Saniter

Soda Api: Kegunaan dan Bahayanya yang Perlu Dihindari

Media
29 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apa itu soda api? Soda api merupakan salah satu bahan kimia yang cukup berbahaya. Jika salah menggunakannya maka soda api bisa menjadi bencana. Namun Anda pasti pernah mendengar atau bahkan membelinya untuk memperbaiki pipa yang mampet.


Entah itu pipa wastafel atau toilet. Soda api memang sering disarankan untuk hal-hal tersebut. Tetapi sebenarnya apakah Anda tahu lebih jauh mengenai soda api? Apakah soda api sama dengan soda kue? Langsung saja baca semua informasi seputar soda api di bawah ini. 

Apa Itu Soda Api?

Soda api adalah salah satu bahan kimia yang dijual bebas di pasaran. Alasannya karena masyarakat sering membutuhkan soda api untuk membetulkan pipa mampet. Soda api memiliki nama lain yaitu natrium hidroksida (NaOH) atau alkali. 

Soda api bisa berbahaya karena memiliki sifat yang korosif. Biasanya soda api dijual dalam bentuk bubuk, potongan kecil-kecil atau cair. Tergantung dari kebutuhan dan tujuan pemakaian Anda. Soda api terbilang mudah digunakan karena dapat menyerap air. 

Jadi ketika Anda mencampurkan soda api dengan air maka bentuknya tidak lagi terlihat alias sudah larut. Jika Anda memilikinya di rumah pastikan simpan di tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Pasalnya warna soda api yang putih sering tertukar dengan bahan lilin.

Baca juga: 3 Cara Memakai Soda Api untuk Mengatasi Saluran Air Mampet

Beda Soda Api dan Soda Kue

Seperti sudah disebutkan sebelumnya bahwa soda api merupakan salah satu bahan kimia yang cukup berbahaya. Soda api sudah pasti berbeda dengan soda kue. 

Meskipun keduanya sama-sama memiliki nama “soda” sebagai awalan, tetapi penggunaan dan sifatnya sangat berbeda. Simak poin-poin perbedaan keduanya berikut ini. 

1. Sifat

Soda api memiliki sifat kaustik atau korosif yang sangat berbahaya bagi manusia. Di sisi lain soda kue memiliki sifat ragi yaitu dapat membuat kue mengembang. Itu berarti soda kue tidak berbahaya. 

Dari kedua pernyataan ini kita jadi mengerti bahwa soda api tidak bisa digunakan sembarangan. Sebaliknya, soda kue bisa digunakan untuk berbagai macam resep makanan. 

2. Penggunaan

Soda kue sangat sering digunakan dalam pembuatan kue dan roti. Memasukkan soda kue dalam adonan dapat membuatnya mengembang ketika dipanggang. Tujuan penggunaannya memang untuk mengembangkan adonan kue dan roti. 

Jadi penggunaannya sangat aman. Apabila tangan Anda menyentuh bubuk soda kue maka tidak akan terjadi hal berbahaya. Soda api di sisi lain sering digunakan untuk membersihkan noda membandel, membuat pipa kembali lancar, sabun, dan detergen.

Apa Bahaya Soda Api?

KBBI mendefinisikan soda api sebagai soda yang keras sekali. Itu berarti dalam penggunaannya Anda harus ekstra hati-hati supaya tidak ada bahaya yang terjadi. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui mengenai bahaya soda api. Perhatikan penjelasannya berikut ini.

1. Menyebabkan Rasa Sakit Berlebihan

Penggunaan soda api yang sembarangan dapat membahayakan Anda sebagai pengguna. Apabila soda api terkena tangan, kulit, atau bahkan tidak sengaja termakan maka akan menyebabkan rasa sakit yang berlebihan.

Soda api yang bersifat korosif dapat langsung bereaksi ketika terkena air. Itu sebabnya Anda perlu memiliki perlindungan yang ketat. Anda harus menggunakan sarung tangan, masker, kacamata, baju berlengan, dan celana panjang, bahkan sepatu. Semuanya perlu dilakukan untuk menjamin keselamatan Anda. 

2. Merusak Saluran Pernapasan

Soda api tidak hanya berbahaya saat mengenai tubuh Anda. Reaksi kimia soda api yang terhirup oleh hidung bahkan dapat merusak saluran pernapasan Anda. Itu sebabnya Anda dianjurkan untuk memakai masker ketika akan menggunakan soda api. 

3. Kematian

Soda api juga dapat mengakibatkan kematian. Ada banyak kasus orang-orang yang meninggal akibat soda api. Pastikan untuk membersihkan semua area yang terkena soda api supaya Anda dan keluarga terbebas dari bahaya. 

4. Merusak Pipa

Selain berbahaya bagi kesehatan, soda api juga mengakibatkan kerusakan pipa. Memang benar bahwa soda api sering digunakan untuk membersihkan noda membandel di wastafel ataupun toilet. Tetapi Anda perlu berhati-hati karena pemakaian yang terlalu sering dapat membuat lapisan pipa terkikis bahkan meleleh. 

Baca juga: Ukuran Wastafel Cuci Tangan Untuk Rumah Anda

Kegunaan Soda Api

Terlepas dari potensi bahaya yang terkandung di dalamnya, soda api tetap memiliki kegunaan dalam kehidupan sehari-hari. Kami telah merangkumkan beberapa kegunaan soda api supaya Anda tidak salah dalam menggunakannya. Simak selengkapnya di bawah ini. 

1. Membersihkan Karat

Sifat soda api yang korosif dapat membersihkan noda-noda karat pada besi dan baja. Jika Anda melarutkan soda api dengan air dan memasukkan besi atau baja yang berkarat maka karat tersebut bisa langsung larut. 

Hal ini dapat terjadi karena soda api bereaksi pada logam seperti aluminium seng, tembaga, dan timah. Namun tidak akan bereaksi pada besi dan baja. Jadi keduanya tidak ikut larut dalam soda api.

2. Membersihkan Dinding Kamar Mandi

Soda api dapat digunakan untuk membersihkan dinding keramik kamar mandi yang sudah menguning. Konsentrasi setinggi 4% dalam soda api mampu membersihkan semua permukaan yang kotor.

Baca juga: Tips Memilih Keramik Dinding Dapur yang Tepat

3. Merontokkan Cat

Jika Anda sedang berencana merontokkan cat yang ada di furniture karena sudah mulai mengelupas maka penggunaan soda api sangat tepat. 

Tidak hanya cat di furniture, Anda juga bisa merontokkan cat di kendaraan dan dinding. Namun perlu diingat bahwa hanya furniture berbahan kayu yang bisa Anda rontokkan dengan soda api. 

4. Melancarkan Pipa Mampet

Soda api dapat digunakan untuk membuat pipa yang mampet menjadi lancar kembali. Kegunaan yang satu ini pasti sudah tidak asing bagi Anda. 

Campuran soda api dan air bisa mengubah lemak yang sudah berkerak menjadi larut dalam air. Jadi pipa wastafel yang mampet bisa digunakan kembali seperti sediakala. 

5. Membersihkan Kerak Perabotan

Soda api dapat membersihkan cat, keramik, dan karat, serta kerak di perabotan. Anda hanya perlu melarutkan soda api dengan air lalu gosokkan perlahan ke perabot yang kotor.

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Mesin dan Perabotan Rumah Tangga

Itu dia informasi seputar soda api dan kegunaannya yang perlu Anda ketahui. Tidak kalah penting, yaitu informasi bahaya yang ditimbulkan soda api juga sudah Anda pelajari. Pemahaman yang menyeluruh tentang soda api membuat Anda siap untuk menggunakannya pada waktu mendatang.

Beli Soda Api dengan Mudah di Klopmart

Jika Anda membutuhkan soda api, langsung saja beli di KlopMart. KlopMart memiliki berbagai bahan material yang Anda butuhkan. Daripada Anda membuang waktu dalam perjalanan ke toko material, langsung saja buka ponsel dan kunjungi website KlopMart.


Dapatkan harga soda api untuk WC yang terbaik di KlopMart sekarang juga! Terdapat berbagai diskon dan penawaran menarik lainnya yang bisa Anda temukan. Kebingungan memilih kualitas bahan material yang tepat? Anda bisa langsung berkonsultasi dan menghubungi tim KlopMart. Semoga informasi apa itu soda api dapat bermanfaat bagi Anda!

Sumber artikel: 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/soda-api-49017
  • https://blog.kliknclean.com/apa-itu-soda-api/
  • https://www.rotorooter.co.id/tips/tips/detail/56/jangan-gunakan-soda-api-kalau-pipa-anda-tidak-mau-seperti-ini
  • https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4787622/3-efek-terkena-soda-api-bahan-korosif-dalam-teror-air-keras-di-jakbar

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya