Saniter

5 Fungsi Soda Api untuk Saluran Air Tersumbat

Media
29 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada banyak fungsi soda api yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi saluran air tersumbat atau mampet. Sebelum memanggil tukang ledeng, Anda bisa menggunakan soda api ini untuk mengatasi masalah satu ini.

Soda api, atau natrium hidroksida (NaOH), ini merupakan senyawa kimia yang memiliki sifat korosif atau kaustik ketika bersentuhan dengan berbagai benda yang menyumbat saluran air. Maka dari itu, banyak tukang ledeng yang juga menggunakan bahan ini ketika harus mengatasi saluran air tersumbat atau mampet.

Lantas, apa saja sih fungsi soda api untuk mengatasi saluran air yang tersumbat atau mampet? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini!

Fungsi Soda Api untuk Saluran Air

Ada banyak sekali fungsi soda api yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi permasalahan pada saluran air, antara lain:

1. Mengatasi Saluran Wastafel yang Tersumbat

Fungsi soda api untuk saluran air yang pertama adalah untuk mengatasi saluran wastafel yang mampet. Soda api mampu mengatasi masalah tersebut dengan mudah karena salah satu fungsinya yang dapat membersihkan atau menghancurkan kotoran penyebab tersumbatnya wastafel.

Sebelum menggunakan soda api, pastikan Anda mempersiapkan semua alat yang perlu digunakan terlebih dahulu seperti alat pelindung diri. Setelah semuanya siap, masukkan sekitar 250 gram soda api ke dalam saluran wastafel, tunggu beberapa saat lalu bilas dengan air panas.

Ketika membersihkan saluran wastafel dengan soda api, Anda akan mendengar suara seperti desis yang diikuti munculnya uap panas. Hal tersebut berarti soda api sedang bekerja untuk membersihkan benda yang menyumbat saluran air.

Biarkan soda api bekerja selama beberapa menit. Setelah itu Anda dapat menuangkan air di atas wastafel untuk memeriksa apakah penyumbatan sudah berhasil dibersihkan atau belum. Jika penyumbatan masih terjadi, ulangi cara yang sama sampai penyumbatan berhasil diatasi.

Baca juga: 3 Cara Memakai Soda Api untuk Mengatasi Saluran Air Mampet

2. Mengatasi Saluran Pembuangan yang Tersumbat

Sama halnya seperti saluran air lainnya, saluran pembuangan yang ukurannya kecil biasanya akan lebih mudah tersumbat atau mampet. Biasanya, sampah organik seperti bekas masakan akan menyumbat saluran pembuangan sehingga membuat area tersebut banjir. Akan lebih menyebalkan lagi jika saluran pembuangan tersebut sulit untuk dibersihkan.

Ketika saluran pembuangan di rumah tersumbat atau mampet, Anda bisa menggunakan fungsi soda api untuk mengatasinya. Sifat dari soda api yang korosif ini dapat melarutkan sampah organik atau benda lainnya yang menyebabkan saluran pembuangan tersumbat atau mampet.

Cara memakai soda api untuk membersihkan saluran pembuangan juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan soda api dengan air di dalam wadah yang tidak terpakai, kemudian aduk larutan tersebut hingga tercampur secara rata.

Setelah larutan tersebut tercampur rata, tuangkan larutan ke dalam saluran pembuangan yang mampet, diamkan selama beberapa saat, kemudian bilas saluran pembuangan tersebut dengan air hangat. Jika penyumbatan masih terjadi, ulangi cara yang sama sampai Anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

3. Mengatasi Saluran Toilet yang Tersumbat

Soda api juga cocok untuk mengatasi penyumbatan saluran air pada toilet. Cara memakai soda api untuk mengatasi saluran toilet tersumbat juga cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan satu cangkir soda api ke dalam mangkuk toilet.

Setelah ditaburkan, tunggu soda api hingga mengendap. Setelah beberapa saat, biasanya soda api akan berubah menjadi gelembung-gelembung. Hal ini terjadi ketika reaksi kimia alami antara air dan soda api. Pastikan gelembung-gelembung tersebut tidak keluar dari area mangkuk toilet.

Baca juga: Pilihan Merk Kloset Duduk yang Bagus

Biarkan gelembung-gelembung tersebut selama kurang lebih satu jam. Setelah itu, bilas mangkuk toilet dengan air. Jika saluran toilet masih mampet, lakukan cara yang sama dengan kuantitas soda api yang sedikit lebih banyak. Setelah itu, biarkan selama semalaman sebelum dibilas.

4. Memperlancar Aliran Air pada Talang di Rumah

Atap pada rumah Anda biasanya dilengkapi dengan talang yang berfungsi untuk mengalirkan air di atap agar tidak bocor ketika hujan. Seringkali, talang di rumah Anda ini mengalami penyumbatan karena banyak daun atau benda-benda lainnya yang sering terbawa oleh hujan atau area di sekitar atap rumah Anda.

Untuk mengatasi penyumbatan pada talang di atap rumah, Anda bisa menggunakan fungsi soda api ini. Caranya juga mudah, ikuti saja cara-cara yang sudah disampaikan di atas. Jangan lupa untuk membilas talang Anda setelah dibersihkan dengan soda api.

Baca juga: 7 Jenis Talang Air Untuk Rumah Anda

5. Memperlancar Aliran Air pada Pipa di Rumah

Terkadang, pasokan air dari sumber air di rumah Anda sering mengalami penyumbatan atau mampet. Akibatnya, suplai air bersih untuk kebutuhan sehari-hari tidak bisa didapatkan secara maksimal.

Hal tersebut biasanya terjadi karena umur pipa yang sudah tua sehingga banyak zat organik dari dalam tanah terbawa dan menyumbatnya. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memanfaatkan fungsi soda api untuk memperlancar kembali suplai aliran air di rumah.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Wastafel Mampet dengan Mudah dan Alami

2 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Menggunakan Soda Api

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Soda Api

Untuk menggunakan soda api dengan aman, Anda wajib memperhatikan dua hal di bawah ini:

1. Mengamankan Ruangan

Soda api ini merupakan bahan kimia yang menimbulkan panas ketika digunakan. Panas dari soda api ini dapat dengan mudah menyebabkan masalah ketika bertemu dengan bahan kimia yang mudah terbakar. Demi mencegahnya, usahakan ruangan yang digunakan saat pelarutan memiliki tidak tertutup dan punya ventilasi yang baik. Melakukannya di luar ruangan juga sangat bagus.

Hindarkan bahan kimia yang mudah terbakar seperti gas atau minyak dari larutan ini. Jauhkan juga anak-anak dan hewan peliharaan agar tidak ada yang terluka.

2. Menggunakan Peralatan Pelindung Lengkap

Setelah mengamankan orang-orang disekitar Anda, kini saatnya menjaga diri. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan seperti luka bakar akibat kontak kulit dengan soda api, alat pelindung diri seperti sarung tangan hingga pakaian tertutup wajib digunakan. Pastikan alat pelindung tersebut cukup tebal dan tidak rusak.

Baca juga: 7 Manfaat Soda Api bagi Rumah Tangga dan Industri

Beli Soda Api di Klopmart

Jika Anda sedang mencari soda api soda api untuk mengatasi masalah saluran mampet, maka Klopmart punya solusinya. Segera cek harga soda api untuk WC di sini untuk membersihkan saluran air di rumah yang tersumbat atau mampet. 

Klopmart merupakan solusi bahan bangunan Anda. Pesan secara online dan barang akan langsung dikirim ke alamat tujuan. Nikmati juga beragam penawaran menarik untuk Anda. Semoga penjelasan mengenai fungsi soda api ini dapat membantu ya!

Sumber artikel:

  • https://www.merdeka.com/sumut/5-fungsi-soda-api-untuk-saluran-air-tersumbat-wajib-dicoba-kln.html

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb