Ukuran Paku Beton yang digunakan dalam Dunia Konstruksi

Jika Anda sedang melakukan konstruksi pembangunan, ada baiknya jika Anda mengetahui ukuran paku beton terlebih dahulu. Paku beton sendiri merupakan salah satu jenis paku yang paling sering digunakan di segala jenis konstruksi modern.

Paku beton memiliki beberapa ukuran. Berapa saja ukuran tersebut? Yuk simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Mengenal Paku Beton

Paku biasanya digunakan untuk merekatkan material berbahan dasar kayu, seperti papan kayu atau triplek. Untuk bahan yang lebih keras dari kayu, seperti dinding atau pelat logam, ada jenis paku khusus yang biasa digunakan yaitu paku beton.

Paku jenis ini terbuat dari baja, oleh karena itu paku jenis ini menjadi pilihan utama sebagai perekat untuk material yang memiliki bahan dasar yang keras seperti pelat logam, tembok, dan lain sebagainya.

Paku beton dikenal dengan banyak istilah. Di Kalimantan terdapat kayu ulin yang sangat keras dan hanya bisa ditembus dengan paku beton. Karena itulah di Kalimantan paku ini disebut paku kayu ulin. Di beberapa tempat lain, paku beton biasa digunakan untuk membantu proses pengecoran bangunan. Oleh karena itu, ini juga dikenal sebagai paku cor.

Harga paku beton tentunya lebih mahal dari paku biasa yang digunakan untuk kayu karena memiliki kekuatan yang lebih baik.

Baca juga: 8 Macam Paku yang Harus Anda Kenali

Ukuran Paku Beton

Secara umum, paku beton dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu paku beton putih dan paku beton hitam. Keduanya memiliki perbedaan ukuran dan fungsi.

1. Ukuran Paku Beton Putih

Paku beton putih biasanya digunakan pada dinding. Jika Anda ingin meletakkan pernak pernik seperti foto keluarga atau lukisan di dinding, Anda dapat menggunakan paku beton putih ini untuk membuat gantungannya. Paku ini juga dapat digunakan untuk menempelkan kawat ke dinding.


Bahan dasar dari paku beton putih ini terbuat dari baja yang sangat kuat sehingga mampu menembus dinding beton yang keras. Warnanya juga mengkilat dan tidak mudah berkarat. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir saat memasang lukisan di dinding gypsum, paku beton putih ini juga aman untuk menembus dinding gypsum.

Di pasaran, Anda dapat menemukan paku beton putih ini dijual dengan ukuran mulai dari 2,5 cm hingga 12,5 cm. Anda dapat memilih ukuran dari jenis paku ini sesuai dengan kebutuhan konstruksi yang sedang dilakukan.

Baca juga: 3 Jenis Konstruksi Tangga Melayang Untuk Menghiasi Rumah Anda

2. Ukuran Paku Beton Hitam

Paku beton hitam sebenarnya memiliki kegunaan yang sama dengan paku putih. Bahannya juga terbuat dari baja yang kuat dan tidak mudah bengkok. Jadi, Anda bisa mengaplikasikan paku beton hitam ini untuk dinding atau tembok yang sangat keras. Namun jika dibandingkan dengan paku beton putih, paku beton hitam ini memiliki kekuatan yang lebih kecil. Biasanya, paku beton hitam digunakan untuk menempelkan kawat ke dinding.


Selain itu, orang-orang juga jarang menggunakan paku beton hitam untuk dijadikan sebagai gantungan pernak pernik seperti lukisan atau foto keluarga di dinding. Oleh karena itu, panjang dari paku beton hitam yang dijual di pasaran hanya berkisar antara 3 cm, 5 cm, dan 7 cm saja. Harga dari paku beton hitam ini juga relatif lebih murah jika dibandingkan dengan paku beton putih.

Baca juga: Apa Itu Paku Bumi? Pahami Fungsi dan Kegunaannya dalam Konstruksi

Nah, jika Anda sedang mencari paku beton putih untuk konstruksi yang sedang dijalankan, Anda dapat menemukannya di Klopmart. Anda dapat memesannya secara online dan barang yang dipesan akan langsung diantar ke alamat yang Anda pilih. Semoga penjelasan mengenai ukuran paku beton pada artikel ini dapat membantu Anda, ya!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya