Pompa dan Pipa

5 Cara Membuat Pompa Air Aquarium Tanpa Listrik Sendiri di Rumah

Media
02 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Memiliki hewan peliharaan memang sangat menyenangkan karena bisa membuat pikiran lebih rileks. Hewan peliharaan juga tidak selalu kucing atau burung, memelihara ikan di akuarium juga sama menyenangkannya. Namun, saat Anda memiliki akuarium, maka Anda harus selalu menjaga kebersihan airnya.

Menggunakan filter menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan air akuarium. Namun, jika belum memilikinya, Anda bisa mencoba untuk membuat pompa air akuarium tanpa listrik seperti yang dijelaskan berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Membersihkan Akuarium Mudah dan Bisa Anda Praktikan

Fungsi Filter Pompa Air Aquarium

Salah satu bagian dari akuarium yang cukup penting adalah filter pompa air. Namun, apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya fungsi dari filter akuarium? Sebenarnya, fungsi utama dari filter akuarium yaitu untuk membersihkan air dari segala jenis kotoran. Saat air di dalam akuarium tidak dibersihkan, akan terdapat racun amonia yang berbahaya.


Membersihkan air di akuarium memang cukup memakan banyak waktu karena sangat cepat kotor. Namun, Anda bisa memanfaatkan filter dan aerator untuk menjaga kebersihan air di akuarium sehingga Anda tidak perlu terlalu sering membersihkannya.

Bila terlalu sering membersihkan air di akuarium, ikan akan merasa stres. Jadi, Anda bisa tetap menjaga ikan dalam keadaan baik dengan filter tanpa harus terlalu sering memindahkan ikan untuk dibersihkan airnya.

Selain bisa menjaga ikan agar terhindar dari risiko stres, menggunakan filter juga akan sangat menghemat tenaga, waktu, dan tentunya air. Filter pompa air dan aerator untuk akuarium saat ini sangat mudah ditemukan, sehingga Anda tidak perlu bingung jika ingin membelinya.

Harga dari filter dan aerator akuarium juga sangat bervariasi, namun sebagian besar harganya cukup menguras kantong. Selain itu, filter juga memerlukan listrik, sehingga biaya yang dikeluarkan memang menjadi cukup banyak.

Cara Membuat Filter Pompa Air Aquarium Tanpa Listrik

Cara Membuat Filter Pompa Air Aquarium Tanpa Listrik

Membuat filter pompa air akuarium tanpa listrik memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Jika sebelumnya Anda belum pernah mendengarnya, coba lihat dahulu apa saja bahan dan seperti apa langkah-langkah untuk membuatnya berikut ini.

1. Persiapkan Bahan

Bahan yang diperlukan untuk membuat pompa air akuarium tanpa listrik yang pertama adalah sebuah wadah yang dibuat dari tabung. Jangan lupa, tabung itu harus berisi udara dan air. Kemudian juga diperlukan dua pipa ukuran kecil.

Berikut ini detail bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pompa air aquarium tanpa listrik :

  • Botol bekas
  • 2 buah Pipa
  • Selang bekas
  • Spons
  • Pasir dan kerikil
  • Solder
  • Selotip

Baca juga: Jenis-Jenis Pipa Saluran Air

2. Pasang Pipa

Pasangkan pipa tersebut pada wadah dengan panjang yang lebih tinggi dari permukaan air yang ada dalam wadah tersebut. Persiapkan juga spons untuk penyaring kotoran, selang bekas dengan panjang 35 cm botol bekas, dan pasir serta kerikil khusus untuk akuarium.

Baca juga: Cara Membuat Filter Air dari Pipa PVC ini Bisa Anda Coba!

3. Memotong Botol Menjadi 2 Bagian

Selanjutnya, potong botol menjadi dua bagian. Jangan buang tutup botolnya. Kemudian, di bagian botol lainnya, buatlah lubang dengan menggunakan solder.

Selanjutnya, pada bagian botol yang pertama, buat lubang juga yang diletakkan di dekat tutup botol. Lubang tersebut akan berfungsi untuk memasukkan selang yang nantinya berfungsi untuk mengeluarkan udara.

Baca juga: 3 Fungsi Pasta Solder yang Penting untuk Anda Ketahui

4. Memotong Spons

Langkah selanjutnya adalah memotong spons dengan ukuran sesuai lebar botol. Setelah itu, masukkan kerikil dan pasir di atas spons tersebut. Nantinya, pasir itu akan berfungsi sebagai penyaring air akuarium.

Ambil kedua bagian botol tersebut dan rekatkan dengan selotip sebelum dimasukkan ke dalam akuarium. Selain selotip, Anda bisa menggunakan lem anti air yang lebih kuat.

Baca juga: Lem Aibon Adalah Perekat Serbaguna, Ketahui Fakta Menariknya!

5. Lakukan Pemasangan

Setelah kedua bagian tersebut disatukan dan sudah dipastikan tidak bocor, Anda bisa memasukkannya ke dalam akuarium secara perlahan. Filter tersebut akan membersihkan air dari kotoran yang dihasilkan oleh ikan yang akan diserap lewat lubang yang sudah dibuat pada botol sebelumnya.

Penyaringan itu akan terus terjadi selama Anda tidak mengambilnya dari akuarium. Namun, perhatikan juga saat spons sudah kotor dan warna air berubah, maka Anda harus segera mengganti spons tersebut. Tidak perlu menggunakan spons baru, Anda bisa mencuci spons tersebut dan menggunakannya kembali.


Kesimpulan

Itulah dia cara membuat filter pompa air aquarium tanpa listrik. Dengan cara ini, Anda bisa menghemat biaya dengan tidak membeli produk filter yang harganya bisa menguras kantong. Filter tanpa listrik ini bisa Anda coba buat sendiri di rumah karena bahan dan alat yang dibutuhkan memang tidak sulit ditemukan. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk mencoba membuatnya?

Selain itu, jika Anda sedang membutuhkan mesin pompa yang sesuai dengan spesifikasi tertentu, Klopmart menyediakan mesin pompa air jet pump terbaik yang bisa Anda dapatkan dengan harga distributor.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya