Home & Living

Cara Menghitung Volume Plafon Gypsum Langit-Langit Rumah

Media
29 Jan 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Bagaimana cara menghitung volume plafon gypsum? Pertanyaan ini banyak dicari karena plafon gypsum memang menjadi salah satu bahan material konstruksi bangunan yang paling penting. Khususnya untuk kebutuhan langit-langit di setiap ruangan rumah.

Dalam proses membangun rumah, perlu penggunaan plafon gypsum. Namun agar proses pemasangan dan penggunaan menjadi lebih mudah serta aman, maka perlu tahu cara menghitung volume bahan material ini. Alasan utamanya adalah untuk satu ruangan tidak hanya memerlukan satu lembar plafon gypsum. Sudah pasti lebih dari satu, bahkan harus dipotong jika memang tidak ada ukuran yang pas untuk satu lembar plafon.

Untuk mengetahui informasi cara menghitung volume plafon gypsum, simak penjelasannya di bawah ini. 

Mempersiapkan Seluruh Bahan Material

Plafon berhubungan dengan langit-langit ruangan hingga atap. Selain harus mempersiapkan plafon gypsum, Anda juga sebaiknya memiliki rangka plafon berupa besi hollow hingga list gypsum. Mengapa begitu? Perhitungan yang diberikan di sini akan memperkirakan seluruh kebutuhan bahan material tersebut. Jadi tidak hanya perihal plafon gypsum saja.

Dalam artikel ini, luas ruangan yang menjadi contoh perhitungan adalah 4 x 5 m = 20 meter persegi. Mari menghitung kebutuhan material keseluruhan.

Menghitung Kebutuhan Rangka Besi Hollow

Proses memasang rangka besi hollow biasanya dipilih material dengan panjang 60 cm untuk ukuran memanjang. Sedangkan untuk cross dipasang 3 baris tengah. Jadi berikut perhitungannya. 

Untuk rangka di dinding = ( 4 + 5 ) x 2 = 18 meter persegi
Jumlah Rangka per 60 cm = (5 / 0,6  ) = 8 baris. Panjang = 8 x 4 m = 32 meter persegi
Jumlah cross rangka hollow 4 x 4 cm = 3 x 5 m = 15 meter persegi

Jadi total kebutuhan rangka besi hollow adalah 18 + 32 + 15 = 65 m. Dengan panjang per batang besi hollow adalah 4 m, maka diperlukan rangka hollow sebanyak: 65 / 4 = 16,25 = 17 batang hollow.

Menghitung Kebutuhan List Gypsum

Bagaimana dengan kebutuhan list gypsum? Dengan ukuran ruangan 4 x 5 m maka diperlukan total panjang (4 + 5) x 2 = 18 meter persegi. 

Jadi Anda sudah bisa tahu berapa panjang list gypsum yang diperlukan dalam proses memasang plafon hingga lebih rapi dan indah ketika dilihat.

Cara Menghitung Volume Plafon Gypsum

Sekarang saatnya masuk ke bagian utama yaitu menghitung kebutuhan papan plafon gypsum. Cara perhitungannya cukup mudah. Ukuran standar plafon gypsum adalah 1,2 m x 1,4 m. Dengan begitu 1 papan memiliki luas 2,88 meter persegi.

Kalau luas ruangan adalah 20 meter persegi, kebutuhan papan plafon gypsum agar bisa menutup langit-langit ruangan dengan sempurna adalah 20 / 2,88 = 6,94 lembar papan. Bisa dibulatkan menjadi 7 lembar papan plafon gypsum.

Jadi itulah cara menghitung volume dari papan plafon gypsum untuk kebutuhan langit-langit rumah. Sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan menghitung kebutuhan papan plafon gypsum.

Selain itu, Anda juga sudah bisa mendapatkan produk papan plafon gypsum dengan kualitas terbaik dan terdiri dari berbagai ukuran bersama Klopmart. Ya, Klopmart hadir memberikan solusi untuk Anda. Klopmart menyediakan berbagai macam material konstruksi bangunan. Dari urusan dinding, kamar mandi, kamar tidur, hingga teras. Dengan informasi cara menghitung volume plafon gypsum yang telah diberikan di atas, kunjungi jual gypsum dari Klopmart untuk mendapatkan produk terbaik di kelasnya salah satunya gypsum jayaboard sekarang juga.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya