Besi Bangunan

Daftar Tabel Ukuran Plat Besi untuk Kebutuhan Konstruksi

Media
27 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pemilihan ukuran plat besi yang tepat bisa membawa dampak positif pada pembangunan. Layaknya material lainnya, plat besi juga memiliki ukuran panjang dan berat yang bervariasi. Ukuran dan pemasangan plat besi yang tepat tentu akan membuat bangunan jadi lebih stabil dan tidak mudah goyah.

 

Sebelum membeli plat besi, pastikan kita paham dengan ukuran dan kegunaannya agar tidak digunakan dengan salah.

Apa Itu Plat Besi?

Sesuai namanya, plat besi adalah material bangunan yang berbentuk plat atau lembaran dan terbuat dari besi. Material ini dirancang untuk membuat konstruksi bangunan semakin kokoh dan kuat, terutama jika permukaan bangunan tersebut tidak rata. Plat besi lebih umum digunakan pada konstruksi rumah atau bangunan bertingkat agar tetap kuat menopang beban di atasnya.

 

Baca Juga: Cara Mengetahui Ukuran Besi Untuk Tiang Rumah 2 Lantai

 

Ada pula plat besi yang memiliki tiang patok kecil di tengahnya. Plat besi seperti ini dibuat agar bisa menahan tiang-tiang yang berdiri agar tidak terperosok ke tanah. Alhasil, struktur bangunan pun tetap terjaga sehingga tidak terlihat roboh dengan adanya plat besi bertiang ini.


 

Banyak sekali variasi ukuran plat besi yang dijual di pasaran, yang mencakup lebar, ketebalan, dan beratnya. Jadi, penting sekali untuk mengetahui spesifikasi ukuran plat besi yang dibutuhkan agar tidak salah beli.

 

Baca Juga: Cara Menghitung Berat Plat Besi Sesuai Kebutuhan Anda

 

Tidak hanya ukuran, jenis besi yang digunakan juga bervariasi, mulai dari galvanis, bordes, galvanil, dan plat besi hitam. Perbedaan jenis besi dalam platnya berpengaruh pula pada harga dan ketahanannya saat digunakan sebagai konstruksi bangunan.

Apa Saja Variasi Ukuran Plat Besi?

Perbedaan ukuran yang paling mencolok di antara plat besi adalah ketebalannya. Pada umumnya, plat besi memiliki ukuran panjang dan lebar yang sama, yakni 122 cm x 244 cm. Anda cukup memilih ukuran ketebalan plat besi yang dibutuhkan serta jenisnya. Sebagai informasi, tiap jenis plat besi memiliki variasi ketebalan yang berbeda, jadi sebisa mungkin Anda harus mempertimbangkan kedua indikator tersebut.

 

Berikut ini adalah informasi daftar ukuran plat besi yang tersedia di pasaran sesuai dengan jenis besinya:

 

No.

Tipe

Ketebalan

1

Plat Besi Galvanis 

122 cm x 244 cm

1 mm

2

1.2 mm

3

1.5 mm

4

2 mm

5

Plat Besi Galvanil

122 cm x 244 cm

0.7 mm

6

0.8 mm

7

0.9 mm

8

1 mm

9

1.2 mm

10

Plat Besi Bordes

122 cm x 244 cm

2 mm

11

2.1 mm

12

2.3 mm

13

3 mm

14

Plat Besi Hitam

122 cm x 244 cm

1 mm

15

1.2 mm

16

2 mm

17

2.3 mm

18

2.5 mm

19

3 mm

20

4 mm

21

5 mm

22

6 mm

23

8 mm

24

10 mm

25

12 mm

 

Selain jenis plat besi di atas, ada pula base plate scaffolding yang hanya tersedia di Klopmart. Keunggulan base plate ini dibandingkan plat besi biasa adalah material ini memiliki fitur tiang patok kecil di tengahnya. Tiang patok ini berguna pula sebagai tumpuan agar tiang yang didirikan tidak terperosok di tanah sekaligus menopang tiang tersebut. Rumah bertingkat pun semakin kokoh dengan menggunakan base plate scaffolding dari Klopmart ini. Segera dapatkan produknya hanya di Klopmart, toko bangunan online terpercaya.


 

Setelah mengetahui ukuran plat besi di atas dan jenisnya, mana yang Anda pilih untuk membangun rumah?

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya