3 Cara Memakai Soda Api untuk Mengatasi Saluran Air Mampet


Sebelum menggunakan soda api, Anda harus mengetahui cara menggunakan soda api dengan benar dan aman terlebih dahulu. Soda api sendiri merupakan bahan yang umum digunakan untuk membersihkan saluran air yang mampet.

Soda api ini merupakan bahan yang cukup berbahaya karena bisa membuat kulit Anda terbakar jika menyentuhnya. Maka dari itu, Anda tidak bisa menggunakan bahan ini secara sembarangan dan tanpa persiapan keamanan.

Lantas, bagaimana sih cara menggunakan soda api yang benar dan aman? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Soda Api?

Soda api, atau natrium hidroksida (NaOH), merupakan sebuah senyawa kimia yang memiliki sifat korosif atau kaustik. Soda api ini memiliki berbagai macam bentuk, tetapi biasanya soda api memiliki bentuk berupa padatan putih seperti lilin.

Soda api ini adalah bahan umum yang biasa digunakan dalam pembuatan sabun atau produk pembersih lainnya. Selain itu, berkat sifatnya yang korosif, soda api juga biasa digunakan untuk membersihkan saluran air yang mampet atau untuk membersihkan oven.

Soda api merupakan senyawa kimia anorganik ionik padat berwarna putih dan mudah larut dalam air, etanol, dan metanol. Meski tidak mudah terbakar, soda api dapat menyerap kelembapan dari udara. Jika bersentuhan dengan air saat berbentuk padat, soda api dapat menghasilkan panas yang cukup untuk menyalakan bahan mudah terbakar.

Selain itu, soda api juga dapat menyebabkan kulit terbakar dan menyebabkan kerusakan organ permanen jika tertelan. Meski begitu, soda api disetujui oleh Food Drugs Association (FDA) dan secara umum diakui aman jika digunakan secara aman dan benar.

Meskipun dianggap aman, untuk menghindari kecelakaan, Anda harus memperlakukan soda api ini sebagai bahan kimia yang berbahaya. Pastikan Anda menggunakan bahan kimia ini dengan hati-hati dan selalu lindungi diri dan orang lain disekitar Anda.

Baca juga: Apa Itu Soda Api? Beda dengan Soda Kue, Bahaya & Kegunaannya

3 Cara Memakai Soda Api dengan Baik dan Benar

Soda api ini tidak bisa digunakan secara sembarangan karena sifatnya yang dapat membahayakan tubuh manusia dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan berbagai alat pelindung diri sebelum menggunakannya.

Jika Anda ingin menggunakan soda api untuk membersihkan saluran air yang mampet, berikut ini adalah cara memakai soda api dengan baik dan benar untuk Anda ikuti:

1. Gunakan Alat Pelindung Diri

APD sebelum Memakai Soda Api

Sebelum memakai soda api, untuk keperluan apa pun, Anda harus menyiapkan alat pelindung diri terlebih dahulu. Alat pelindung diri yang bisa Anda gunakan antara lain: sarung tangan pelindung, kacamata pelindung, masker pelindung, dan celemek.

Jangan sampai Anda melewatkan satu alat pelindung pun karena akibatnya akan sangat berbahaya. Pastikan juga alat pelindung yang Anda gunakan masih dalam kondisi baik agar bisa melindungi diri dengan baik pula.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Api bagi Rumah Tangga dan Industri

2. Larutkan Soda Api

Setelah menggunakan alat pelindung diri, selanjutnya Anda perlu melarutkan soda api. Larutkan 750 ml atau tiga gelas soda api ke dalam tiga liter air dingin. Pastikan untuk menggunakan wadah yang besar dan tidak dipakai untuk keperluan penting rumah tangga, seperti ember baru atau ember untuk menampung air yang bocor.

Selanjutnya, Anda dapat mencampurkan larutan tersebut sampai merata. Pastikan untuk mengaduk larutan tersebut menggunakan sendok atau spatula yang berbahan kayu. Jangan pernah mengaduk larutan soda api dengan tangan kosong karena bisa membakar kulit.

Ketika mencampurkan soda api dengan air, akan muncul suara desis dan uap panas. Jangan panik karena hal tersebut normal dan pasti akan terjadi. Pastikan ruangan di mana Anda mencampurkan larutan tersebut memiliki ventilasi udara yang baik, atau lebih bagus lagi di luar rumah.

3. Tuangkan Larutan Soda Api ke Dalam Saluran Air yang Mampet

Setelah larutan soda api tercampur rata, tuangkan semua larutan tersebut ke dalam saluran air yang mampet atau tersumbat. Diamkan larutan tersebut di dalam pipa selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, siram saluran tersebut dengan sekitar empat liter air mendidih.

Jika saluran air masih mampet atau tersumbat, Anda dapat mengulangi langkah ini sekali lagi. Setelah selesai, jangan lupa untuk mencuci semua peralatan yang digunakan di bawah air mengalir. Jangan lupa juga untuk membersihkan diri sendiri.

Baca juga: 7 Cara Membuat Bak Kontrol Saluran Air yang Baik dan Benar

Tips Menggunakan Soda Api dengan Aman

Agar Anda tidak mengalami kecelakaan ketika menggunakan soda api, berikut ini adalah beberapa tips menggunakan soda api dengan aman yang bisa diikuti:

1. Berhati-hati Terhadap Soda Api

Untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti luka bakar karena kulit menyentuh soda api, pastikan Anda menggunakan alat pelindung yang lengkap dari mulai sarung tangan hingga celemek. Pastikan alat pelindung yang digunakan memiliki bahan tebal dan kualitas bagus.

Jangan sampai sarung tangan yang digunakan rusak, bolong, pendek, dan tidak menutupi area tangan sepenuhnya. Pastikan juga untuk menggunakan pakaian lengkap tertutup seperti kemeja lengan panjang dan celana panjang.

2. Amankan Ruangan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, soda api dapat menyebabkan panas dan dengan mudah menyalakan bahan mudah terbakar. Jadi, pastikan ruangan yang digunakan ketika melarutkannya tidak tetutup. Contohnya seperti ruangan terbuka di luar rumah.

Selain itu, pastikan juga tidak ada bahan kimia yang mudah terbakar seperti gas atau minyak di sekitar Anda. Jauhkan juga anak-anak dan hewan peliharaan ketika Anda hendak menggunakan soda api ini.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Wastafel Mampet dengan Mudah dan Alami

Kesimpulan

Jika Anda sedang mencari harga soda api untuk WC karena salah satu saluran air di rumah sedang mampet, Anda dapat menemukannya di Klopmart. Anda bisa memesan secara online dan barang akan langsung dikirim ke alamat tujuan. 


Temukan juga beragam produk lainnya serta penawaran-penawaran menarik khusus untuk Anda. Semoga penjelasan cara memakai soda api ini dapat membantu ya!

Sumber artikel:

  • https://www.orami.co.id/magazine/soda-api
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya