MERAWAT DINDING KAYU

Rumah dengan material kayu memberikan nuansa alami serta memberikan kesan elegan, nyaman dan suasana kehangatan pada ruangan. Dinding material kayu umumnya ditemukan pada rumah tradisional bukan hanya sebagai dinding saja tetapi material kayu digunakan sebagai struktur rumah (tiang, lantai, dinding, plafon, rangka atap, kusen, dan lainnya). Saat ini tidak hanya rumah tradisional yang menggunakan material kayu ini, tetapi sudah banyak digunakan pada rumah gaya modern, gaya minimalis, dan gaya klasik. Penggunaan material kayu pada dinding rumah gaya modern, gaya minimalis, dan gaya klasik dapat digunakan sebagai bentuk dekorasi dalam sebuah ruangan.

 

Tentu kita mengetahui bahwa dinding sebagai salah satu bagian utama sekaligus interior penting dari sebuah rumah perlu dirawat. Begitu juga dengan dinding material kayu perlu perawatan khusus agar tetap awet, bersih, dan mengkilap. Perawatan dinding material kayu perlu dilakukan karena material kayu memiliki beberapa kelemahan antara lain mudah lapuk karena paparan sinar matahari dan hujan, mudah terserang rayap, mudah ditumbuhi jamur dalam kondisi lembap, mudah terbakar, mudah berubah warna, dan perubahan cuaca bisa mengubah struktur kayu sehingga mengembang ataupun menyusut.

 

Berikut ini beberapa tips, dikumpulkan dari berbagai sumber, yang dapat membantu kita melakukan perawatan dinding kayu secara rutin dan berkala:

 

  • Bersihkan debu yang menempel pada dinding kayu dari debu secara rutin. Bersihkan juga sudut dinding kayu dari debu dan sarang laba-laba. Gunakan alat pembersih yang lembut seperti kemoceng, lap atau serbet yang kering.

 

  • Pastikan permukaan dinding kayu selalu kering. Jika terkena percikan air ataupun kotoran, segera dibersihkan dan dikeringkan dengan lap bersih agar air atau kotoran tersebut tidak menempel dan membekas.

 

  • Hindari dari goresan dan juga memasang paku pada dinding kayu agar tidak membekas dan berlubang.

 

  • Jika dinding kayu ditumbuhi jamur, segera dibersihkan dengan cairan disinfektan sehingga jamur tidak tumbuh lagi.

 

  • Untuk menjaga kelembapan dinding kayu dan membuat kayu mengkilap secara alami, lakukan pemolesan dinding kayu secara berkala, paling tidak 1x seminggu. Siapkan perlengkapannya antara lain furntiture polish dan 2 buah lap kering dan bersih. Semprotkan furniture polish secara merata pada permukaan lap yang pertama lalu mulailah mengelap permukaan kayu secara beraturan dan tumpang-tindih baik dari kanan ke kiri, atau dari atas ke bawah, atau dari dalam menuju keluar. Usahakan mengelap serarah dengan serat kayu. Setelah pemolesan selesai, gunakan lap yang kedua untuk melakukan pengelapan terakhir dengan cara mengelap seperti sebelumnya.

 

  • Mengatasi rayap pada dinding kayu dengan cara memberikan obat anti rayap pada permukaan dinding kayu dan khususnya pada bagian yang sudah terserang rayap tersebut. Apabila dinding kayu sudah terkena rayap periksalah apakah kondisi kayu masih kuat. Segeralah diganti jika kondisi kayu sudah cukup parah segeralah diganti.

 

  • Apabila dinding berbahan kayu mulai terlihat kusam dan susah untuk dibersihkan, kita dapat melakukan coating ulang dengan bantuan tenaga profesional untuk menghindari kerusakan pada kayu secara menyeluruh.

 

Lakukanlah perawatan rutin dan berkala pada dinding material kayu di rumah agar dinding kayu awet, bersih, mengkilap, dan tidak kusam. 


Cek harga klik disini

Related Article