thinner yang terakhir ini difungsikan sebagai campuran untuk material cat dengan jenis yang sama, yakni nitrocellulose serta pernis nitrocellulose. Beberapa jenis thinner ini dijual di pasaran dengan sebutan lain, seperti thinner A, thinner super, atau thinner ND.

Daftar harga thinner

Untuk mempermudah Anda mengetahui kisaran berapa harga thinner-thinner ini dijual di pasaran, berikut adalah tabel harga untuk beberapa jenis thinner yang tersedia di Klopmart.

 

Jenis Thinner

Ukuran

Harga

Thinner Cobra

0,95L

Rp 30.000,-

Thinner Impala

1L

Rp 27.500,-

Thinner Super N.D.

1L

Rp 22.000,-


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
06 Mei 2020

Related Article