10 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat Agar Tidak Menganggu Pekerjaan Rumah Tangga

Ada berbagai cara mengatasi pipa air tersumbat. Masalah ini sudah pasti sangat mengganggu aktivitas pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Ketika pipa air itu penting untuk pembuangan cairan kotor ke luar rumah, malah tersumbat dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Masalah ini bisa timbul karena ada berbagai penyebab. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui apa saja penyebab dan solusinya melalui artikel berikut ini.

Apa Penyebab Pipa Saluran Air Tersumbat?

Penyebab Pipa Saluran Air Tersumbat

Penyebab pipa tersumbat dimulai dari sampah makanan, endapan sabun, endapan lumpur dan kotoran, hingga sampah lainnya yang secara tidak disadari masuk dan membuat pipa air tersumbat. Berikut ini penjelasannya.

1. Endapan Sabun

Jangan salah, pipa yang tersumbat juga bisa disebabkan oleh endapan sabun, lho. Hal ini karena endapan sabun sangat mudah menempel dengan benda lain. Endapan tersebut melekat di dinding-dinding pipa paralon, akhirnya menumpuk dan semakin banyak. Inilah yang kemudian menjadi penyebab tersumbatnya pipa air Anda.

Baca juga: Tabel Ukuran Pipa PVC dari Jenis AW, D serta kelas C

2. Sisa Makanan

Banyak yang menyepelekan sampah atau sisa-sisa makanan, sehingga langsung membuangnya di saluran air atau wastafel saat mencuci piring. Padahal sisa makanan apalagi tulang ikan seharusnya di buang di tempat sampah karena sangat berisiko menyebabkan terjadinya penyumbatan di pipa. 

Kenapa bisa ada lumpur yang menyumbat? biasanya setelah melakukan aktivitas seperti berolahraga atau berkebun kita mencuci tangan. Jangan lupa, berkebun dan berolahraga membuat tangan penuh dengan kotoran. Kotoran inilah yang kemudian akan menjadi endapan lumpur setelah bercampur dengan air.

Perlu diketahui bahwa lumpur adalah suatu material yang lengket sehingga akan mudah membuat pipa tersumbat.

Baca juga: 5 Fungsi Soda Api untuk Saluran Air Tersumbat

3. Minyak dan Lemak

Penyebab pipa air tersumbat berikutnya adalah minyak dan lemak. Hal ini karena keduanya memiliki sifat yang tidak dapat menyatu dengan air. Akibatnya minyak dan lemak memadat dan menempel di dinding pipa.

Artinya, semakin banyak minyak dan lemak yang berada di dalam dinding pipa, semakin memungkinkan terjadinya penyumbatan.

4. Rambut

Penyebab pipa air tersumbat selanjutnya adalah rambut. Biasanya rambut yang tersangkut di pipa akan mengikat sabun dan minyak dan seperti yang telah kita bahas di atas bahwa minyak dan sabun merupakan salah satu penyebab pipa air tersumbat.

Bagaimana Cara Mengatasi Pipa Air yang Tersumbat?

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mendapatkan setiap caranya di bawah ini.

1. Menggunakan Soda Api

Cara mengatasi pipa paralon tersumbat

Cara pertama menggunakan soda api. Siapkan air panas untuk memancing reaksi soda api. Sebelum itu, kamu harus memakai sarung tangan masker wajah agar terhindari efek buruk soda api. Kulit Anda bisa melepuh jika terkena soda api.

Selanjutnya tuangkan soda api ke dalam pipa air lalu ditambah dengan air panas secara perlahan. Dalam proses ini, pipa air tidak boleh digunakan selama lima hingga enam jam. Jadi apapun alat yang dipakai dan menggunakan aliran pipa tersebut juga tidak boleh dipakai. Maksud dari menghentikan pemakaian adalah membersihkan kotoran yang menyumbat pipa. 

Jika sudah mencapai lima atau enam jam, Anda bisa menyiram pipa air dengan air yang mengalir secara terus menerus. 

Baca juga: 3 Cara Memakai Soda Api untuk Mengatasi Saluran Air Mampet

2. Menggunakan Air Soda

Cara mengatasi pipa tersumbat dengan air soda

Anda punya air soda di rumah? Minuman ini bisa dipakai untuk mengatasi pipa air tersumbat. Caranya dengan menuangkannya ke dalam panjang pipa PVC. Tuangkan sebanyak dua liter minuman seperti pepsi dan coca-cola. Sama seperti menggunakan soda api, diamkan dan jangan gunakan pipa air tersebut selama dua jam. Selanjutnya tinggal bilas pipa dengan air mengalir. Mudah, bukan?

3. Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Campuran Baking Soda dan Cuka

Sifat reaksi baking soda bisa dibilang mirip dengan soda api. Cara penggunaannya dengan mencampurkan baking soda secukupnya dan air panas dalam satu wadah. Jika sudah tercampur sempurna, tuangkan ke dalam pipa air.

Tutup ujung pipa air menggunakan karet penutup atau lainnya. Paling penting adalah bisa tertutup dengan rapat. Anda tinggal menunggu beberapa menit agar baking soda bekerja maksimal.

Selanjutnya, buka karet penutup lalu masukkan cuka dan campuran air panas dengan baking soda ke pipa. Kalau bunyi buih di dalam pipa sudah menghilang, Anda bisa kembali menuangkan air panas untuk membilas secara keseluruhan. Lakukan cara ini setiap dua bulan sekali karena kalau terlalu sering, campuran keduanya bisa merusak pipa.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Wastafel Mampet dengan Mudah dan Alami

4. Menggunakan Pasir Kasar

Cara mengatasi pipa paralon dengan pasir

Pasir kasar bisa Anda temukan dengan mudah di toko material bangunan. Anda bisa memulai penggunaan pasir kasar dengan mengaliri pipa dengan air. Jika sudah, tuangkan dua genggam pasir kasar ke dalam pipa air agar proses pembersihan mulai bekerja. 

Setelah itu pastikan Anda memiliki selang kompresor karena cara ini perlu menggunakan alat tersebut. Masukkan selang kompresor dan tutup lubangnya. Sekarang, atur kompresor dengan tekanan tinggi dan buka kembali aliran udara pipa air agar kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

5. Gunakan Tali

Gunakan Tali

Anda dapat mengatasi pipa paralon tersumbat dengan menggunakan tali. Caranya adalah dengan membuat gulungan plastik yang sesuai dengan diameter pipa. Ikat gulungan plastik tersebut menggunakan tali yang panjangnya mencapai ujung pipa.

Setelah itu, aliri pipa dengan air, tunggu kurang lebih 1 menit dan masukkan tali yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Saat gulungan plastik mencapai ujung pipa, tariklah perlahan-lahan sampai keluar. Lihatlah kotoran yang ada di pipa tersebut sedikit demi sedikit terangkat.

Untuk menerapkan cara ini, Anda harus memastikan bahwa tali yang digunakan tidak rapuh dan hanya direkomendasikan untuk pipa air yang tegak lurus.

Baca Juga: Kran Air Macet? Perbaiki dengan Cara Ini

6. Bahan Kimia

Bahan Kimia

Selain cara di atas, Anda juga dapat menggunakan bahan kimia untuk membersihkan pipa tersumbat dari rambut, minyak dan kotoran. Hanya saja pastikan memilih bahan kimia yang tidak korosif karena dapat menyebabkan kerusakan pada pipa air.

Selain itu, pastikan mengikuti seluruh instruksi penggunanya seperti memakai sarung tangan keselamatan.

Baca juga: Alat Pelindung Diri: Sarung Tangan

7. Cuka dan Lemon

Cuka dan Lemon

Dikenal sebagai bahan yang asam, Anda hanya perlu mencampur kedua bahan tersebut dengan 1 sendok baking soda. Agak mirip dengan poin nomor 3, namun tambahan perasan lemon akan membuat senyawa asamnya semakin bereaksi untuk menghilangkan minyak yang menempel di dinding pipa.

Baca Juga: Cara Atasi Sink Mampet Dengan Mudah

8. Manfaatkan Garam

Manfaatkan Garam

Selain dapat membersihkan wastafel, garam juga dapat digunakan untuk mengatasi pipa paralon tersumbat. Caranya pun mudah, Anda hanya perlu menaburkan 1 sendok makan garam ke dalam pipa dan siram garam tersebut dengan air mendidih sebanyak 1 liter.

Diamkan 10 hingga 15 menit dan siram kembali dengan air yang bersuhu normal. Ulangi beberapa kali hingga pipa mengalirkan air dengan lancar.

Baca juga: Mudah Diterapkan, Begini Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

9. Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Mengatasi pipa paralon tersumbat dengan air panas dan sabun

Sabun cuci piring dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu cara mengatasi pipa air yang tersumbat. Hal ini karena sabun cuci piring memiliki kandungan yang dapat menghilangkan lemak.

Caranya mirip dengan poin nomor 8. Tuang sabun dan air panas ke dalam pipa, dan lakukan berulang kali hingga cairan sabun cuci piring tidak tersisa dan pipa kembali lancar.

10. Gunakan Kabel Auger

Mengatasi pipa paralon tersumbat dengan kabel auger

Jika cara-cara di atas belum berhasil, cobalah untuk menggunakan cara yang satu ini. Ya, gunakan kabel auger. Kabel auger terbuat dari stainless steel yang elastis dan tahan lama, kabel auger sering dijumpai untuk membersihkan toilet, kamar mandi hingga wastefel yang mempet.

Caranya yaitu masukkan kabel auger ke dalam pipa dan kencangkan sekrup pada tabung auger. Kemudian dorong memutar dan tarik kembali kabel auger. Ulangi cara tersebut hingga sumbatan di pipa terdorong keluar.


Kesimpulan

Jadi itulah informasi tentang cara mengatasi pipa air tersumbat dengan mudah. Seluruh bahan yang dipakai untuk menghilangkan sumbatan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jadi mau cara manapun yang Anda pakai, tidak ada kesulitan dalam mencari bahannya. 

Apakah Anda membutuhkan pipa air berkualitas dan memiliki daya tahan tinggi? Klopmart hadir dengan menyediakan beragam merek dan ukuran pipa air seperti agen pipa PVC rucika dan masih banyak merk lainnya. Dengan informasi cara mengatasi pipa air tersumbat, kunjungi jual pipa PVC bersama Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya