Cara Menghitung Berat Plat Besi Sesuai Kebutuhan Anda

Dalam cara menghitung berat plat besi yang dibutuhkan, akan diperlukan perhitungan yang tepat. Tujuannya adalah untuk bisa menghasilkan bangunan yang baik dan juga alokasi budget yang tepat sasaran. Material satu ini tentu sangat penting dan juga krusial. Mulai dari proyek rumahan hingga industri membutuhkan material ini. Walaupun tipis, daya tahan dari plat besi ini sangatlah baik. Nah, untuk menghitung berat plat besi yang diperlukan, Anda bisa mengetahuinya melalui informasi yang ada di bawah ini

Plat besi merupakan sebuah besi yang berbentuk lembaran dengan permukaan yang rata. Untuk ukuran standarnya, kisaran yang sering dijumpai adalah  4 x 8 feet dan tebal plat besi yang dimulai dari 0.6 mm sampai 50 mm. Standar ukuran besi dalam SNI akan mentolerir ukuran yang kurang lebih 0.1 mm. Selain sebagai bahan konstruksi, plat besi ini juga digunakan untuk pembuatan alat transportasi. Karena bentuknya yang seperti lembaran, plat besi ini akan mudah untuk dibentuk.
 

Berbagai Jenis Plat Besi

Secara umum, ada beberapa jenis plat yang sering diaplikasikan dalam konstruksi atau fabrikasi. antara lain :
 

1. Plat Hitam

Memiliki ukuran plat besi per lembar yakni 122 cm x 124 cm, setara dengan 4 x 8 feet. Lalu memiliki tebal sekitar 1,2 mm hingga 200 mm.
 

2. Plat Kembang 

Memiliki penampang atau permukaannya yang bertekstur. Material ini memiliki nama lain yakni plat lantai atau plat berlian. Untuk jenis ini ukuran plat besi lembaran adalah sekitar 1,2 m x 2,4 m. Dengan tebal plat besi tipis yang sangat beragam dan bervariasi.
 

3. Plat Kapal

Menjadi bahan pembuatan atau instalasi kapal dan material konstruksi serta fabrikasi. Tak hanya itu, plat ini juga dipakai untuk pembuatan sebuah tangki dan lain-lain. Panjang dan lebarnya lebih relatif. Ukuran panjangnya berkisar 6.000 mm, yang mana mempunyai dua ukuran lebar yang berbeda yakni 1.800 mm dan 1.500 mm.
 

4. Plat Strip

Memiliki panjang 6 m dan lebarnya mulai dari 19 mm bahkan hingga 200 mm. Sedangkan untuk tebal plat besi ini kurang lebih antara 3 mm sampai dengan 12 mm.
 

5. Plat Bordes

Sama dengan plat kembang, terdapat tekstur pada permukaannya. Sehingga mengurangi adanya resiko terpeleset.

Baca juga: Cara Sederhana Menghitung Kebutuhan Besi
 

Cara Menghitung Berat Plat Besi

Untuk menghitungnya, beberapa rumus berikut ini akan bisa membantu Anda.

Type 6 ft x 3 ft = 13,13 x tebal (mm) = berat (kg)
Type 8 ft x 4 ft = 23,33 x tebal (mm) = berat (kg)
Type 20 ft x 5 ft = 72,88 x tebal (mm) = berat (kg)
Type 20 ft x 6 ft = 87,44 x tebal (mm) = berat (kg)

Sesuaikan dengan tipe mana yang digunakan pada kegiatan pembangunan Anda. Maka Anda akan bisa mendapatkan seberapa berat yang dibutuhkan untuk kegiatan konstruksi.

Nah itulah dia cara yang bisa digunakan dalam menghitung berat plat besi yang dibutuhkan. Dengan begitu, perencanaan akan bisa dibuat dengan lebih baik dan menghasilkan bangunan yang aman, kokoh, dan juga berkualitas.

Setelah mengetahui cara cara menghitung berat plat besi, maka saatnya Anda tahu harga besi beton polos di  Klopmart yang tentu saja berkualitas namun terjangkau. Kunjungi website kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: Cara Menentukan Diameter Besi Tulangan dengan Akurat


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Agu 2021

Related Article