Mengetahui Jenis Rak Gudang untuk Menyimpan Barang

Apakah Anda memiliki gudang atau ruang penyimpanan yang memerlukan sistem penyusunan yang efisien? Mengetahui jenis rak gudang yang tepat sangat penting agar barang-barang Anda dapat tersimpan dengan baik dan mudah diakses. 

Dua hal ini perlu diperhatikan dengan saksama karena penyimpanan yang efisien saja tidak cukup. Anda perlu membuat sistem penyimpanan yang juga mudah diakses sehingga pengambilan barang tidak berubah menjadi petaka. 

Oleh karena itu dalam artikel ini Anda akan diajak mengetahui berbagai jenis rak gudang yang sesuai untuk menyimpan barang. Melalui informasi ini diharapkan Anda dapat memilih rak gudang yang tepat dan mengoptimalkan penggunaan ruang penyimpanan yang tersedia. Mari langsung simak pembahasannya sekarang! 

Jenis Rak Gudang

Sistem penyimpanan di gudang biasanya menggunakan berbagai rak yang sudah dirancang khusus untuk dapat menanggung beban berat. Jadi bukan lagi rak biasa yang menggunakan plastik, melainkan memakai besi dan bahan kuat lainnya. Rak untuk penyimpanan gudang sejatinya ada sangat banyak, coba cari tahu jenis-jenisnya berikut ini. 

1. Rak Gudang Palet 


Rak gudang palet adalah jenis rak yang paling umum digunakan pada berbagai industri. Rak ini dirancang khusus untuk menyimpan barang dengan menggunakan palet sebagai platformnya. 

Palet yang digunakan dapat terbuat dari kayu, logam, ataupun plastik tergantung kebutuhan. Rak gudang palet biasanya memiliki lapisan horizontal yang kuat untuk menopang palet dan barang yang ditempatkan di atasnya. 

Penggunaan rak gudang palet memungkinkan Anda melakukan penyimpanan barang dalam jumlah besar dengan menggunakan alat angkat seperti forklift. Jadi tidak perlu mengeluarkan tenaga besar untuk memindahkan berbagai barang yang ada. Rak ini sangat cocok untuk menyimpan barang-barang berat, seperti mesin, peralatan, atau produk dalam kemasan besar lainnya.

2. Rak Gudang Gondola


Rak gudang gondola merupakan jenis rak yang sering digunakan di toko, supermarket, atau pusat perbelanjaan. Rak ini terdiri dari rak-rak terbuka yang dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang dalam kemasan kecil, seperti produk retail, suku cadang, atau barang dagangan lainnya. 

Penggunaan rak gudang gondola memiliki keuntungan, yakni memudahkan Anda dalam mengatur dan menampilkan produk secara visual. Rak ini juga memungkinkan pelanggan untuk melihat dan mengakses barang dengan mudah. Selain itu rak gudang gondola juga fleksibel karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan penataan serta pengaturan barang.

Baca juga: Ini Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

3. Rak Gudang Drive-In 


Rak gudang drive-in termasuk jenis rak yang cocok digunakan untuk menyimpan barang dalam jumlah besar dengan sistem penyimpanan bertumpuk (stacking). Rak ini dirancang dengan lorong yang memungkinkan kendaraan pengangkut, seperti truk forklift, masuk ke dalam rak untuk mengisi atau mengambil barang. 

Rak ini akan membantu Anda memaksimalkan penggunaan ruang gudang dengan mengurangi lorong antar-rak. Bisa dibilang rak satu ini sangat efisien untuk penyimpanan barang dengan rotasi yang rendah karena tidak memerlukan akses individu ke setiap barang. 

Namun penting untuk diperhatikan bahwa pengaturan yang tepat diperlukan agar barang dapat dengan mudah diakses dan pengaturan keluar-masuk barang dapat dilakukan dengan lancar.

4. Rak Gudang Cantilever


Rak gudang cantilever merupakan jenis rak yang dirancang khusus untuk menyimpan barang dengan panjang atau dimensi yang tidak biasa. Rak ini terdiri dari rangka vertikal dengan lengan horizontal yang menjulur sehingga memberikan dukungan yang baik untuk barang dengan panjang yang lebih besar daripada rak gudang konvensional pada umumnya. 

Kemampuan raknya dalam menyimpan barang-barang panjang seperti pipa, papan, balok, atau bahan konstruksi lain, patut diacungi jempol. Rak ini memungkinkan penyimpanan yang efisien dan memudahkan pengambilan barang dengan akses yang mudah serta bebas hambatan.

5. Rak Gudang Mobile 


Rak gudang mobile atau yang juga dikenal sebagai rak gudang bergerak adalah jenis rak yang dapat dipindahkan secara horizontal. Rak ini dirancang dengan sistem rel atau roda yang memungkinkan pergerakan rak ke samping. 

Tentunya Anda akan banyak diuntungkan saat menggunakan rak gudang mobile karena fleksibilitasnya dalam mengatur ulang ruang gudang sesuai kebutuhan. Rak ini cocok untuk gudang yang membutuhkan pengaturan yang sering berubah atau tempat penyimpanan sementara. 

Baca juga: Cara Membuat Rak Sepatu dari Triplek dengan Mudah

6. Rak Gudang Selective 


Rak gudang selective adalah jenis rak yang paling sederhana dan umum digunakan. Rak ini terdiri dari rak-rak terbuka dengan lapisan horizontal untuk meletakkan barang. Kemudahannya dalam pengaturan dan akses barang membuat rak ini banyak dijadikan pilihan. 

Rak ini memungkinkan Anda untuk mengakses setiap barang secara individu tanpa harus menggeser barang lainnya. Rak gudang selective sangat cocok untuk gudang dengan banyak jenis barang yang memerlukan aksesibilitas tinggi.

7. Rak Gudang Gravity Flow 

Rak gudang gravity flow adalah jenis rak yang menggunakan prinsip gravitasi untuk memindahkan barang dari titik tinggi ke titik rendah secara otomatis. Jadi rak ini sengaja dibuat dengan kemiringan tertentu yang memungkinkan barang bergerak secara otomatis. 

Keuntungan menggunakan rak gudang gravity flow berada pada efisiensi dan produktivitas dalam penyimpanan maupun pengambilan barang. Rak ini cocok digunakan untuk penyimpanan barang dengan rotasi tinggi seperti makanan, minuman, atau barang yang memiliki tanggal kedaluwarsa. 

Baca juga: Rak Besi Siku sebagai Alternatif Rak Kayu

Tips Menyusun Barang di Gudang


Menyusun barang di gudang dengan baik tentu merupakan langkah penting untuk memastikan efisiensi penyimpanan, aksesibilitas, dan keamanan seluruh barang. Berikut beberapa tips untuk menyusun barang di gudang.

1. Identifikasi Kebutuhan dan Kelompokkan Barang 

Sebelum menyusun barang di gudang, identifikasi dahulu kebutuhan Anda. kemudian untuk memudahkan akses dan penyimpanan, setiap barang perlu dikelompokkan berdasarkan jenis, ukuran, atau karakteristik lainnya. 

Sebagai contoh, coba kelompokkan barang dengan ukuran yang serupa atau kelompokkan barang berdasarkan kategori produk. Melalui cara ini Anda dapat memilih jenis rak yang tepat untuk setiap kelompok barang dan mempermudah pengaturan serta pengambilan barang pada kemudian hari.

2. Prioritaskan Barang yang Sering Digunakan 

Ada baiknya Anda menempatkan barang yang sering digunakan atau yang memiliki rotasi tinggi di dekat pintu gudang. Cara ini akan membantu Anda untuk menghemat waktu dan tenaga saat mengambil maupun menyimpan barang tersebut. Prioritaskan juga barang dengan tanggal kedaluwarsa agar dapat dengan mudah ditemukan serta diambil sebelum melewati batas waktu penggunaan.

3. Manfaatkan Ketinggian Ruangan Gudang 

Jika ruangan gudang memiliki ketinggian yang cukup maka Anda perlu memanfaatkannya secara vertikal dengan menggunakan rak gudang yang tinggi. Susun barang secara bertingkat dan pastikan rak gudang dapat menopang beban dengan aman. 

Melalui pemanfaatan ruang secara vertikal maka Anda dapat memaksimalkan penggunaan area penyimpanan tanpa harus memperluas gudang secara horizontal.

4. Gunakan Label dan Penanda 


Penting untuk memberikan label atau tanda pada setiap rak gudang maupun tempat penyimpanan barang lainnya. Gunakan kode atau sistem penomoran yang jelas supaya Anda bisa mengakses berbagai barang dengan tepat. 

Selain itu tambahkan juga informasi tentang isi rak atau barang yang disimpan agar dapat dengan mudah mengidentifikasi lokasi dan jenis barang yang ada di setiap rak.

5. Tetapkan Jalan dan Lorong yang Jelas 

Pastikan ada lorong yang jelas antara setiap baris rak gudang untuk memudahkan akses dan pergerakan di dalamnya. Jaga setiap jalan dan lorong tetap bersih sehingga sistem penyimpanan yang dilakukan tetap efisien untuk menghindari barang tercecer keluar. 

Melalui cara ini Anda dapat meminimalkan risiko kecelakaan dan memastikan keamanan dalam aktivitas penyimpanan maupun pengambilan barang.

Baca juga: 8 Peralatan Kebersihan yang Wajib Anda Miliki

6. Perhatikan Berat dan Kestabilan Barang 

Pastikan rak gudang yang digunakan dapat menopang beban barang dengan aman. Perhatikan batasan berat maksimal yang dapat ditahan oleh rak agar barang yang Anda taruh tidak terjatuh ke bawah. 

Selain itu pastikan barang yang ditempatkan di atas rak sudah stabil dan tidak mudah jatuh atau bergeser. Hal ini penting untuk menjaga keamanan serta mencegah kerusakan barang maupun rak gudang.

7. Rutin Lakukan Penyusutan dan Penyortiran 

Lakukan penyusutan dan penyortiran secara berkala untuk memastikan gudang tetap teratur, juga efisien. Buang barang yang sudah tidak terpakai atau rusak, kemudian susun ulang barang yang masih layak digunakan. 

Melalui tindakan penyusutan dan penyortiran secara rutin maka Anda dapat memperbarui tata letak gudang sesuai perubahan kebutuhan sehingga semua penyimpanan dilakukan secara optimal.

Bagaimana? Apakah Anda menemukan jenis rak gudang yang tepat untuk menyimpan barang-barang? Semua rak tersebut tentu bisa dibeli di pasaran dengan mudah. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri menggunakan besi hollo dari Klopmart. 

Pembuatan rak penyimpanan dari besi jelas memiliki kekuatan untuk menahan beban yang baik sehingga Anda tidak perlu khawatir barang-barang akan terjatuh. Langsung kunjungi Klopmart dan pesan besi yang Anda butuhkan sekarang! 

Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah123.com/panduan-properti/menyewa-properti-87970-penyusunan-barang-di-gudang-id.html

  • https://www.ruparupa.com/blog/jenis-rak-besi-gudang/

  • https://ginee.com/id/insights/racking-gudang/

  • https://www.rajarak.co.id/2016/07/7-Jenis-Rak-Gudang-Heavy-Duty.html

  • https://komerce.id/blog/cara-penyusunan-barang-di-gudang/

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya