Mudah Diterapkan, Begini Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Masalah mengenai WC yang mampet tentu akan membuat Anda tidak merasa nyaman. Apabila dibiarkan, hal ini sangatlah mengganggu. Contohnya saja adalah dapat mengeluarkan bau tak sedap dan sebagainya. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti cara mengatasi WC mampet dengan garam. Bagaimana langkahnya? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.

Penyebab WC Mampet

WC yang mampet tentu ada penyebabnya. Salah satu penyebab utamanya adalah septic tank yang sudah penuh. Ini karena kotoran yang ada akan mengendap dan Anda pun harus mengurasnya. Kemudian, penyebab lainnya juga bisa karena Anda membuang sampah ke dalam kloset. Misalnya saja membuang pembalut, tisu, cotton bud, bahkan popok bayi. Hal tersebutlah yang dapat membuat volume septic tank bertambah maupun terjadi penyumbatan pada leher kloset.

Mengatasi WC Mampet

Biasanya ketika WC mampet, Anda langsung panik dan segera menghubungi tukang sedot WC. Namun, apa jadinya jika tukang sedot WC tersebut tidak merespon atau sedang libur? Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara mudah berikut ini.

  • Gunakan Plastik Pembungkus

Menggunakan plastik pembungkus atau plastic wrap bisa Anda jadikan alternatif, Khususnya untuk kloset duduk. Caranya adalah letakkan plastik tersebut untuk menutup kloset tersebut dan pastikan menempel dengan sempurna. Lalu, tekan flush dan otomatis plastik mengembang. Saat itulah Anda perlu menekannya berulang kali agar udara masuk dalam WC yang tersumbat.

  • Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Tambahkan sedikit cairan ini dengan deterjen. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan siramkan ke kloset berulang kali. Pemutih ini memiliki zat yang mampu melunturkan kerak dan dapat menghancurkan kotoran yang bisa menyumbat WC.

  • Hanger Kawat

Tahukah Anda jika hanger atau gantungan baju yang terbuat dari kawat bisa digunakan dalam mengatasi WC mampet? Caranya, potong hanger dan lapisi ujung yang dipotong tadi menggunakan kain agar porselen tak tergores. Tekanlah hanger dalam toilet sampai kotoran terdorong masuk.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengaplikasikan cara mengatasi WC mampet dengan menggunakan garam. Ada beberapa keuntungan bila Anda menggunakan garam ini. Pertama, garam sebagai bumbu dapur yang mudah didapatkan di mana saja. Kedua, mengatasi WC mampet menggunakan garam juga efisien dan terjangkau. Sebab, harga garam tidaklah seberapa mahal. Anda pun bisa menggunakan garam kasar ataupun garam balok yang dijual di warung atau di pasar-pasar terdekat.

Lalu, bagaimana langkahnya? Sebenarnya, sangat mudah jika Anda melakukannya dengan baik dan benar. Berikut beberapa di antaranya yang harus Anda perhatikan.

  1. Anda terlebih dahulu harus mempersiapkan garam baik garam balok atau garam kasar setidaknya dua bungkus.
  2. Setelah itu, buka bungkus garam lalu tuangkan secukupnya garam ke dalam lubang kloset dan diamkanlah kurang lebih selama 2 jam.
  3. Setelah dirasa cukup, Anda bisa menyiram lubang kloset tersebut dengan menggunakan air panas.

Anda juga bisa menambahkan baking soda yang dicampur dengan garam untuk hasil yang maksimal dalam membersihkan dan mencegah WC mampet di rumah. Caranya pun sangat mudah, Anda cukup menggunakan sekitar satu cangkir baking soda setelah Anda memasukkan garam ke lubang kloset. Kemudian, tuangkanlah kurang lebih 1 liter air panas dan diamkanlah semalaman atau kurang lebih 8 jam.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Tak Sedap

Cara mengatasi WC mampet dengan garam memang mudah dilakukan. Akan tetapi, selain cara di atas hal yang paling penting lainnya adalah Anda perlu menjaga kebersihan WC. Pemilihan kloset pun menjadi penting, baik itu kloset jongkok maupun kloset duduk. Untuk mendapatkan kloset terbaik dan kualitas tinggi, Anda bisa membelinya di Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article