Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Bagus

Mengecat furnitur rumah adalah hal yang sebenarnya terlihat sepele, namun di sisi lain cukup sulit untuk dilakukan. Khususnya untuk furnitur yang terbuat dari bahan kayu. Ada beberapa hal di sini yang bisa Anda perhatikan sebagai cara mengecat kayu agar terlihat baik dan hasilnya sempurna. Mulai dari pemilihan cat, pengaplikasian, hingga tahap akhir dan perawatan. Berikut di antaranya yang dapat Anda simak dan terapkan.

Lakukan Langkah Dasar

Agar mendapatkan hasil yang bagus, dalam cara mengecat kayu Anda perlu mempersiapkan langkah dasarnya terlebih dahulu. Misalnya saja, jika Anda ingin melakukan proses pengecatan pada ruangan, pastikanlah sekitar furnitur sudah tertutupi oleh kain atau penutup lainnya. Tujuannya agar tidak terkena cat kayu yang digunakan.

Beberapa peralatan lainnya yang perlu Anda persiapkan adalah sapu untuk menghilangkan debu-debunya. Lalu, pilihlah cat yang sesuai dengan kebutuhan. Termasuk pula untuk kuas yang akan digunakan, pilihlah yang nyaman agar mempermudah proses pengecatan nantinya.

Gerinda dan Gunakan Amplas

Memang, proses menggerinda cukup sulit dilakukan dan harus dilakukan oleh para ahli agar hasilnya makin merata, halus, dan rapi. Dengan menggerinda pada bagian kayu, maka akan lebih mudah dalam proses pengecatan. Terlebih lagi ketika memberikan pewarnaan cat dasar nantinya.

Bila tidak menggunakan gerinda, alternatifnya adalah Anda dapat menggunakan kertas amplas. Keunggulan dari kertas amplas ini adalah bisa digunakan untuk cat dengan lapisan yang tipis. Gunakanlah kertas amplas dengan yang tebal agar cat yang lama dapat mengelupas dengan sempurna.

Menggunakan Cat Dasar

Pada umumnya, banyak orang yang tidak memperhatikan penggunaan cat dasar untuk pengecatan kayu atau furnitur rumah. Akan tetapi, bila menginginkan hasil maksimal, ada baiknya Anda gunakan cat dasar ini, terutama bila Anda ingin mengubah dari warna sebelumnya. Cat dasar yang dapat Anda pilih misalnya adalah warna putih.

Kemudian, untuk cat utamanya, Anda bisa memilih untuk menggunakan cat dengan bahan dasar air atau minyak. Namun, kedua jenis cat ini juga tergantung pada jenis kayunya. Sebaiknya Anda perlu mencari tahu cat yang tepat untuk kayu yang digunakan agar hasilnya semakin baik.

Langkah Terakhir yang Harus Dilihat

Langkah terakhir pengecatan adalah menggunakan pernis. Meski sebenarnya penggunaan pernis ini bukanlah hal yang ‘wajib’, Anda bisa menambahkannya agar cat pada kayu semakin terlihat mengkilap dan bersinar dibandingkan sebelumnya. Anda bisa menambahkan pernis saat proses pengecatan telah selesai dan kering.

Oleskanlah pernis secara merata pada bagian kayu yang dicat sebelumnya. Gunakanlah kuas yang berbeda dengan kuas untuk mengecat tersebut untuk hasil maksimal. Jika pengolesan pertama dirasa masih kurang, maka lakukanlah pengolesan pernis kedua dengan kadar secukupnya.

Lakukan Perawatan Secara Berkala

Setelah mengetahui cara mengecat kayu di atas, langkah yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan perawatan furnitur dari kayu yang sudah dicat sebelumnya. Misalnya saja dengan menjaga tingkat kelembapannya. Sebaiknya tidak ditempatkan pada ruangan yang terlalu lembap karena dapat membuat cat cepat rusak.

Begitu pula bila jika diletakkan pada tempat yang terlalu panas dan terpapar sinar matahari langsung, akan membuat cat menjadi pudar. Kemudian, lakukanlah pembersihan secara berkala untuk menghindari dari kotoran dan debu yang menempel. Sebab, dengan adanya debu dan kotoran yang menempel, maka akan mempengaruhi kualitas cat pada furnitur.

Selain hal di atas, sebagai cara mengecat kayu agar terlihat bagus ialah membeli cat di toko yang memiliki reputasi baik. Untuk itu, Anda bisa mendapatkannya di toko bangunan secara langsung maupun melalui toko online, salah satunya di Klopmart. Semoga bermanfaat!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Okt 2019

Related Article