Tips & Trik

Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Lebih Bagus dan Tahan Lama

Media
15 Okt 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mengecat furnitur rumah adalah hal yang sebenarnya terlihat sepele, namun di sisi lain cukup sulit untuk dilakukan. Khususnya untuk furnitur yang terbuat dari bahan kayu. Ada beberapa cara mengecat kayu yang dapat Anda perhatikan agar terlihat baik dan sempurna hasilnya. Mulai dari pemilihan cat, pengaplikasian, hingga tahap akhir dan perawatan.


Cara Mengecat Kayu yang Baik dan Benar

Berikut ini cara mengecat kayu yang benar dari awal:

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama yang harus Anda perhatikan adalah alat dan bahan mengecat yang ingin digunakan. Alat dan bahan mengecat tersebut antara lain seperti:

  • bak cat,
  • kaleng air, 
  • lakban,
  • koran atau kain,
  • gerinda atau amplas, dan
  • dempul.

Beberapa peralatan lainnya yang perlu Anda persiapkan adalah sapu untuk menghilangkan debu-debunya. Lalu, pilihlah cat yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk pula untuk kuas yang akan digunakan, pilihlah yang nyaman agar mempermudah proses pengecatan nantinya. Sediakan minimal 2 kuas atau sesuai kebutuhan.

Dengan mempersiapkan peralatan ini sedari awal, Anda dapat menghemat waktu dan tenaga agar tidak perlu repot dan bolak-balik mencari alat-alat tersebut satu per satu.

Siapkan juga sarung tangan, kacamata dan masker untuk melindungi tubuh Anda dari bahan-bahan kimia yang terkandung di dalam cat.

2. Menutup Bagain yang Tidak Dicat

Agar mendapatkan hasil yang bagus, dalam cara mengecat kayu Anda perlu mempersiapkan langkah dasarnya terlebih dahulu. Misalnya saja, jika Anda ingin melakukan pengecatan di dalam ruangan, pastikanlah sekitar furnitur sudah tertutupi oleh kain atau penutup lainnya. Tujuannya agar tidak terkena cat kayu yang digunakan.

3. Memastikan Kayu Kering dan Bersih

Anda dapat mengecat kayu dengan baik hanya jika bagian kayu tersebut telah kering dan bersih permukaannya.

Apabila masih basah, Anda dapat menjemurnya di bawah sinar matahari terlebih dahulu. Pastikan permukaan kayu kering dan bersih, setelah itu Anda bisa melanjutkan cara mengecat kayu yang selanjutnya.

4. Meratakan Bagian Kayu

Cara mengecat kayu selanjutnya adalah melakukan gerinda pada bagian kayu yang ingin di cat. Memang, proses menggerinda cukup sulit dilakukan dan harus dilakukan oleh para ahli agar hasilnya makin merata, halus, dan rapi.

Proses menggerinda pada bagian kayu dilakukan agar lebih mudah dalam proses pengecatan. Terlebih lagi ketika memberikan pewarnaan cat dasar nantinya.

Bila tidak menggunakan gerinda, alternatifnya adalah Anda dapat menggunakan kertas amplas. Gunakanlah gunakan amplas alumunium oxide dengan yang tebal agar cat yang lama dapat mengelupas dengan sempurna.

Baca juga: Jenis Mata Gerinda dan Fungsinya

5. Menggunakan Cat Dasar

Menggunakan cat dasar merupakan cara mengecat kayu yang benar berikutnya. Pada umumnya, banyak orang yang tidak memperhatikan penggunaan cat dasar untuk pengecatan kayu atau furnitur rumah. Akan tetapi, bila menginginkan hasil maksimal, ada baiknya Anda gunakan cat dasar ini, terutama bila Anda ingin mengubah warna cat sebelumnya. Cat dasar yang dapat Anda pilih misalnya adalah warna putih.

Baca juga: Berbagai Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu

6. Mengecat Kayu dengan Cat Utama

Kemudian, untuk cat utamanya, Anda bisa memilih cat dengan bahan dasar air atau minyak. Namun, kedua jenis cat ini juga tergantung pada jenis kayunya. Sebaiknya Anda perlu mencari tahu cat yang tepat untuk kayu yang digunakan agar hasilnya semakin baik.

Kalau memilih cat kayu (water based) berbahan dasar air maka pengencernya adalah tentu saja air sedangkan pengencer cat kayu berbahan dasar minyak (solvent based) adalah thinner cat kayu.

Anda dapat menggunakan cat wood stain yang tersedia di Klopmart untuk membuat kayu terlihat alami karena akan menonjolkan estetika serat kayu.

Baca juga: 5 Jenis Kayu Olahan Untuk Furniture yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

7. Menggunakan Pernis

Langkah terakhir pengecatan adalah mengaplikasikan pernis kayu atau clear coat. Meski sebenarnya penggunaan bahan ini bukanlah hal yang ‘wajib’, Anda bisa menambahkannya agar cat pada kayu semakin terlihat mengkilap dan bersinar dibandingkan sebelumnya. Anda bisa menambahkan pernis saat pengecatan telah selesai dan kering.

Oleskanlah bahan tersebut secara merata pada bagian kayu yang dicat sebelumnya. Gunakanlah kuas yang berbeda dengan kuas untuk mengecat tersebut untuk hasil maksimal.

Jika pengolesan pertama dirasa masih kurang, maka lakukanlah pengolesan kedua dengan kadar secukupnya. Perhatikan, semakin banyak lapisan cat yang Anda buat maka warna kayu yang dihasilkan akan semakin gelap.

8. Membersihkan Peralatan

Jika pengecatan pada permukaan kayu telah sudah selesai, jangan lupa untuk membersihkan peralatan yang Anda pakai, terutama kuas, dan cat kayu itu sendiri.

Di tahap finishing ini, segera cuci alat-alat tersebut dengan air bersih sebelum mengering dan mengeras. Membersihkan peralatan pengecatan ini menjadi penting untuk menjaganya tetap awet dan agar bisa digunakan untuk kesempatan berikutnya, mengecat furniture lain dari rumah Anda.

Anda dapat mempelajari berbagai cara memmbersihkan kuas pada artikel berikut ini "Cara Membersihkan Kuas Cat dengan Berbagai Bahan".

9. Melakukan Perawatan Secara Berkala

Setelah mengetahui cara mengecat kayu di atas, langkah yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan perawatan furniture dari kayu yang sudah dicat sebelumnya. Misalnya saja dengan menjaga tingkat kelembapannya. Sebaiknya tidak ditempatkan pada ruangan yang terlalu lembap karena dapat membuat cat cepat rusak.

Begitu pula bila jika diletakkan pada tempat yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari langsung, akan membuat cat menjadi pudar. Kemudian, lakukanlah pembersihan secara berkala untuk menghindari dari kotoran dan debu yang menempel. Sebab, dengan adanya debu dan kotoran yang menempel, maka akan mempengaruhi kualitas cat pada furnitur.

Baca juga: 3 Merk Rekomendasi Cat Kayu Terbaik

Bagaiamana Cara Mengecat Kayu yang Sudah Dicat?

Karena Anda telah mengetahui cara mengecat kayu yang sudah dicat, maka tentu muncul pertanyaan "bagaimana cara mengecat kayu yang sudah dicat?"

Pada dasarnya sama, Anda hanya perlu memastikan kayu yang ingin dicat tersebut dalam kondisi bersih, kering dan permukaan kayunya halus.

Apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya? Cat kayu yang masih menempel dapat Anda hilangkan dengan dua pilihan:

1. Menggunakan Pengencer dan Kertas Amplas

Pertama, Anda dapat menggunakan pengencer dan kertas amplas untuk menghilangkan lapisan cat lama. Keunggulan dari kertas amplas ini adalah bisa digunakan untuk lapisan cat yang tipis.

2. Langsung Dicat

Kedua, Anda dapat langsung mengaplikasikan cat kayu dengan kuas cat untuk mendapatkan hasil yang baru.

Memilih Cat Berkualitas di Klopmart

Selain tips mengecat di atas, agar hasilnya lebih maksimal Anda harus membeli cat kayu di toko yang memiliki reputasi baik. Untuk itu, Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan secara langsung maupun melalui toko online, salah satunya di Klopmart. Semoga bermanfaat!


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya