Cara Menghilangkan Jentik Nyamuk di Bak Mandi dengan Efektif

Ketika musim hujan tiba, kesehatan Anda dan keluarga Anda mungkin terancam dengan kehadiran nyamuk. Jentik-jentik nyamuk dapat membawa masalah ketika nyamuk-nyamuk bermunculan. Tidur bisa terganggu, bahkan nyamuk juga dapat membawa penyakit berbahaya. Untuk terhindar dari masalah-masalah tersebut, Anda harus tahu cara membasmi jentik nyamuk.

Nyamuk-nyamuk ini meletakkan telurnya di genangan air, baik di dalam rumah maupun di luar umah kita. Telur-telur ini kemudian menetas menjadi larva nyamuk atau kita sebut sebagai jentik-jentik nyamuk. Jentik-jentik nyamuk inilah yang akan berkembang menjadi nyamuk dewasa. Kemudian siklus berulang kembali.

Kita perlu melakukan 3M: Menguras, Menutup dan Mengubur. Dengan melakukan hal ini, kita dapat mencegah pertumbuhan jentik nyamuk di genangan-genangan air di sekitar tempat tinggal kita. Tempat-tempat sampah dan wadah-wadah penampungan air harus kita tutup untuk mencegah nyamuk bertelur di dalamnya. 

Wadah-wadah tersebut perlu juga kita kuras secara rutin dan berkala. Hal ini akan membuang telur dan jentik nyamuk yang sempat masuk ke dalam wadah-wadah tersebut tadi. Barang-barang rongsokan yang dapat menyebabkan genangan-genangan air kecil harus kita kubur di dalam tanah agar tidak dijadikan sarang nyamuk.
‚Äč

Metode Membasmi Jentik Nyamuk di Bak Mandi

Ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan untuk mencegah pertumbuhan jentik-jentik nyamuk di dalam wadah penampungan air. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membunuh jentik nyamuk di bak mandi.
 

1. Garam Kasar

Cucilah garam kasar tersebut, kemudian jemurlah garam hingga kering. Tumbuklah garam kasar yang sudah kering tadi sampai halus. Taburkan garam halus ini ke dalam wadah penampungan air kita. Cara ini dapat membunuh jentik nyamuk karena mereka tidak tahan terhadap air yang memiliki tingkat keasinan tinggi
 

2. Air Rebusan Daun Sirih

Segenggam daun sirih muda direbus di dalam 1 (satu) liter air hingga layu. Dinginkan selama beberapa saat. Setelah dingin, tuangkan air rebusan ini ke dalam bak mandi Anda untuk membunuh jentik nyamuk secara alami.
 

3. Biji Pepaya dan Tawas

Biji pepaya dan tawas adalah insektisida alami yang dapat mematikan pertumbuhan jentik nyamuk. Jemur biji papaya hingga kering. Sementara tumbuk dulu biji papaya hingga halus. Lalu campurlah dengan tawas dengan perbandingan: 1 takaran biji pepaya dicampur dengan 1 bagian tawas. Campuran ini kemudian dimasukkan ke dalam kantung kain kasa. Bungkusan kain kasa tadi kita masukan ke dalam bak mandi untuk membunuh jentik nyamuk secara alami.

Baca juga: Cara Membuat Saringan Air Kran di Rumah yang Mudah
 

4. Bubuk Abate

Bahan kimia ini tersedia di apotek dan sangat ampuh membasmi jentik-jentik nyamuk. Taburkan bubuk abate ini di atas wadah penampungan air seperti bak mandi. Bubuk abate akan segera tenggelam ke dasar bak mandi. Jentik-jentik nyamuk tidak dapat bertahan hidup di dalam air yang mengandung bubuk abate. Bubuk ini dapat bertahan hingga 3 bulan, oleh karena itu ulangi setiap 3 bulan dengan menguras bak mandi Anda sebelumnya.
 

5. Daun Jeruk Nipis

Rupanya daun jeruk nipis juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan jentik-jentik nyamuk di wadah-wadah penampungan air. Remas beberapa lembar daun jeruk nipis dan rendam dalam sedikit air. Setelah beberapa saat, senyawa limonoid yang ada pada daun jeruk nipis akan larut di dalam air. Larutan ini kemudian dituangkan ke dalam bak mandi. Bak mandi Anda akan terhindar dari jentik-jentik nyamuk secara alami dan juga wangi aromanya.
 

6. Cuka Apel

Tidak hanya untuk mempercantik makanan, cuka apel dapat Anda gunakan untuk menghilangkan jentik nyamuk. Cuka apel dengan kandungan 15 hingga 85 % dikatakan dapat membunuh jentik dalam hitungan 6 jam. Sementara itu, cuka apel dengan kandungan 5 hingga 95 % ditemukan tidak efektif untuk membasmi jentik nyamuk.

Untuk menggunakan metode ini, pertama tuangkan cuka apel di bak kamar mandi tempat sarang nyamuk berada. Tutup bak mandi tersebut. Buka penutupnya dan Anda bisa mulai menguras bak mandi untuk membersihkan telur nyamuk yang ada.
 

7. Minyak Kayu Manis

Siapa sangka bahan makanan yang menawarkan ketenangan satu ini dapat Anda gunakan sebagai pembasmi jentik nyamuk. Bagaimana minyak kayu manis bekerja membasmi jentik nyamuk? Aroma menenangkan dari kayu manis ternyata tidak disukai oleh larva nyamuk dan membuatnya mati tidak berdaya. Anda cukup menuangkan minyak kayu manis pada genangan air atau bak mandi Anda untuk mencegah larva nyamuk berkembang biak lebih jauh.

Itulah dia cara menghilangkan jentik nyamuk di bak mandi yang dapat Anda terapkan. Musim hujan dapat membawa  suka duka tersendiri. Pastikan diri Anda dan keluarga Anda aman dari penyakit berbahaya yang dapat di bawa oleh nyamuk dengan membasmi jentik nyamuk dengan cara yang telah dibahas di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
18 Okt 2018

Related Article