3 Ukuran Paku Rivet dan Cara Menggunakannya pada Konstruksi Bangunan

Mengetahui ukuran paku rivet dapat mempermudah Anda ketika sedang melakukan konstruksi sebuah bangunan. Paku rivet, atau biasa disebut paku keling, adalah jenis paku yang terbuat dari logam yang memiliki ujung yang cukup besar, sehingga sekilas terlihat seperti pedang.

Cara pemasangan dari paku rivet ini berbeda dengan jenis paku lain pada umumnya. Jika Anda ingin memasang paku rivet, Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Sebab, pemasangan jenis paku ini bersifat permanen dan sulit untuk dilepaskan lagi.

Berikut ini adalah penjelasan ukuran paku rivet serta cara memasangnya dengan benar agar Anda tidak mengalami kesalahan ketika melakukan konstruksi.

Jenis dan Ukuran Paku Rivet

Paku rivet, atau paku keling, ini biasanya digunakan sebagai material untuk menyambungkan pelat besi. Biasanya, paku rivet ini digunakan pada konstruksi bangunan seperti jembatan, ketel dan pipa bertekanan tinggi, tangki dan cerobong asap, serta pada konstruksi kendaraan seperti pesawat terbang.

Baca juga: Ukuran Paku Beton yang digunakan dalam Konstruksi

Paku rivet biasanya terbuat dari bahan seperti baja lunak, baja keras, kuningan, tembaga, atau aluminium, tergantung dari jenis sambungan dan beban yang akan diterima oleh paku rivet tersebut.


1. Jenis Paku Rivet berdasarkan Model Kepalanya

Paku rivet sendiri dapat dibagi ke dalam tiga jenis berdasarkan modelnya, antara lain:

  1. Paku rivet kepala utuh
  2. Paku rivet kepala setengah terbenam
  3. Paku rivet kepala terbenam

Selain itu, paku rivet juga dapat dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan bentuk kepalanya, antara lain:

  1. Snap head: biasanya digunakan untuk pekerjaan konstruksi
  2. Countersunk head: biasanya digunakan dalam pembuatan kapal
  3. Conical head: biasanya digunakan dalam pembuatan produk kerajinan tangan
  4. Pan head: kepala dari paku rivet jenis ini memiliki kekuatan yang lebih besar namun sukar untuk dibentuk


2. Jenis Paku Rivet berdasarkan Ukuran

Lalu, untuk ukurannya, paku rivet ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, antara lain:

  1. Structural rivet: memiliki diameter 12-45 mm
  2. Boiler rivet: memiliki diameter 12-50 mm
  3. Small rivet: memiliki diameter 2-10 mm

Selain jenis-jenis yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa jenis paku rivet yang memerlukan beberapa keahlian lebih untuk memasangnya, yaitu paku rivet jenis eksplosif dan buntu (blind rivet). Jadi, pastikan Anda mengetahui cara memasangnya sebelum menggunakannya, ya!

Baca juga: 8 Macam Paku yang Harus Anda Kenali

Cara Memasang Paku Rivet

Berikut ini adalah cara memasang paku rivet yang perlu Anda ketahui:

  1. Pertama, siapkan pelat besi yang ingin Anda sambungkan. Selanjutnya, buat lubang di pelat-pelat besi tersebut yang sesuai dengan ukuran paku rivet yang akan Anda gunakan. Sebagai catatan, akan lebih baik jika diameter lubang pada pelat besi memiliki lebar 1,5 mm lebih besar dari diameter paku rivet untuk menghindari gesekan yang berlebihan antara lubang dan paku rivet.

  2. Setelah dilubangi, kemudian Anda dapat memasukkan paku rivet ke dalam lubang di pelat tersebut. Bagian kepala paku rivet juga dimasukkan ke dalam lubang yang sama.

  3. Selanjutnya, Anda harus menekan kepala paku rivet ke bagian ekor. Agar proses ini dapat berjalan lebih baik, Anda dapat menggunakan mesin penekan khusus dengan tenaga hidrolik. Untuk paku rivet yang berukuran kecil, Anda bisa menggunakan hand riveter atau Anda juga bisa menggunakan palu.

  4. Setelah sambungan antar pelat cukup kuat, selanjutnya Anda hanya perlu memotong bagian ekor paku rivet yang tersisa. Untuk memotongnya, Anda sangat disarankan untuk menggunakan alat pemotong khusus. Penggunaan alat ini dimaksudkan agar permukaan sambungan dapat sama rata dengan permukaan pelat yang disambung. Oleh karena itu, diperlukan alat pemotong yang dapat memastikan hasil pemotongan benar-benar rapi

Demikian penjelasan mengenai ukuran paku rivet dan cara memasangnya. Jika Anda sedang melakukan konstruksi dan membutuhkan material seperti paku seng, Anda dapat menemukannya di Klopmart. Semoga penjelasan mengenai ukuran paku rivet ini dapat membantu Anda, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya