9 Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah agar Kinclong Kembali

Kaca jendela yang bersih dan kinclong tak hanya berkaitan dengan estetika visual, namun juga memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan dan kenyamanan penghuni. Lalu seperti apa cara membersihkan kaca jendela rumah yang kotor?.

Klopmart telah merangkum secara singkat cara gampang membersihkan kaca jendela agar mengkilap selalu dan tentunya memastikan cahaya matahari masuk dengan baik. Baca hingga tuntas yah!

promosi klopmart

Cara Membersihkan Kaca jendela Rumah yang Kotor

Kaca jendela yang kotor dapat menghalangi masuknya cahaya matahari secara optimal, mengurangi ventilasi udara, dan bahkan menjadi sarang bagi debu, kotoran, dan kuman yang berpotensi mengganggu kesehatan.

Oleh karena itu, pemilik rumah perlu secara rutin membersihkan jendela mereka untuk memastikan lingkungan dalam rumah tetap segar, sehat, dan nyaman bagi penghuninya.

1. Perhitungkan Kondisi Cuaca

Sebagian orang cenderung membersihkan jendela saat sinar matahari lagi terik-teriknya di siang hari, namun hal ini dapat menyebabkan munculnya garis-garis pada kaca.

Sebaliknya, cuaca berawan dapat mempercepat proses pengeringan kaca jendela. Oleh karena itu, sebaiknya menghindari kebiasaan membersihkan kaca jendela pada siang hari agar hasilnya lebih baik.

2. Siap Alat-alat Kebersihan

Langkah pertama dalam membersihkan kaca jendela tentunya menyiapkan segala peralatan dan bahan pembersih kaca. Berikut beberapa di antaranya:

  • Cairan pembersih khusus kaca atau campuran air dan cuka putih.

  • Kain mikrofiber atau kertas koran.

  • Air bersih untuk membilas.

  • Kain bersih dan kering.

  • Alat dan Bahan Lainnya (cotton bud, koran bekas, celemek, apron, tangga)

3. Kenakan Sarung Tangan Karet

Sarung tangan karet akan sangat efektif untuk melindungi tangan Anda dari cairan pembersih kaca serta air secara berlebihan saat membersihkan kaca jendela.

Selain itu, menggunakan tangan karet juga dapat membantu Anda untuk mencapai sela-sela sempit dengan lebih aman dan mudah sehingga Anda dapat membersihkan jendela dengan lebih maksimal.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kebersihan Pekarangan Rumah

4. Bersihkan Kotoran yang Menempel di Kaca

Setelah alat dan bahan siap, selanjutnya oleskan cairan pembersih ke seluruh permukaan kaca menggunakan kain mikrofiber. Pastikan untuk meratakan cairan pembersih secara merata.

Anda bisa menggunakan sabun yang mengandung anti-septic. Hal ini untuk memastikan bakteri dan kuman-kuman yang mungkin menempel pada jendela kaca rumah Anda akan terbasmi seluruhnya.

5. Gosok dengan Lembut

Sebisa mungkin, bersihkan kaca jendela dengan menggunakan spons pembersih. Spons akan lebih efektif ketimbang lap biasa. Hal ini karena spons memiliki pori-pori yang dapat membantu Anda menyerap dan menghilangkan kotoran, debu dengan lebih baik saat memebersihkan kaca jendela.

Kalau kaca jendela di rumah Anda cukup luas, maka Anda bisa memilih membersihkan kaca dengan menggunakan wiper. Alat ini akan sangat efektif membantu proses membersihkan kaca yang luas.

6. Tangani Noda Sulit (opsional)

Jika ada noda yang sulit dihilangkan, seperti sisa perekat atau lemak, gunakan pembersih kaca yang lebih kuat atau cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Pastikan juga untuk mengaplikasikannya dengan hati-hati dan menggosoknya dengan lembut untuk menghindari merusak permukaan kaca.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Kloset Jongkok yang Berkerak

7. Bersihkan Bagian Sekitar Kaca

Berikutnya yang tak kalah penting dalam proses pembersihan adalah jangan lupa untuk membersihkan bagian sekitar kaca, termasuk bingkai dan jendela, menggunakan cairan pembersih yang sesuai. Ini akan memastikan hasil yang lebih menyeluruh dan tahan lama.

8. Bilas dengan Air Bersih

Setelah semua bagian kaca dibersihkan, bilas dengan air bersih tidak meninggalkan residu pembersih dan kotoran jadi terangkat. Pastikan bilasan airnya merata dan tidak meninggalkan noda.

Pada titik ini, Anda tetap membutuhkan kain lap dengan daya serap air yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu kaca jendela Anda cepat kering saat proses pembersihan selesai. Jika memungkinkan, gunakanlah kain lap microfiber yang dapat menyerap air secara cepat.

9. Proses Pengeringan

Gunakan kain bersih dan kering untuk mengeringkan kaca dengan gerakan melingkar atau zigzag. Lalu pastikan kaca benar-benar kering untuk mencegah meninggalkan bekas atau noda air.

Baca juga: 12 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah!

Itulah dia cara membersihkan kaca jendela yang dapat Anda lakukan. Dengan rutin membersihkan kaca jendela, Anda akan dapat menyegarkan tampilan rumah Anda dengan cepat.

Selain itu, Anda juga secara tidak langsung melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada permukaan kaca.

Tentu saja menjaga kebersihan rumah seperti kaca jendela itu sangat penting, namun Anda juga perlu memastikan lingkungan sekitar rumah tetap bersih dan sehat, seperti saluran pembuangan, ataupun sistem sanitasi lainnya.

Oleh karena itu, guna mendukung kebersihan tersebut, Klopmart menyediakan alat sanitasi terbaik yang dapat Anda miliki, mulai dari kloset hingga wastafel.

Material Bahan Bangunan

Selain itu, sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menjual kebutuhan untuk atap, dinding dan lantai dengan kualitas yang baik untuk memastikan bangunan Anda tetap kokoh berdiri.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya