4 Cara Mengatasi Pipa Air Tersumbat

Ada berbagai cara mengatasi pipa air tersumbat. Masalah ini sudah pasti sangat mengganggu aktivitas pekerjaan rumah tangga sehari-hari. Ketika pipa air itu penting untuk pembuangan cairan kotor ke luar rumah, malah tersumbat dan tidak bisa bekerja secara maksimal.

Masalah ini bisa timbul karena ada berbagai penyebab. Dimulai dari sampah makanan, endapan sabun, endapan lumpur dan kotoran, hingga sampah lainnya yang secara tidak disadari masuk dan membuat pipa air tersumbat.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mendapatkan setiap caranya di bawah ini.

Menggunakan Soda Api

Cara pertama menggunakan soda api. Siapkan air panas untuk memancing reaksi soda api. Sebelum itu, kamu harus memakai sarung tangan masker wajah agar terhindari efek buruk soda api. Kulit Anda bisa melepuh jika terkena soda api.

Selanjutnya tuangkan soda api ke dalam pipa air lalu ditambah dengan air panas secara perlahan. Dalam proses ini, pipa air tidak boleh digunakan selama lima hingga enam jam. Jadi apapun alat yang dipakai dan menggunakan aliran pipa tersebut juga tidak boleh dipakai. Maksud dari menghentikan pemakaian adalah membersihkan kotoran yang menyumbat pipa. 

Jika sudah mencapai lima atau enam jam, Anda bisa menyiram pipa air dengan air yang mengalir secara terus menerus. 

Menggunakan Air Soda

Anda punya air soda di rumah? Minuman ini bisa dipakai untuk mengatasi pipa air tersumbat. Caranya dengan menuangkannya ke dalam panjang pipa pvc. Tuangkan sebanyak dua liter minuman. Sama seperti menggunakan soda api, diamkan dan jangan gunakan pipa air tersebut selama dua jam. Selanjutnya tinggal bilas pipa dengan air mengalir. Mudah, bukan?

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Sifat reaksi baking soda bisa dibilang mirip dengan soda api. Cara penggunaannya dengan mencampurkan baking soda secukupnya dan air panas dalam satu wadah. Jika sudah tercampur sempurna, tuangkan ke dalam pipa air.

Tutup ujung pipa air menggunakan karet penutup atau lainnya. Paling penting adalah bisa tertutup dengan rapat. Anda tinggal menunggu beberapa menit agar baking soda bekerja maksimal.

Selanjutnya, buka karet penutup lalu masukkan cuka dan campuran air panas dengan baking soda ke pipa. Kalau bunyi buih di dalam pipa sudah menghilang, Anda bisa kembali menuangkan air panas untuk membilas secara keseluruhan. Lakukan cara ini setiap dua bulan sekali karena kalau terlalu sering, campuran keduanya bisa merusak pipa.

Menggunakan Pasir Kasar

Pasir kasar bisa Anda temukan dengan mudah di toko material bangunan. Anda bisa memulai penggunaan pasir kasar dengan mengaliri pipa dengan air. Jika sudah, tuangkan dua genggam pasir kasar ke dalam pipa air agar proses pembersihan mulai bekerja. 

Setelah itu pastikan Anda memiliki selang kompresor karena cara ini perlu menggunakan alat tersebut. Masukkan selang kompresor dan tutup lubangnya. Sekarang, atur kompresor dengan tekanan tinggi dan buka kembali aliran udara pipa air agar kotoran bisa terangkat dengan sempurna.

Jadi itulah informasi tentang cara mengatasi pipa air tersumbat dengan mudah. Seluruh bahan yang dipakai untuk menghilangkan sumbatan bisa Anda dapatkan dengan mudah. Jadi mau cara manapun yang Anda pakai, tidak ada kesulitan dalam mencari bahannya. 

Apakah Anda membutuhkan pipa air berkualitas dan memiliki daya tahan tinggi? Klopmart hadir dengan menyediakan beragam merek dan ukuran pipa air seperti agen pipa pvc rucika dan masih banyak merk lainnya. Dengan informasi cara mengatasi pipa air tersumbat, kunjungi jual pipa PVC bersama Klopmart sekarang juga


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
29 Jan 2021

Related Article