Pompa dan Pipa

7 Cara Membersihkan Akuarium Mudah dan Bisa Anda Praktikan

Media
02 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagi Anda yang hobi memelihara ikan hias di rumah dan memilih akuarium sebagai tempat memelihara ikan, aktivitas membersihkan akuarium bisa jadi sangat melelahkan. Namun, ini wajib dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa ikan-ikan hias peliharaan Anda tetap dapat hidup nyaman di ekosistem buatan yang bersih dari kotoran.

Beberapa orang yang baru akan memulai hobi memelihara ikan juga pasti bingung menentukan apakah akan menggunakan akuarium sebagai tempat memelihara ikan atau tidak. Bisa jadi karena kebanyakan orang menyangka akan sangat sulit untuk membersihkan akuarium ini. Faktanya, cara membersihkan akuarium tidak begitu sulit, bahkan cenderung sangat mudah dan sederhana. Hanya butuh ketekunan dan disiplin untuk melakukannya secara rutin.

Baca Juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

Apa Manfaat Membersihkan Akuarium?

Manfaat Membersihkan Akuarium secara Rutin

Sebelum membahas cara praktis membersihkan akuaruim, Anda juga perlu mengetahui manfaat dari membersihkan akuarium secara rutin.

Tidak hanya membuat ikan peliharaan Anda hidup nyaman saja. Berikut ini manfaat membersihkan akuarium yang perlu Anda ketahui:


1. Mencegah Filter Akuarium Tersumbat

Manfaat pertama ketika Anda membersihkan akuarium dengan rutin yaitu dapat mencegah filter akuarium tersumbat. Makanan dan kotoran ikan dapat menumpuk dan kemudian mengakibatkan filter Anda menjadi rusak dan akhirnya membuat masalah pada kesehatan ikan hias Anda.

Baca juga: Cara Membuat Filter Pompa Air Aquarium Tanpa Listrik

2. Menjaga Kualitas Air

Perlu Anda ketahui bahwa makanan, sisik, hingga kotoran ikan dapat menurunkan kualitas air. Kotoran ikan meningkatkan nitrit dan nitrat dan urinnya dapat meningkatkan kadar amonia.

Nitrat sendiri diketahui sangat baik bagi tanaman, namun berbeda halnya dengan nitrit dan amonia. Zat nitrit dan amonia dapat membuat ikan sakit meskipun ikan tersebut memiliki ketahanan tubuh yang lebih kuat daripada yang lain.

3. Mengurangi Risiko Penularan Penyakit

Ada berbagai jenis bakteri di dalam kotoran ikan yang terdapat di akuarium. Selain membahayakan ikan, kotoran tersebut dapat meningkatkan Anda sekeluarga terkena penyakit.

Seperti memelihara kucing atau anjing di rumah, Anda perlu membersihkan mereka dan juga kandangnya. Apabila tidak maka pernafasan Anda dapat terganggu akibat bau yang menyengat bahkan Anda dapat menderita penyakit. begitu juga dengan memelihara ikan, Anda dapat mengurangi risiko penularan penyakit dengan membersihkannya secara rutin.

Baca Juga: 9 Cara Membersihkan Wastafel Mampet dengan Mudah dan Alami

Cara Membersihkan Akuarium dengan Mudah

Cara Membersihkan Kaca Aquarium yang Berkerak

Setelah memahami betapa pentingnya membersihkan akuarium ikan karena dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit. Sekarang saatnya untuk membahas caranya secara detail.

Berikut ini cara membersihkan akuarium ikan yang dapat Anda ikuti dengan mudah:

1. Siapkan Alat dan Bahan

Anda memerlukan alat dan bahan untuk membersihkan akuarium. Adapun alat dan bahan tersebut, yaitu:

  • Wadah besar (baskom) untuk memindahkan ikan sementara
  • Spons atau sikat gigi bekas
  • Kain lap
  • Selang yang terhubung dengan air
  • Jeruk nipis dan soda kue

Baca Juga: Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

2. Keluarkan Dahulu Semua Hiasan di Dalam Akuarium

Cara membersihkan akuarium ini dapat Anda mulai dengan memindahkan ikan-ikan hias yang Anda miliki ke wadah berisi air bersih dengan menggunakan jaring ikan. Ikan-ikan hias ini akan berada di wadah berisi air bersih selama Anda membersihkan akuarium. Sesuaikan juga besar wadah ini agar tidak terlalu sempit bagi ikan hias Anda untuk berenang dan bergerak.

Setelah memindahkan ikan-ikan hias, berikutnya Anda perlu mengeluarkan semua hiasan dan mainan dekorasi yang terdapat di dalam akuarium. Mulai dari bebatuan alam warna-warni yang Anda masukan sampai tiruan goa batu atau replika tanaman laut. Keluarkan semua untuk dicuci, dibersihkan, dan dikeringkan.

3. Mulai Bersihkan Kaca Akuarium

Mulai Bersihkan Kaca Akuarium

Kini yang tersisa di dalam akuarium milik Anda adalah air akuarium yang lama. Berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan kotoran yang ada pada kaca akuarium. Untuk membersihkan kotoran-kotoran berupa lumut ini, Anda dapat menggunakan spons atau sikat yang berbahan halus. Gosok lumut-lumut tersebut sampai terlepas dari kaca. Perhatikan dengan seksama agar tidak ada sisi yang terlewat.

Selain spons dan sikat, Anda juga dapat menggunakan alat pembersih kaca akuarium khusus. Alat ini sangat mudah ditemukan di beberapa toko perlengkapan akuarium atau toko hewan. Bentuknya serupa penghapus papan tulis dengan bantalan spons. Namun, pada permukaannya terdapat magnet yang berfungsi untuk membersihkan kaca dengan mengontrol geraknya dari luar badan akuarium. Setiap sudut dapat dijangkau dengan mudah menggunakan alat ini.

Baca juga: Cara Menambal Kolam Bocor Tanpa Menguras

4. Keluarkan Air beserta Kotoran

Setelah selesai membersihkan lumut yang menempel pada permukaan kaca akuarium, Anda dapat mengosongkan akuarium dari kotoran-kotoran di dalamnya. Alih-alih langsung dilakukan begitu selesai membersihkan lumut, Anda dapat menunggu sebentar sampai kotoran dan lumut mengendap di dasar air akuarium. Lalu, bersihkan dengan membuang air kotor tersebut.

Bilas akuarium sekali lagi dengan air bersih untuk memastikan tidak ada lumut yang tertinggal pada permukaan kaca. Lebih mudah lagi jika Anda melakukannya dengan menggunakan selang yang mengalir kencang. Semprot permukaan kaca akuarium sembari dalam keadaan terbalik agar air yang masuk langsung mengalir keluar kembali membawa sisa-sisa kotoran yang mungkin masih menempel.

5. Bersihkan Kerak-Kerak pada Akuarium

Bersihkan kerak-kerak pada akuarium dengan jeruk nipis

Selain lumut, beberapa akuarium yang sudah lama tidak dibersihkan akan memiliki kerak. Kerak pada akuarium ini biasanya jauh lebih keras dan menempel dengan kuat di permukaan kaca, jadi tidak heran kalau butuh cara ekstra untuk membersihkannya. Jadi, pencucian akuarium sebaiknya dilakukan menggunakan atau memanfaatkan jeruk nipis atau soda kue.

Caranya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Lalu, taburkan soda kue ke atas permukaan kerak di akuarium. Setelah itu, gosokkan potongan jeruk nipis ke kerak akuarium yang sudah ditaburi soda kue tersebut beberapa kali. Diamkan sebentar agar campuran soda kue dan air dari jeruk nipis bereaksi. Setelah lima sampai sepuluh menit berlalu, sikat kerak tersebut dan bilas dengan air mengalir.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jentik Nyamuk di Bak Mandi dengan Efektif

6. Keringkan Akuarium

Setelah membilasnya dengan air, ada baiknya Anda mengeringkan terlebih dahulu akuarium menggunakan kain lap atau dijemur langsung di bawah sinar matahari. Hal ini bertujuan untuk mensterilkan akuarium dari bakteri-bakteri yang mungkin saja masih tertinggal.

7. Isi Akuarium dengan Air Bersih

Setelah akuarium sudah dicuci bersih dan dikeringkan, tinggal proses penyelesaian saja yang perlu Anda lakukan. Kembali isi akuarium dengan hiasan dan dekorasi yang tadi sudah dicuci dan dikeringkan. Tata dekorasi akuarium Anda seperti sedia kala atau lakukan sedikit modifikasi. Setelah itu, masukkan air tawar bersih ke dalam akuarium secara perlahan-lahan agar tidak mengacaukan dekorasi yang sudah ditata.

Setelah siap, Anda tinggal memindahkan kembali ikan-ikan hias yang Anda miliki ke dalam akuarium satu per satu dengan jaring ikan. Lakukan dengan perlahan saat mengangkat dan memasukkan ikan ke dalam akuarium, tetapi jangan terlalu lama saat proses perpindahan. Ingat, keuntungan dari membersihkan akuarium dengan rutin adalah Anda hanya perlu mengganti air di dalam akuarium sebulan sekali.


Kesimpulan

Dalam merawat akuarium dan ikan hias di rumah, aktivitas membersihkan akuarium menjadi suatu keharusan untuk memastikan kesehatan dan kenyamanan ikan-ikan peliharaan kita. Meskipun mungkin terlihat sebagai tugas yang melelahkan, membersihkan akuarium sebenarnya tidaklah sulit dan dapat dilakukan secara rutin dengan mudah. Pentingnya membersihkan akuarium secara teratur tidak hanya terletak pada kenyamanan ikan, tetapi juga untuk mencegah filter tersumbat, menjaga kualitas air, dan mengurangi risiko penularan penyakit bagi ikan dan pemiliknya.

Dengan langkah-langkah praktis seperti mempersiapkan alat dan bahan yang diperlukan, membersihkan kaca akuarium, mengeluarkan air dan kotoran, hingga mengeringkan dan mengisi kembali dengan air bersih, membersihkan akuarium dapat menjadi kegiatan yang lebih mudah dan efektif. Dengan demikian, pemelihara ikan dapat menikmati keindahan akuarium tanpa harus khawatir akan kesehatan dan kenyamanan ikan peliharaannya.

Anda bisa mendapatkan alat dan bahan yang dibutuhkan di atas, seperti selang dengan mudah di Klopmart. Yuk cek harga selang di Klopmart sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya