Mengenal Fungsi Pipa PVC dan Jenis-Jenisnya

Fungsi pipa PVC sangat beragam, dari mulai untuk sistem pembuangan, sampai untuk sistem ledeng atau saluran air. Penggunaan pipa PVC untuk bangunan tempat tinggal khususnya di Indonesia sangat tinggi. Penggunaan pipa PVC yang sangat tinggi ini juga sangat memudahkan kita sebagai konsumen untuk menemukan pipa PVC di pasaran.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai apa itu fungsi pipa PVC, jenis-jenis dari pipa PVC itu sendiri, dan tips membeli pipa PVC agar Anda tidak salah membeli.

Apa Fungsi Pipa PVC Sesuai dengan Jenisnya?

Pipa PVC adalah pipa dengan bahan dasar resin multifungsi PVC (Polyvinyl Chloride), jenis pipa ini dapat digunakan untuk mengalirkan air bersih, saluran udara, dan dapat digunakan untuk pipa pembuangan kotoran atau limbah.

Ada beberapa jenis PVC yang beredar di pasaran di Indonesia, yaitu kelas AW, D, dan C. Setiap jenis dari pipa PVC memiliki fungsi yang berbeda-beda. Berikut adalah fungsi pipa PVC sesuai dengan jenisnya:

1. Pipa PVC Kelas AW

Pipa PVC kelas AW bisa digunakan untuk mengalirkan air bertekanan hingga 10 kg per cm2. Pipa dengan kelas ini memiliki dinding yang tebal agar kuat untuk menahan tekanan air tersebut.

Selain itu, pipa PVC kelas AW juga dapat digunakan untuk mengalirkan air dari pompa atau untuk saluran air bersih yang bertekanan sehingga dapat terdistribusi dengan baik ke seluruh unit ledeng dalam suatu gedung.

Baca Juga: Standarisasi Pipa Air

2. Pipa PVC Kelas D

Pipa PVC Kelas D biasanya digunakan untuk mengalirkan air limbah yang tidak bertekanan, misalnya untuk mengalirkan air dari wastafel kamar mandi, dari wastafel dapur, dari water closet, dan masih banyak aplikasi lainnya yang tidak memerlukan tekanan untuk mengalirkan air di dalam pipa.

Pipa PVC kelas D mampu menahan tekanan hingga 5 kg per cm2. Karena ketebalan dan ketahanannya yang lebih kecil, harga pipa ini juga lebih murah dibandingkan pipa PVC kelas AW. Seperti yang disebut di atas, umumnya pipa jenis ini digunakan sebagai saluran pembuangan air rumah tangga.

3. Pipa PVC Kelas C

Pipa PVC kelas C adalah jenis pipa PVC dengan ketebalan paling tipis. Pipa ini dapat digunakan sebagai saluran pembuangan air rumah tangga, namun biasanya lebih sering digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Harganya juga lebih murah dari dua jenis pipa PVC sebelumnya.

Baca Juga: Hal-hal yang Mempengaruhi Perbedaan Harga Paralon Air

Tips Membeli Pipa PVC Yang Sesuai Dengan Kebutuhan

Perbedaan ketebalan dinding dari pipa PVC berfungsi untuk membedakan fungsi dari ketiga kelas pipa tersebut, hal ini dimaksudkan agar konsumen bisa tepat dalam memilih pipa sesuai dengan kebutuhannya.

Sebagai contoh, kita tidak perlu membeli pipa PVC dengan dinding yang tebal (kelas AW) untuk mengalirkan air pembuangan dari dapur karena kita cukup menggunakan kelas D agar tidak overspec ataupun over budget pada penggunaan pipa PVC di bangunan anda.

Selain itu, pipa PVC juga memiliki ukuran yang berbeda sesuai dengan kelasnya. Maka dari itu, sebelum Anda membeli pipa PVC, Anda harus mengetahui ukuran dari pipa PVC terlebih dahulu agar tidak salah membeli. Sedangkan untuk pipa PVC kelas C, sebaiknya hanya digunakan sebagai pelindung kabel listrik.

Jika Anda sedang mencari agen pipa PVC Rucika, Anda bisa membelinya di Klopmart. Tidak perlu mengantre, Anda bisa berbelanja secara online dan barang akan langsung dikirimkan ke lokasi yang ditentukan. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi website Klopmart. Semoga artikel tentang fungsi pipa PVC sesuai dengan jenisnya ini dapat membantu.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya