Home & Living

3 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam, Dijampin Ampuh!

Media
21 Feb 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Masalah mengenai WC yang mampet tentu akan membuat Anda tidak merasa nyaman. Apabila dibiarkan, hal ini sangatlah mengganggu. Contohnya saja adalah dapat mengeluarkan bau tak sedap dan sebagainya. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti cara mengatasi WC mampet dengan garam. Bagaimana langkahnya? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.


Penyebab WC Mampet

WC yang mampet tentu ada penyebabnya. Salah satu penyebab utamanya adalah septic tank yang sudah penuh. Ini karena kotoran yang ada akan mengendap dan Anda pun harus mengurasnya. Adapun beberapa penyebab WC Anda tersumbat.

  • Kerusakan Pada Pipa Pembuangan

Pipa yang penuk tidak menjadi satu-satunya penyebab tersumbatnya WC, bisa saja pipa Anda mengalami kerusakan. Retakan yang membuat pipa terputus atau penyusutan yang diakibatkan oleh usia pipa yang tua. Untuk mencegah kerusakan ini, Anda dapat memeriksa pipa pembuanngan secara berkala. 

  • Tanaman yang Menghambat PipaKekurangan Air Pada Flush Toilet

Tanaman juga bisa menjadi penyebab WC tersumbat, tanaman yang tumbuh dan menghalangi drainase pipa Anda bisa faktor tersumbat. Apalagi drainase Anda berada di daerah tanah subur dan terkena sinar matahari.

  • Kerusakan Pada Mekanisme Flush Toilet

Selanjutnya, penyebab tersumbatnya WC juga bisa disebabkan oleh mekanisme flush mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya Anda memanggil jasa servis agar tidak memperparah keadaan. 

Cara Mengatasi WC Mampet

Biasanya ketika WC mampet, Anda langsung panik dan segera menghubungi tukang sedot WC. Namun, apa jadinya jika tukang sedot WC tersebut tidak merespon atau sedang libur? Tak perlu khawatir, sebab Anda bisa mengatasinya sendiri dengan cara mudah berikut ini.

  • Gunakan Plastik Pembungkus

Menggunakan plastik pembungkus atau plastic wrap bisa Anda jadikan alternatif, Khususnya untuk kloset duduk. Caranya adalah letakkan plastik tersebut untuk menutup kloset tersebut dan pastikan menempel dengan sempurna. Lalu, tekan flush dan otomatis plastik mengembang. Saat itulah Anda perlu menekannya berulang kali agar udara masuk dalam WC yang tersumbat.

  • Menggunakan Pemutih Pakaian

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Tambahkan sedikit cairan ini dengan deterjen. Lalu, diamkan selama beberapa menit dan siramkan ke kloset berulang kali. Pemutih ini memiliki zat yang mampu melunturkan kerak dan dapat menghancurkan kotoran yang bisa menyumbat WC.

  • Hanger Kawat

Tahukah Anda jika hanger atau gantungan baju yang terbuat dari kawat bisa digunakan dalam mengatasi WC mampet? Caranya, potong hanger dan lapisi ujung yang dipotong tadi menggunakan kain agar porselen tak tergores. Tekanlah hanger dalam toilet sampai kotoran terdorong masuk.

  • Plunger

Plunger merupakan salah satu peralatan rumah yang khusus untuk mengatasi permasalahan pada WC yang mampet. Alat ini sangat mudah ditemukan di beberapa supermarket dan toko peralatan rumah tangga.

  • Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi mampetnya WC selanjutnya adalah dengan menggunakan sabin cuci piring. Benda seperti kertas atau tisu yang terbuang di WC serta tersumbat bisa dilarutkan dengan sabun cuci piring. 

  • Soda Api 

Soda api bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah WC mampet. Nama kimia dari soda api adalah Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Bahan ini memiliki kekuatan dalam melaurtkan penyumbat organik di dalam WC dengan membentuk gelembung air. 

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Selain cara di atas, Anda juga bisa mengaplikasikan cara mengatasi WC mampet dengan menggunakan garam. Ada beberapa keuntungan bila Anda menggunakan garam ini. Pertama, garam sebagai bumbu dapur yang mudah didapatkan di mana saja. Kedua, mengatasi WC mampet menggunakan garam juga efisien dan terjangkau. Sebab, harga garam tidaklah seberapa mahal. Anda pun bisa menggunakan garam kasar ataupun garam balok yang dijual di warung atau di pasar-pasar terdekat.

Lalu, bagaimana langkahnya? Sebenarnya, sangat mudah jika Anda melakukannya dengan baik dan benar. Berikut beberapa di antaranya yang harus Anda perhatikan.

  1. Anda terlebih dahulu harus mempersiapkan garam baik garam batu atau garam kasar setidaknya dua bungkus.
  2. Setelah itu, buka bungkus garam lalu tuangkan secukupnya garam ke dalam lubang kloset dan diamkanlah kurang lebih selama 2 jam.
  3. Setelah dirasa cukup, Anda bisa menyiram lubang kloset tersebut dengan menggunakan air panas.

Anda juga bisa menambahkan baking soda yang dicampur dengan garam untuk hasil yang maksimal dalam membersihkan dan mencegah WC mampet di rumah. Caranya pun sangat mudah, Anda cukup menggunakan sekitar satu cangkir baking soda setelah Anda memasukkan garam ke lubang WC kloset. Kemudian, tuangkanlah kurang lebih 1 liter air panas dan diamkanlah semalaman atau kurang lebih 8 jam.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Tak Sedap

Cara mengatasi WC mampet dengan garam memang mudah dilakukan. Akan tetapi, selain cara di atas hal yang paling penting lainnya adalah Anda perlu menjaga kebersihan WC. Pemilihan kloset pun menjadi penting, baik itu kloset jongkok maupun kloset duduk. Untuk mendapatkan kloset terbaik dan kualitas tinggi, Anda bisa membelinya di Klopmart.


Sumber rujukan:

  • https://www.popmama.com/life/home-and-living/marsa-syifa-azzahra/cara-mengatasi-wc-mampet?page=all
  • https://www.indosteger.co.id/berita/detail/cara-mengatasi-wc-mampet-dengan-garam

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya