5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Triplek dengan Mudah dan Benar

Cara membuat rak sepatu dari triplek tidak sulit. Siapapun bisa melakukannya, termasuk Anda juga bisa loh. Membuat rak sepatu dan sandal Anda sendiri, yang hanya ada satu di dunia tentu saja menarik.

Selain menarik, Anda bisa menyesuaikan kapasitas sepatu yang bisa ditampung dengan desain atau model yang unik. Anda bisa dengan bebas berkreasi dan menaruh rak tersebut di mana saja sesuai keinginan. Kalau begitu mari mempelajari cara membuatnya di bawah ini. 

Alat dan Bahan Membuat Rak Sepatu dari Triplek

Rak sepatu dari tripleks sangat cocok bagi Anda yang memiliki rumah dengan desain yang klasik, natural dan rustic. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakannya pada tema lain yang masih cocok.

Saat ingin membuat rak sepatu Anda sendiri, jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk memperlancar proses pengerjaannya, seperti: 

  • Beberapa lembar tripleks kayu.

  • Gergaji.

  • Meteran atau alat ukur.

  • Lembaran ampelas.

  • Paku tembak beserta alat menggunakannya.

  • Lem kayu.

  • Kuas.

  • Cat pewarna dan cat pernis.

Baca juga: Cara Membuat Rak Sepatu dari Kayu dengan Mudah

5 Cara Membuat Rak Sepatu dari Triplek 

Setelah semua alat dan bahan telah Anda persiapkan, cobalah mengikuti langkah-langkah pembuatan rak sepatu dari triplek di bawah ini:

1. Buat Desain Anda Sendiri


Sebelum mulai memotong tripleks dengan gergaji, tentu saja Anda perlu membuat desain rak sepatu yang ingin dibuat. Tanpa desain, Anda bisa saja membuat rak sepatu, hanya saja hasil akhirnya tidak simetris atau bahkan belum tentu enak untuk dilihat. 


Apabila kebingungan membuat desain rak sepatu seperti apa, Anda bisa melihat berbagai rekomendasi desain rak sepatu menarik yang ada di internet. Ada beberapa desain yang mungkin cocok dengan selera Anda, yaitu: 

  • Rak sepatu kayu gantung.

  • Rak sepatu kayu dengan tutup.

  • Rak sepatu standar tanpa tutup dan tanpa pintu.

  • Rak sepatu dengan model jepit.

  • Rak sepatu berbentuk segitiga unik. 

Apapun desainnya, Anda yang tahu model seperti apa yang akan cocok dengan tema rumah.

2. Mengukur dan Memotong Kayu

Setelah desain sudah jadi, Anda bisa mulai mengukur dan memperhitungkan panjang, lebar serta tinggi rak sepatu yang ingin dibuat. Tandai dengan pensil pada batas-batas kayu ingin dipotong.

Jika sudah, coba periksa sekali lagi semua ukuran yang sudah Anda hitung untuk mencegah adanya kesalahan perhitungan atau kemiringan yang tidak wajar. Kemudian potong semua kayu-kayu yang sudah ditandai.

Baca juga: Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

3. Ampelas Seluruh Permukaan Tripleks

Setelah semua dipotong, apa langkah selanjutnya? Selanjutnya Anda perlu mengampelas semua  permukaan kayu yang ada. Selain membuat halus bagian kasar yang terbentuk dari hasil pemotongan gergaji, mengampelas penting untuk langkah penyelesaian terakhir dengan cat pernis.

Pastikan bahwa semua permukaan sudah halus, agar tidak ada bagian yang bisa melukai tangan Anda dan anggota keluarga saat menggunakan rak sepatu tersebut.


4. Rakit dengan Lem dan Paku

Mulailah merakit setiap potongan yang ada, satu demi satu dan mulai dengan menggunakan lem kayu. Lem kayu akan membantu merekatkan setiap bagian sementara, sebelum akhirnya direkat kembali dengan paku.

Lem kayu akan berguna untuk menaruh semua potongan pada posisi yang seharusnya. Apabila ada potongan yang ternyata salah saat di lem, Anda masih dapat memisahkannya. Jika semua potongan sudah berada pada posisi yang tepat, maka ini saatnya untuk merekatkan dengan paku.

Baca juga: 4 Cara Membuat Rak Buku dari Kayu yang Kokoh

5. Selesaikan dengan Cat

Terakhir, Anda perlu menyelesaikannya dengan memberikan lapisan cat. Anda bisa mewarnai rak sepatu dengan berbagai warna kesukaan, atau bahkan tidak mewarnainya agar warna dari serat kayu dapat muncul. 

Anda bisa mulai dengan mewarnai seluruh bagian rak, kemudian jemur rak sepatu di bawah sinar matahari selama satu hari. Jika sudah kering, kembali lapis rak sepatu dengan cat pernis supaya permukaan berkilau dan warna cat sebelumnya dapat bertahan lebih lama. 

Demikian bahan, alat, dan langkah-langkah dalam membuat rak sepatu. Ingin membeli tripleks yang berkualitas dan kokoh untuk rak sepatu Anda? Beli saja di KlopMart! Terdapat triplek teakwood dan semua bahan lainnya yang Anda butuhkan untuk membuat rak sepatu. Semua bisa langsung Anda cari melalui smartphone, baik dari aplikasi atau website

Kalau begitu selamat mencoba cara membuat rak sepatu dari triplek dan silakan berbelanja di KlopMart

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya