3 Penyebab Kran Air Macet yang Jarang Diketahui dan Solusinya

Salah satu masalah sehari-hari yang mungkin sering mengganggu Anda adalah ketika kran air macet padahal Anda sedang membutuhkan akses air untuk keperluan sehari-hari. Hal ini memang terdengar sepele, namun jika dibiarkan berlarut-larut tentu bisa mengganggu aktivitas Anda. Mengingat kebutuhan air juga cukup vital dalam kehidupan sehari-hari, kran air yang macet bisa saja membuat Anda frustasi. Oleh sebab itu, berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki kran air macet.


Penyebab Kran Air Macet dan Solusinya

1. Disebabkan oleh butiran halus

Penyebab kran air macet bisa saja terjadi karena terdapat kotoran dalam saluran air ini. Kotoran ini biasanya berbentuk debu serta butiran-butiran halus yang mengganggu proses air mengalir. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir karena kran air macet karena butiran halus adalah masalah yang cukup umum terjadi. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan jalur air kembali bersih.

Caranya adalah dengan melepas kran air terlebih dahulu agar proses pembersihan bagian dalam saluran air lebih mudah untuk dilakukan. Anda juga membutuhkan sikat pipa yang berbentuk seperti tangkai dengan bulu sikat yang dapat dimasukkan ke dalam saluran untuk membersihkan butiran-butiran halus ini. Untuk hasil maksimal, Anda bisa menggunakan pipet penyedot kotoran.

BACA JUGA: Tips Memilih Keran Air: JENIS MATERIAL

2. Endapan kerak

Masalah penyebab kran air macet lainnya yang juga umum terjadi adalah karena adanya endapan kerak pada kran. Endapan kerak ini biasanya terbentuk akibat kran air sudah digunakan untuk waktu yang cukup lama.

Anda bisa menggunakan cuka untuk menghancurkan endapan keran tersebut. Caranya dengan mencampur satu cangkir cuka dengan satu liter air, lalu rebus hingga mendidih. Setelah campuran ini mendidih, rendam kran yang terdapat endapan kerak selama 1 hingga 2 jam, sesuaikan dengan banyaknya kerak. Kerak akan terlepas sendiri dari kran. Setelah itu, Anda tinggal membilas dengan air untuk membersihkannya dan menghilangkan bau campuran cuka.

3. Ujung keran yang tersumbat

Pada umumnya, kran memiliki bagian yang disebut aerator atau saringan. Aerator ini terletak pada bagian ujung kran dan berukuran kecil, biasanya terbuat dari kawat yang membentuk jaring-jaring dan berfungsi untuk menyaring kotoran dari air mengalir. Aerator inilah yang kemungkinan tersumbat oleh kotoran sehingga kran air macet saat akan digunakan. Untuk itu perlu dibersihkan.

Caranya, lepas terlebih dahulu aerator dari kran Anda, kemudian sikat dengan hati-hati bagian ini untuk membersihkan dari kotoran-kotoran yang menempel. Bilas hingga benar-benar bersih lalu keringkan sebelum dipasangkan kembali pada kran. Periksa lagi saluran air dan kran pastikan semua sudah sama-sama bersih, lalu pasangkan kran kembali.

Namun selain dikarenakan hal-hal di atas, kran air macet juga bisa terjadi akibat adanya kerusakan yang cukup parah pada kran air akibat usia penggunaan kran yang sudah sangat lama. Jika sudah seperti ini, solusi terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengganti dengan kran yang baru.

Jika terus memaksakan untuk menggunakan kran air yang sama, Anda juga akan terus dihadapkan dengan masalah kran air macet yang serupa. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mengganti kran air lama Anda dengan kran air baru yang lebih berkualitas.

Itu dia beberapa cara efektif yang dapat Anda coba saat mengalami masalah kran air macet. Cukup sederhana dan mudah untuk Anda praktikkan sendiri bukan? Namun jika Anda merasa tidak percaya diri untuk mengutak-atik kran air Anda, tidak ada salahnya jika Anda mempekerjakan jasa tukang ledeng untuk membantu Anda mengatasi masalah kran air macet ini.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya