Awas Tertipu, Pahami 6 Perbedaan Cat Waterproof Asli dan Palsu

Pemilihan cat yang tepat sangat penting untuk memastikan tembok atau dinding rumah Anda tetap terlindungi dari kelembapan dan kerusakan akibat air. Salah satu jenis cat yang digunakan untuk tujuan ini adalah cat waterproof. Apakah Anda tahu perbedaan cat waterproof asli dan palsu?

Makin meningkatnya permintaan akan cat waterproof, munculnya produk palsu di pasaran juga makin sering terjadi. Sebab itu, penting untuk memahami perbedaan antara cat waterproof asli dan palsu agar dinding rumah Anda terlindungi dengan optimal. Yuk simak di bawah ini cara membedakannya. 

Bagaimana Cara Membedakan Cat Waterproof Asli dan Palsu? 


Cat waterproof merupakan salah satu jenis cat yang sering digunakan untuk melindungi tembok atau dinding rumah dari kerusakan akibat air atau kelembaban. Namun, memilih cat waterproof yang asli dapat menjadi tantangan tersendiri, terutama jika Anda tidak terlalu paham mengenai produk cat. 

Salah satu masalah yang sering terjadi adalah adanya produk cat waterproof palsu yang dijual dengan harga yang lebih murah. Kalau begitu, simak perbedaan cat waterproof asli dan palsu berikut ini. 

1. Warna Tidak Sesuai dengan Kemasan

Perbedaan antara cat waterproof asli dan palsu dapat dilihat melalui warna yang terdapat pada kemasannya. Pada umumnya, cat waterproof asli memiliki warna yang sangat cocok dengan yang tertera pada kemasannya. 

Namun, produk palsu seringkali memiliki warna yang tidak sama persis dengan yang tercantum di kemasan. Bahkan, beberapa produk palsu seringkali memiliki warna yang sangat berbeda dari yang diharapkan. Jadi, mulai saat ini penting bagi Anda mengecek warna kemasan dengan warna cat sebelum menggunakannya. 

2. Aroma Tidak Sedap

Cat waterproof asli memiliki aroma khas yang umumnya cukup lembut, sedangkan produk palsu cenderung memiliki aroma yang sangat tajam dan tidak sedap. Jika Anda mencium aroma yang sangat menyengat ketika membuka kemasan cat, maka besar kemungkinan cat tersebut adalah produk palsu. 

Namun, perlu diingat bahwa aroma yang kurang sedap tidak selalu menjadi tanda pasti cat tersebut palsu. Beberapa jenis cat mungkin memiliki aroma yang tidak begitu enak, namun tetap asli dan berkualitas baik. Sebaiknya Anda juga memperhatikan tanda-tanda lainnya untuk memastikan keaslian cat waterproof yang Anda beli.

Baca juga: Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Berair dengan Tepat

3. Terasa Lengket

Cat waterproof asli biasanya memiliki tekstur yang lembut dan mudah diaplikasikan pada permukaan tembok. Namun, produk palsu cenderung terasa lengket dan tidak mudah diaplikasikan. Jika cat yang digunakan terasa lengket, kemungkinan besar itu adalah produk palsu. Begitu pun ketika cat tersebut terasa sulit diaplikasikan, bisa jadi cat tersebut produk palsu. 

4. Karakteristik Tampak Encer

Perbedaan lain antara cat waterproof asli dan palsu dapat Anda pastikan melalui karakteristiknya yang tampak encer. Produk palsu seringkali memiliki tekstur yang terlalu cair dan encer, sehingga sulit untuk menutupi tembok secara merata. Sebaliknya, cat waterproof asli cenderung memiliki tekstur yang lebih kental, sehingga mudah untuk menutupi permukaan tembok dengan rata.

5. Tidak Menutupi Tembok dengan Rata

Selain karakteristik yang encer, cat waterproof palsu juga tidak mampu menutupi tembok secara rata. Produk palsu cenderung tidak menyebar dengan baik pada permukaan tembok, sehingga meninggalkan jejak atau noda yang tidak merata. Sedangkan, cat waterproof asli mampu menyebar dengan baik dan merata pada permukaan tembok.

6. Harga yang Terlalu Murah

Perbedaan penting yang perlu Anda perhatikan antara cat waterproof asli dan palsu adalah harga. Produk palsu biasanya ditawarkan dengan harga yang terlalu murah dibandingkan dengan harga pasar. 

Ini mungkin terlihat menguntungkan pada awalnya, namun pada akhirnya Anda justru akan merasa dirugikan, karena produk palsu tidak akan memberikan hasil yang memuaskan. Lebih baik mengeluarkan budget yang lebih besar demi dinding rumah Anda yang lebih nyaman. 

Jadi, Sudah Tahu kan Perbedaan Cat Waterproof Asli dan Palsu?


Membeli cat waterproof asli memang akan mengeluarkan biaya yang lebih besar dibandingkan dengan produk palsu. Namun, keamanan dan perlindungan yang diberikan cat waterproof asli sangat penting untuk menjaga keawetan dan keindahan tembok atau dinding rumah Anda. 

Jadi, selalu pastikan untuk membeli produk cat waterproof yang asli dari toko yang tepercaya dan memiliki reputasi baik. Anda bisa membeli cat untuk dinding rumah Anda di Klopmart, toko yang menyediakan bahan bangunan berkualitas tinggi. 

Untuk memastikan cat yang Anda beli adalah produk asli, selalu periksa kemasannya dan pastikan warna dan aroma sesuai dengan yang tertera pada kemasan. Periksa juga tekstur cat yang akan digunakan dan pastikan cat tersebut mudah diaplikasikan dan mampu menutupi tembok dengan rata. 

Dalam memilih cat waterproof asli, pastikan juga cat yang Anda pilih sesuai dengan jenis permukaan tembok atau dinding yang akan diberi lapisan cat. Pastikan juga cat tersebut memiliki sertifikasi dan standar kualitas yang sesuai dengan standar nasional. Jangan ragu untuk bertanya kepada ahli atau Klpmart untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap mengenai produk cat waterproof yang akan Anda beli.

Jadi, memilih cat waterproof asli sangat penting untuk menjaga keawetan dan keindahan tembok atau dinding rumah Anda. Perbedaan cat waterproof asli dan palsu dapat dilihat dari warna, aroma, tekstur, kemampuan menutupi tembok dengan rata, serta harga yang ditawarkan. 

Baca juga: Berbagai Pilihan Cat Waterproof Terbaik Untuk Rumah Anda

Selalu pastikan untuk membeli produk cat waterproof yang asli dari toko  yang tepercaya seperti Klopmart untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal pada tembok atau dinding rumah Anda. Harga cat tembok di Klopmart juga cukup terjangkau dengan hasil yang tentunya optimal. 

Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi Klopmart sekarang dan pastikan dinding rumah Anda terlindungi dengan baik. 


Sumber rujukan:

  • https://thefreewarejunkie.com/bedanya-cat-waterproof-asli-dan-palsu/ 
  • https://www.qhomemart.com/blog/cat-waterproof-palsu/ 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya