5 Cara Membersihkan Akuarium Mudah dan Bisa Anda Praktikan

Bagi Anda yang hobi memelihara ikan hias di rumah dan memilih akuarium sebagai tempat memelihara ikan, aktivitas membersihkan akuarium bisa jadi sangat melelahkan. Namun, ini wajib dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa ikan-ikan hias peliharaan Anda tetap dapat hidup nyaman di ekosistem buatan yang bersih dari kotoran.

Beberapa orang yang baru akan memulai hobi memelihara ikan juga pasti bingung menentukan apakah akan menggunakan akuarium sebagai tempat memelihara ikan atau tidak. Bisa jadi karena kebanyakan orang menyangka akan sangat sulit untuk membersihkan akuarium ini. Faktanya, cara membersihkan akuarium tidak begitu sulit, bahkan cenderung sangat mudah dan sederhana. Hanya butuh ketekunan dan disiplin untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

Keluarkan dahulu semua hiasan di dalam akuarium

Cara membersihkan akuarium ini dapat Anda mulai dengan memindahkan ikan-ikan hias yang Anda miliki ke wadah berisi air bersih dengan menggunakan jaring ikan. Ikan-ikan hias ini akan berada di wadah berisi air bersih selama Anda membersihkan akuarium. Sesuaikan juga besar wadah ini agar tidak terlalu sempit bagi ikan hias Anda untuk berenang dan bergerak.

Setelah memindahkan ikan-ikan hias, berikutnya Anda perlu mengeluarkan semua hiasan dan mainan dekorasi yang terdapat di dalam akuarium. Mulai dari bebatuan alam warna-warni yang Anda masukan sampai tiruan goa batu atau replika tanaman laut. Keluarkan semua untuk dicuci, dibersihkan, dan dikeringkan.

Mulai bersihkan kaca akuarium

Kini yang tersisa di dalam akuarium milik Anda adalah air akuarium yang lama. Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kotoran yang ada pada kaca akuarium. Untuk membersihkan kotoran-kotoran berupa lumut ini, Anda dapat menggunakan spons atau sikat yang berbahan halus. Gosok lumut-lumut tersebut sampai terlepas dari kaca. Perhatikan dengan seksama agar tidak ada sisi yang terlewat.

Selain spons dan sikat, Anda juga dapat menggunakan alat pembersih lumut akuarium khusus. Alat ini sangat mudah ditemukan di beberapa toko perlengkapan akuarium atau toko hewan. Bentuknya serupa penghapus papan tulis dengan bantalan spons. Namun, pada permukaannya terdapat magnet yang berfungsi untuk membersihkan kaca dengan mengontrol geraknya dari luar badan akuarium. Setiap sudut dapat dijangkau dengan mudah menggunakan alat ini.

Keluarkan air beserta kotoran

Setelah selesai membersihkan lumut yang menempel pada permukaan kaca akuarium, cara membersihkan akuarium selanjutnya adalah mengosongkan akuarium dari kotoran-kotoran di dalamnya. Alih-alih langsung dilakukan begitu selesai membersihkan lumut, Anda dapat menunggu sebentar sampai kotoran dan lumut mengendap di dasar air akuarium. Lalu, bersihkan dengan membuang air kotor tersebut.

Bilas akuarium sekali lagi dengan air bersih untuk memastikan tidak ada lumut yang tertinggal pada permukaan kaca. Lebih mudah lagi jika Anda melakukannya dengan menggunakan selang yang mengalir kencang. Semprot permukaan kaca akuarium sembari dalam keadaan terbalik agar air yang masuk langsung mengalir keluar kembali membawa sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel.

Bersihkan kerak-kerak pada akuarium

Selain lumut, beberapa akuarium yang sudah lama tidak dibersihkan akan memiliki kerak. Kerak pada akuarium ini biasanya jauh lebih keras dan menempel dengan kuat di permukaan kaca, jadi tidak heran kalau butuh cara ekstra untuk membersihkannya. Ini bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan jeruk nipis atau soda kue.

Caranya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, taburkan soda kue ke atas permukaan kerak di akuarium. Setelah itu, gosokkan potongan jeruk nipis ke kerak akuarium yang sudah ditaburi soda kue tersebut beberapa kali. Diamkan sebentar agar campuran soda kue dan air dari jeruk nipis bereaksi. Setelah lima sampai sepuluh menit berlalu, Anda bisa membilas kerak tersebut dengan air bersih sembari disikat.

Isi akuarium dengan air bersih

Setelah akuarium sudah dicuci bersih, tinggal proses penyelesaian saja yang perlu Anda lakukan. Kembali isi akuarium dengan hiasan dan dekorasi yang tadi sudah dicuci dan dikeringkan. Tata dekorasi akuarium Anda seperti sedia kala atau lakukan sedikit modifikasi. Setelah itu, masukkan air tawar bersih ke dalam akuarium secara perlahan-lahan agar tidak mengacaukan dekorasi yang sudah ditata.

Setelah sudah siap, Anda tinggal memindahkan kembali ikan-ikan hias yang Anda miliki ke dalam akuarium satu per satu dengan jaring ikan. Lakukan dengan perlahan saat mengangkat dan memasukkan ikan ke dalam akuarium, tetapi jangan terlalu lama saat proses perpindahan. Ingat, keuntungan dari membersihkan akuarium dengan rutin adalah Anda hanya perlu mengganti air di dalam akuarium sebulan sekali.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
14 Mei 2020

Related Article