Atap & Lantai

7 Cara Merawat Dinding Kayu Agar Lebih Awet!

Media
27 Des 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Rumah dengan material kayu memberikan nuansa alami serta memberikan kesan elegan, nyaman dan suasana kehangatan pada ruangan. Dinding material kayu umumnya ditemukan pada rumah tradisional bukan hanya sebagai lantai atau dinding saja tetapi material kayu digunakan sebagai struktur rumah.

Saat ini tidak hanya rumah tradisional yang menggunakan material kayu ini, tetapi sudah banyak digunakan pada rumah gaya modern, gaya minimalis, dan gaya klasik. Penggunaan material kayu pada dinding rumah gaya modern, gaya minimalis, dan gaya klasik dapat digunakan sebagai bentuk dekorasi dalam sebuah ruangan.

8 Cara Merawat Dinding Kayu Agar Lebih Tahan Lama

Kayu memiliki beberapa kelemahan antara lain, karena paparan sinar matahari dan hujan, mudah terserang rayap, mudah ditumbuhi jamur dalam kondisi lembap, mudah terbakar, mudah berubah warna, dan perubahan cuaca bisa mengubah struktur kayu sehingga mengembang ataupun menyusut.Berikut adalah langkah-langkah dalam menjaga keawetan rumah berbahan kayu.

Baca Juga: Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Bagus 

 1. Membersihkan Debu yang Menempel

Bersihkan debu yang menempel pada dinding kayu dari debu secara rutin. Bersihkan juga sudut dinding kayu dari debu dan sarang laba-laba. Gunakan alat pembersih yang lembut seperti kemoceng, lap atau serbet yang kering.

 2. Memastikan Permukaan Kayu Kering

Pastikan permukaan dinding kayu selalu kering. Jika terkena percikan air ataupun kotoran, segera dibersihkan dan dikeringkan dengan lap bersih agar air atau kotoran tersebut tidak menempel dan membekas.

 3. Hindari Goresan

Hindarilah goresan pada dinding kayu dengan memasang paku secara hati-hati agar tidak meninggalkan bekas atau lubang yang mencolok. Pastikan untuk mengatur posisi paku dengan teliti dan menggunakan alat yang tepat guna menghindari kerusakan pada permukaan kayu yang dapat mengganggu tampilannya. Dengan cara ini, Anda dapat menjaga keindahan dan kualitas dinding kayu tanpa merusaknya.

 4. Bersihkan Jamur yang Melekat

Pastikan untuk menghindari goresan pada dinding kayu dengan pemasangan paku yang hati-hati agar tidak meninggalkan bekas atau lubang yang mencolok. Selain itu, jika dinding kayu ditumbuhi jamur, segera bersihkan dengan cairan disinfektan agar pertumbuhan jamur dapat dihentikan. Penting untuk memperhatikan kebersihan dan pemeliharaan dinding kayu agar tetap terjaga keindahannya tanpa adanya kerusakan yang dapat mengganggu. Dengan tindakan preventif yang tepat, Anda dapat memastikan dinding kayu tetap terawat dengan baik.

 5. Lakukan Pemolesan Dinding Kayu Berkala

Untuk menjaga kelembapan dinding kayu dan membuat kayu mengkilap secara alami, lakukan pemolesan dinding kayu secara berkala, paling tidak 1x seminggu. Siapkan perlengkapannya antara lain furntiture polish dan 2 buah lap kering dan bersih. Semprotkan furniture polish secara merata pada permukaan lap yang pertama lalu mulailah mengelap permukaan kayu secara beraturan dan tumpang-tindih baik dari kanan ke kiri, atau dari atas ke bawah, atau dari dalam menuju keluar. Usahakan mengelap serarah dengan serat kayu. Setelah pemolesan selesai, gunakan lap yang kedua untuk melakukan pengelapan terakhir dengan cara mengelap seperti sebelumnya.

 6. Memberikan Obat Anti Rayap

Mengatasi rayap pada dinding kayu dengan cara memberikan obat anti rayap pada permukaan dinding kayu dan khususnya pada bagian yang sudah terserang rayap tersebut. Apabila dinding kayu sudah terkena rayap periksalah apakah kondisi kayu masih kuat. Segeralah diganti jika kondisi kayu sudah cukup parah segeralah diganti.

 7. Melakukan Coating

Apabila dinding berbahan kayu mulai terlihat kusam dan susah untuk dibersihkan, kita dapat melakukan coating ulang dengan bantuan tenaga profesional untuk menghindari kerusakan pada kayu secara menyeluruh.

Baca Juga: 6 Jenis Kayu Ringan dan Kuat yang Cocok untuk Furniture!

Lakukanlah perawatan rutin dan berkala pada dinding material kayu di rumah agar dinding kayu awet, bersih, mengkilap, dan tidak kusam.

Dari beberapa cara efektif merawat dinding kayu agar lebih awet, perlu perhatian khusus dalam pemilihan produk perawatan yang tepat. Temukan solusi perlindungan yang optimal untuk dinding kayu Anda dengan produk cat kayu berkualitas dari KlopMart. Dengan formula yang dirancang khusus untuk melindungi dan mempertahankan keindahan kayu, produk cat kami memastikan tahan lama dan tampilan yang menawan.

Segera dapatkan perlindungan terbaik untuk dinding kayu Anda, kunjungi KlopMart sekarang dan wujudkan dinding kayu yang awet dan indah lebih lama!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya