Ukuran Plafon Gypsum Per Lembar yang Harus Anda Ketahui

Berapa ukuran plafon gypsum? Pertanyaan ini banyak dicari karena untuk menggunakan plafon gypsum untuk rumah atau gedung sama sekali tidak boleh sembarangan. Ada perhitungan yang harus dilakukan secara tepat dan akurat agar pembelian plafon gypsum bisa pas sesuai kebutuhan. Tanpa perlu berlama-lama lagi, simak informasi selengkapnya di bawah ini bersama KlopMart.


Standar Ukuran Plafon Gypsum

Bagi yang belum tahu, standar ukuran plafon gypsum adalah 1,2 m x 2,4 m. Jadi, ukuran luas 1 papan gypsum adalah 2,88 meter persegi. 

Perlu diketahui juga bahwa ukuran umum gypsum tidak hanya 1,2 m x 2,4 m. Namun juga ada ukuran plafon gypsum 1,2 m x 0,6 m. Selain itu terdapat beberapa merek gypsum yang dapat Anda pilih sesuai keinginan. Beberapa merek gypsum yang saat ini tersedia di KlopMart sendiri ada JayaboardElephant, dan Aplus.

Masing-masing gypsum yang tersedia pada saat ini tentu memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Anda dapat memilih gypsum sesuai kebutuhan dan dari segi harga juga. Jadi Anda tetap dapat menyesuaikan kebutuhan gypsum dengan harga yang sesuai. Pembelian gypsum di KlopMart juga dapat dilakukan secara grosir. Semakin banyak jumlah gypsum yang dibeli, maka sudah pasti harga satuannya menjadi lebih murah.

Baca juga: Harga Model Plafon Gypsum Elegan

Cara Menghitung Volume Plafon Gypsum

Mari kita langsung fokus kepada cara menghitung volume plafon gypsum. Cara perhitungan dari plafon gypsum sebenarnya cukup mudah. 

Dengan data yang sudah didapatkan di atas, sekarang Anda harus menghitung luas ruangan yang akan dipasang plafon gypsum. Kita ambil contoh bahwa luas ruangan yang akan dipasang plafon gypsum seluas 20 meter persegi.

Dengan luas ruangan seperti ini, maka kebutuhan papan plafon gypsum yang mampu menutup seluruh langit-langit ruangan adalah 20 / 2,88 = 6,94 lembar papan.

Angka yang dihasilkan memang tidak bulat 100%. Namun Anda dapat membulatkannya menjadi 7 lembar papan plafon gypsum.

Cara Memasang Plafon Gypsum

Sekarang Anda sudah memahami ukuran plafon gypsum dan bagaimana cara menghitung volume gypsum. Kini waktunya mengetahui cara memasang plafon gypsum agar tidak salah.

Informasi di bawah ini dapat menjadi wawasan baru bagi Anda agar proses pemasangan yang dilakukan oleh para pekerja di rumah tidak salah. Anda dapat mengawasi pengerjaan pemasangan plafon gypsum dengan lebih optimal ketika dibarengi dengan memahami prosesnya. Berikut informasi selengkapnya.

1. Melakukan Evaluasi

Apa yang dimaksud dengan melakukan evaluasi di poin ini? Proses pemasangan plafon gypsum memang harus diawali evaluasi garis ketinggian plafon ruangan tersebut. Caranya dengan membuat empat spot di tiap sudut ruangan menggunakan alat bantu waterpass selang. Setelah itu, tarik garis lurus dari satu spot ke spot lainnya menggunakan alat bantu pensil sehingga dapat ditandai. 

2. Pemasangan Wall Angle

Wall angle merupakan penopang dari plafon yang sangat penting untuk dimiliki. Pemasangan wall angle dapat dimulai dengan meletakkannya pada garis-garis lurus yang telah dibuat pada tahap pertama. 

Kemudian dilanjutkan dengan proses memaku menggunakan paku beton berukuran 2-3 cm serta memberikan posisi jarak antar paku minimal 30 cm. Sebenarnya Anda bisa juga menggunakan sekrup yang dibor dalam pemasangan wall angle ini.

Pastikan paku/sekrup sudah kuat untuk dilanjutkan dengan pemasangan wall angle pada tiap garis panjang dahulu.

Baca juga: 8 Macam Paku yang Harus Anda Kenali

3. Melakukan Evaluasi Wall Angle

Pemasangan wall angle yang sudah dilakukan harus dievaluasi terlebih dahulu. Evaluasi jarak dari pinggiran satu bidang dinding berjarak 60 cm. Buat tanda pada setiap jarak 60 cm. Anda harus menyamakan ukuran serta tanda pada bidang dinding setiap sisi. Alasan perlu melakukan evaluasi wall angle yakni untuk pemasangan hollow.

4. Pemasangan Hollow

Memasang plafon gypsum memang tetap membutuhkan hollow. Pastikan panjang hollow sudah sesuai dengan tanda pengukuran pada tahap sebelumnya. Jika ada hollow yang lebih panjang, sebaiknya dipotong agar sesuai ukuran. Sekarang waktunya memasang hollow pada bagian wall angle dengan disekrup secara kuat. 

5. Memasang Hollow Secara Keseluruhan

Seperti yang diketahui bahwa ada berbagai tiang hollow yang dipasang dengan desain sedemikian rupa sesuai ketentuan. Pemasangan hollow pada tahap nomor empat hanya untuk bagian awal saja. Kini waktunya dilakukan pemasangan hollow di bagian atas untuk mengunci hollow bagian bawah.

Evaluasi dan pengamatan sangat penting pada tahap ini. Hollow bagian atas dapat dievaluasi dengan melihat pada arah berseberangan dengan hollow bagian bawah. Buat tanda ukuran pada dinding yang searah dengan hollow bagian atas dengan jarak antar tanda sekitar 80 cm. 

Sesuaikan hasil panjang hollow bagian atas jika ternyata panjangnya berlebihan. Anda sendiri tidak perlu khawatir karena jika memang panjangnya kurang akibat telah dipotong terlebih dahulu, tetap bisa dilakukan penyambungan pada hollow tersebut. Jika semua hollow sudah berada pada tempatnya, maka langsung lakukan penyekrupan hollow bagian bawah untuk sisi kiri, kanan, dan tengah.

Baca juga: Ukuran Besi Hollow Galvanis untuk Kebutuhan Anda

6. Membuat Gantungan Hollow Bagian Atas dan Bawah

Kini Anda masuk tahap terakhir, yaitu membuat gantungan hollow bagian atas dan bawa. Jarak dari setiap gantungan bisa diukur dari 80 cm hingga 120 cm. Anda dapat memilih ukuran jarak 80 cm jika ingin hasilnya lebih kuat. Sesuaikan poin ini sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan kawat atau hanger sebagai gantungan. Namun bisa juga memaksimalkan sisa hollow yang tidak terpakai karena lebih kuat. Jika sudah, sekrup gantungan pada bagian komponen atas ke rangka atap. Jangan sampai ada gantungan yang longgar pada bagian ini.

Sekarang tinggal melakukan pemasangan plafon gypsum dengan disekrup setiap jarak 10 cm di jalur rangka hollow atas dan bawah. Dempul plafon gypsum untuk mendapatkan tampilan lebih halus, sekaligus menyamarkan sambungan yang ada sebelum melakukan pengecatan.


Kini Anda sudah bisa mengerti proses pemilihan plafon gypsum sekaligus pemasangannya melalui informasi di atas. Membeli plafon gypsum juga sudah tidak sulit lagi karena KlopMart memiliki beragam produk terbaik. KlopMart jual gypsum terdekat dengan proses pengiriman yang cepat dan kualitas produk terbaik. Kunjungi KlopMart sekarang juga dan semoga informasi cara menghitung ukuran plafon gypsum dapat bermanfaat bagi Anda semua.

Sumber artikel: 

  • https://www.KlopMart.com/article/detail/bagaimana-cara-memasang-plafon-gypsum 
  • https://www.KlopMart.com/article/detail/cara-menghitung-volume-plafon-gypsum-langitlangit-rumah
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya