Cara Membersihkan Kaca Jendela Rumah

Kaca jendela rumah adalah salah satu elemen yang dapat mempengaruhi tampilan rumah Anda. Jika kaca jendela Anda bersih, maka tampilan rumah akan tampak bersih dan juga sebaliknya. Sayangnya, beberapa orang masih abai atau engga membersihkan kaca jendela karena satu dan lain hal. Padahal, kaca jendela rumah berkontak langsung dengan dunia luar yang tentunya membawa banyak polutan. Agar rumah Anda tampak lebih segar, Anda bisa mulai dengan mengetahui cara membersihkan kaca jendela.

Anda tentunya tidak perlu membersihkan kaca jendela setiap hari. Salah satu waktu yang tidak tepat untuk membersihkan kaca jendela adalah saat matahari sedang terik-terinya. panas dari matahari dapat membuat pembersih kaca tidak cepat mengering dan malah dapat membuat noda-noda baru pada kaca jendela rumah.

Agar tidak salah kaprah, simak cara membersihkan kaca jendela dengan efektif berikut ini.

Langkah Membersihkan Kaca Jendela Rumah Dengan Efektif

Sebelum mulai membersihkan kaca jendela rumah, ada baiknya Anda mempersiapkan seluruh alat-alat yang Anda butuhkan. Selain membuat pengerjaan lebih efektif, Anda tidak harus membuang tenaga untuk mencari dan barang yang diperlukan.

Berikut adalah alat-alat yang Anda butuhkan untuk membersihkan jendela rumah Anda.

1. Ember Air Bersih

Gunakan ember yang sekiranya dapat menampung cukup banyak air. Untuk kenyamanan, gunakan ember yang pegangan atau tungkainya tidak terlalu besar.

2. Sarung Tangan Karet

Sarung tangan karet akan sangat efektif untuk melindungi tangan Anda dari cairan pembersih kaca serta air secara berlebihan saat membersihkan kaca jendela. Selain itu, menggunakan tangan karet juga dapat membantu Anda untuk mencapai sela-sela sempit dengan lebih aman dan mudah sehingga Anda dapat membersihkan jendela dengan lebih maksimal.

3. Sabun Deterjen Anti Septic

Ketika membersihkan kaca jendela, gunakanlah sabun yang mengandung anti-septic. Hal ini untuk memastikan bakteri dan kuman-kuman yang mungkin menempel pada jendela kaca rumah Anda akan terbasmi seluruhnya.

4. Spons Pembersih

Sebisa mungkin, bersihkan kaca jendela dengan menggunakan spons pembersih. Spons akan lebih efektif ketimbang lap biasa. Hal ini karena spons memiliki pori-pori yang dapat membantu Anda menyerap dan membersihkan debu dengan lebih baik saat memebersihkan kaca jendela.

5. Wiper Pembersih Kaca

Kalau kaca jendela di rumah Anda cukup luas, maka Anda bisa memilih membersihkan kaca dengan menggunakan wiper. Alat ini akan sangat efektif membantu proses membersihkan kaca yang luas. Tetapi, jika kaca jendela di rumah Anda tidak terlalu luas dan cenderung sempit, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan wiper karena malah akan menghambat Anda membersihkan kaca jendela rumah.

6. Kain Lap Microfiber

Walaupun spons lebih baik, tapi Anda tetap membutuhkan kain lap. Lebih spesifiknya, Anda membutuhkan kain lap dengan daya serap air yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu kaca jendela Anda cepat kering saat proses pembersihan selesai. Jika memungkinkan, gunakanlah kain lap microfiber yang dapat menyerap air secara cepat.

7. Bahan Lainnya

Selain bahan-bahan di atas Anda dapat menggunakan bahan-bahan lain untuk membantu pembersihan kaca jendela rumah Anda.

Misalnya, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk menjangkau ruang-ruang sempit saat membersihkan jendela. Lalu, Anda juga bisa menggunaan koran sebagai pengganti spons. Kalau memang dibutuhkan, Anda juga bisa mempersiapkan tangga.

Anda juga dapat menggunakan beberapa pengaman tambahan. Misalnya, Anda bisa menggunakan celemek atau apron untuk melindungi tubuh Anda. Selain itu, Anda juga bisa melindungi mata Anda dengan menggunakan kacamata.

Kalau misalnya Anda bekerja di bawah terik matahari, Anda bisa membawa handuk atau topi untuk melindungi diri Anda.

Jika sudah siap semuanya, barulah kita mulai membersihkan kaca jendela.

  1. Kenakan celemek dan alas kaki dengan sol yang tidak licin saat basah.
  2.  Kenakan kacamata pelindung dan sarung tangan karet.
  3.  Mulailah dengan sisi permukaan dalam kaca jendela.
  4.  Letakkan lap kering di bawah kaca jendela untuk menangkap tetesan air yang turun.
  5.  Buatlah larutan pembersih kaca dengan melarutkan cairan pembersih kaca atau deterjen dengan air sesuai komposisi yang tertera pada kemasan. Aduk hingga berbuih.
  6.  Celupkan sabut busa cuci piring, peras dan sekalah permukaan kaca. Jika ada noda yang membandel, gosoklah dengan sedikit tekanan. Hati-hati. Anda menginginkan jendela dengan kaca yang bersih, bukannya jendela tanpa kaca!
  7.  Gunakan pembersih jendela dengan serok karet untuk menurunkan cairan berlebih. Gerakkanlah serok karet ke arah menyamping. Setiap kali selesai satu gerakan, bersihkan serok dengan lap bersih. Lanjutkan hingga selesai satu jendela.
  8.  Keringkan kaca dengan lap bersih secara menyeluruh.
  9.  Lakukan langkah yang sama untuk permukaan luar kaca jendela.
  10.  Untuk jendela yang tinggi, gunakan tangga. Pastikan ada orang lain yang membantu memegangi tangga saat Anda berada di atasnya.

Itulah dia cara membersihkan kaca jendela yang dapat Anda lakukan. Membersihkan kaca mungkin terdengar sepele. Tetapi, dengan membersihkan kaca, Anda akan dapat menyegarkan tampilan rumah Anda dengan cepat. Selain itu, Anda juga secara tidak langsung melindungi diri Anda dan keluarga Anda dari kuman dan bakteri yang mungkin menempel pada permukaan kaca. Selain membersihkan jendela, pastikan Anda juga mencuci gorden rumah jika menggunakannya.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Sep 2018

Related Article