6 Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam, Dijampin Ampuh!

Masalah mengenai WC yang mampet tentu akan membuat Anda tidak merasa nyaman. Apabila dibiarkan, hal ini sangatlah mengganggu. Contohnya saja adalah dapat mengeluarkan bau tak sedap dan sebagainya. Sebenarnya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan seperti cara mengatasi WC mampet dengan garam. Bagaimana langkahnya? Ada baiknya Anda simak ulasannya berikut.


Cara Mengatasi WC Mampet dengan Garam

Mengatasi WC mampet dengan garam adalah salah satu cara alami yang dapat dicoba sebelum memanggil profesional atau menggunakan bahan kimia yang lebih kuat. Garam, terutama garam kasar, dapat membantu meluruhkan kotoran yang menyumbat WC. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

1. Persiapkan Bahan dan Alat

  • Garam kasar atau garam batu (sekitar satu cangkir).

  • Baking soda (jika ada, sekitar satu cangkir).

  • Air panas (bukan mendidih, sekitar dua liter).

  • Sarung tangan karet (opsional).

2. Tuang Garam ke WC

Sebelum menuangkan garam ke WC, pastikan WC Anda tidak penuh dengan air. Jika airnya terlalu tinggi, kurangi sebagian dengan ember.

Setelah memastikan airnya berkurang, tuangkan satu cangkir garam kasar langsung ke lubang WC.

3. Tambahkan Baking Soda (Opsional)

Langkah ini bersifat opsinal. Jika Anda memiliki baking soda atau soda kue di rumah, silahkan tambahkan satu cangkir baking soda setelah menuangkan garam. Baking soda akan membantu meningkatkan efektivitas proses pembersihan.

4. Tuangkan Air Panas

Berikutnya Anda dapat memanaskan sekitar dua liter air hingga mendekati titik didih, tetapi jangan sampai mendidih. Setelah dirasa cukup, silahkan siram dengan air panas secara perlahan ke dalam WC. Air panas membantu melarutkan garam dan baking soda serta melonggarkan sumbatan.

5. Diamkan Selama Beberapa Jam

Biarkan campuran garam, baking soda, dan air panas bekerja selama minimal 4-6 jam, atau lebih baik semalam, agar memiliki waktu untuk melarutkan sumbatan.

6. Bilas dengan Air Bersih

Setelah didiamkan, siram WC dengan air bersih untuk melihat apakah sumbatannya sudah teratasi. Anda bisa menggunakan air dari ember atau menyiram langsung dengan tangki WC.

Jika sumbatan masih ada setelah mencoba metode ini, Anda mungkin perlu mengulang prosesnya sekali lagi atau menggunakan alat pembersih WC seperti plunger atau auger, atau akhirnya memanggil tukang ledeng profesional. Metode ini cukup efektif untuk sumbatan ringan hingga sedang dan merupakan solusi yang ramah lingkungan.

Baca juga: 8 Cara Membasmi Cacing di Kamar Mandi yang Efektif!

Penyebab WC Mampet

WC yang mampet tentu ada penyebabnya. Salah satu penyebab utamanya adalah septic tank yang sudah penuh. Ini karena kotoran yang ada akan mengendap dan Anda pun harus mengurasnya. Adapun beberapa penyebab WC Anda tersumbat.

Selain itu, WC mampet bisa disebabkan oleh berbagai faktor lain, meliputi:

1. Tisu Toilet Berlebihan

Menggunakan terlalu banyak tisu toilet sekaligus dapat menyebabkan penyumbatan. Meskipun tisu toilet dirancang untuk terurai dalam air, dalam jumlah besar, bisa menumpuk dan menyumbat saluran.

2. Benda Asing

Benda asing seperti mainan anak-anak, sikat gigi, atau produk kebersihan pribadi yang tidak larut dalam air bisa jatuh atau sengaja dibuang ke WC, menyebabkan penyumbatan.

3. Limbah yang Tidak Terurai

Produk seperti tisu basah, pembalut, tampon, dan popok sekali pakai tidak dapat terurai dengan baik dalam air dan dapat menyebabkan sumbatan serius di saluran pembuangan.

4. Limbah Dapur

Membuang sisa makanan, minyak, atau lemak ke dalam WC dapat menyebabkan penumpukan di saluran pembuangan, terutama jika minyak atau lemak mengeras.

5. Masalah pada Sistem Pipa

Pipa yang sudah tua, rusak, atau memiliki kemiringan yang tidak tepat dapat menyebabkan aliran air tidak lancar dan memicu penyumbatan. Akar pohon yang tumbuh ke dalam pipa juga dapat menyebabkan masalah ini.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kamar Mandi Tak Sedap

Pilihan Lain Cara Mengatasi WC Mampet

Cara Mengatasi WC Mampet

Selain menggunakan garam, Anda juga dapat melakukan beberapa cara berikut untuk mengatasi wc mampet di rumah Anda. Simak ulasan singkatnya di bawah ini:

1. Gunakan Plastik Pembungkus

Menggunakan plastik pembungkus atau plastic wrap bisa Anda jadikan alternatif, Khususnya untuk kloset duduk. Caranya adalah letakkan plastik tersebut untuk menutup kloset tersebut dan pastikan menempel dengan sempurna. Lalu, tekan flush dan otomatis plastik mengembang. Saat itulah Anda perlu menekannya berulang kali agar udara masuk dalam WC yang tersumbat.

2. Hanger Kawat

Tahukah Anda jika hanger atau gantungan baju yang terbuat dari kawat bisa digunakan dalam mengatasi WC mampet? Caranya, potong hanger dan lapisi ujung yang dipotong tadi menggunakan kain agar porselen tak tergores. Tekanlah hanger dalam toilet sampai kotoran terdorong masuk.

3. Plunger

Plunger merupakan salah satu peralatan rumah yang khusus untuk mengatasi permasalahan pada WC yang mampet. Alat ini sangat mudah ditemukan di beberapa supermarket dan toko peralatan rumah tangga.

4. Sabun Cuci Piring

Cara mengatasi mampetnya WC selanjutnya adalah dengan menggunakan sabin cuci piring. Benda seperti kertas atau tisu yang terbuang di WC serta tersumbat bisa dilarutkan dengan sabun cuci piring. 

5. Soda Api 

Soda api bisa dijadikan sebagai bahan untuk mengatasi masalah WC mampet. Nama kimia dari soda api adalah Sodium Hidroksida atau Natrium Hidroksida (NaOH). Bahan ini memiliki kekuatan dalam melaurtkan penyumbat organik di dalam WC dengan membentuk gelembung air. 

6. Gunakan Jasa Sedot WC

Langkah terakhir jika cara-cara di atas belum berhasil adalah memanggil tukang sedot wc profesional. Tentunya mereka memiliki pengalaman dan cara tersendiri dalam mengatasi wc mampet di rumah Anda.


Setelah mengetahui cara mengatasi WC mampet dengan garam, hal yang paling penting lainnya adalah Anda perlu menjaga kebersihan WC dan memastikan kualitas kloset yang Anda gunakan yang terbaik.

Pemilihan kloset pun menjadi penting, baik itu kloset jongkok maupun kloset duduk. Untuk mendapatkan kloset terbaik dan kualitas tinggi, Anda bisa membelinya di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya