Home & Living

12 Alat Kebersihan yang Wajib Ada di Rumah!

Media
28 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Menjaga kebersihan adalah hal yang awalnya cukup sulit. Namun, dengan memiliki peralatan kebersihan yang tepat, siapapun dapat melakukannya dengan cukup mudah.

Agar lebih maksimal, ada baiknya Anda memiliki beberapa peralatan kebersihan yang dapat membersihkan rumah Anda dengan mudah. Selain itu, Anda juga sebaiknya mempelajari cara merawat peralatan kebersihan agar awet dan siap digunakan kapan saja.

Berikut adalah beberapa alat kebersihan yang wajib Anda miliki serta cara merawatnya.

Apa Saja Alat Kebersihan Rumah Yang Wajib Dimiliki?

1. Sapu Ijuk dan Pengki

Kalau berbicara tentang alat kebersihan rumah, maka kedua alat ini rasanya yang akan muncul pertama kali dalam benak banyak orang.

Sapu dan pengki adalah alat kebersihan rumah yang wajib dimiliki. Keduanya akan berperan besar dalam menjaga kebersihan lantai rumah Anda. Tidak hanya itu, Anda juga dapat menggunakan sapu untuk membersihkan debu di tempat-tempat yang tinggi, seperti langit-langit kamar.

Pengki juga akan sangat membantu karena Anda bisa mengumpulkan kotoran dan debu menggunakan sapu pada satu titik dan memindahkannya ke pengki untuk dibuang dengan mudah.

2. Vacuum Cleaner

Alat kebersihan rumah satu ini mungkin terdengar tidak wajib dimiliki. Tetapi, jika Anda memiliki karpet atau bahan yang mudah kotor dan sulit dibersihkan lainnya di rumah, vacuum cleaner akan menjadi alat kebersihan yang wajib untuk Anda miliki.

Tugas utamanya tentu adalah menjaga kebersihan karpet atau permukaan yang mudah kotor lainnya. Vacuum cleaner dapat menjadi pengganti sapu karena alat satu ini dapat membersihkan debu dengan sangat cepat dan efektif.

Anda juga tidak usah repot-repot saat ingin membuang kotoran dan debu yang dihisap. Vacuum cleaner memiliki tempat penyimpanan yang dapat Anda akses dengan mudah ketika Anda merasa bahwa debu dan kotoran yang disedot sudah cukup banyak.

3. Sapu Lidi

Berbeda dengan sapu ijuk, sapu lidi umumnya digunakan untuk membersihkan permukaan furniture rumah, seperti sprei kasur, selimut, bantal guling, dan lain-lain.

Hal ini mungkin terdengar sepele, tapi dengan memiliki sapu lidi, Anda setidaknya akan dapat lebih aktif serta mudah membersihkan barang-barang di atas.

4. Cairan Pembersih Kaca dan Lap

Kaca sendiri sangat sering diabaikan kebersihannya, baik kaca jendela atau kaca pada furniture lainnya. Beberapa menganggap membersihkan kaca cukup dengan air dan lap saja.

Padahal, kaca yang tidak dibersihkan dengan baik dapat menjadi tempat berkumpulnya debu dan kuman. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memiliki cairan pembersih kaca agar Anda dapat menjaga kebersihan kaca, baik jendela atau furniture lainnya, dengan lebih maksimal.

Baca Juga: Benda Berkuman di Rumah Anda

5. Kemoceng atau Bulu Ayam

Serupa dengan sapu dan pengki, kemoceng atau bulu ayam adalah salah satu alat kebersihan yang umumnya muncul di benak orang. Alat kebersihan satu ini dapat dianggap sebagai sapu ijuk untuk furniture.

Hal ini karena fungsi utamanya adalah untuk membersihkan debu dan kotoran dari furnitur rumah. Jika Anda ingin menjaga kebersihan furniture dengan maksimal, maka Anda wajib memiliki alat kebersihan satu ini.

6. Kain Pel dan Cairan Pel

Untuk menjaga kebersihan rumah, khususnya lantai, Anda tidak cukup hanya memiliki sapu dan pengki. Anda membutuhkan kain pel untuk dapat membersihkan rumah dengan menyeluruh.

Kain pel akan dapat membersihkan permukaan lantai dengan lebih baik. Selain membersihkan lantai, kegiatan mengepel juga dapat memberikan aroma yang menenangkan tergantung dari cairan yang Anda gunakan.

7. Spons

Spons mungkin tidak terdengar seperti alat kebersihan yang wajib dimiliki karena tidak akan terlalu sering dipakai. Faktanya, spons akan sangat berguna untuk kebersihan rumah Anda, khususnya untuk daerah dapur.

Umumnya, orang menggunakan spons untuk mencuci piring atau alat makan lainnya. Selain itu, spons juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan permukaan keramik. Hal ini tentunya akan sangat membantu ketika Anda membersihkan dapur serta kamar mandi yang umumnya memiliki lantai dan dinding keramik.

8. Tempat Sampah

Alat kebersihan rumah yang wajib dimiliki berikutnya adalah tempat sampah. Barang satu ini mungkin tidak tampak efektif untuk membersihkan rumah.

Tetapi, ketika Anda memiliki tempat sampah di rumah, baik tempat sampah plastik atau model lainnya, Anda akan lebih aktif untuk tidak membuang sampah atau kotoran sembarangan di dalam rumah. Hal ini tentunya akan berujung pada rumah yang lebih bersih.

9. Ember dan Kain Lap

Ember dan kain lap adalah perangkat pokok yang amat berguna untuk membersihkan bermacam-macam permukaan di dalam rumah. Mereka bisa digunakan untuk membersihkan meja, kursi, atau bahkan tumpahan cairan di lantai. Selain itu, ember juga bisa dijadikan wadah sementara untuk menyimpan air bersih, terutama saat hendak membersihkan berbagai ruangan. Sementara itu, kain lap dengan bahan microfiber menjadi opsi terbaik karena mampu mengangkat debu dan kotoran dengan efisien tanpa meninggalkan serat atau noda pada permukaan yang dibersihkan.

10. Sarung Tangan Karet

Tak kalah pentingnya, Anda perlu memiliki sarung tangan karet. Sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari bahan kimia berbahaya yang sering dipakai saat melakukan kegiatan pembersihan. Selain melindungi kulit tangan, sarung tangan karet juga menjaga kebersihan tangan saat Anda melakukan tugas-tugas pembersihan yang kotor dan berantakan. Dengan mengenakan sarung tangan karet, Anda bisa bekerja dengan aman dan nyaman tanpa perlu khawatir akan dampak buruk dari bahan kimia yang digunakan.

11. Sikat Toilet

Alat kebersihan yang wajib ada di rumah beriktunya adalah sikat toilet. Alat ini khusus dirancang untuk tugas ini adalah sikat toilet. Sikat ini umumnya memiliki bulu yang kokoh dan tahan lama, serta pegangan yang ergonomis untuk memudahkan penggunaan. Dengan menggunakan sikat toilet ini, Anda dapat membersihkan toilet dengan efisien dan higienis, menjaga kebersihan area kamar mandi, dan mencegah penumpukan kotoran yang tidak diinginkan.

12. Mesin Cuci Piring

Mesin pencuci piring adalah inovasi modern yang sangat berguna untuk menangani tumpukan peralatan makan yang kotor setelah makan. Mesin ini dirancang khusus untuk membersihkan piring, gelas, dan perkakas makan lainnya secara efisien dan higienis. Cara melakukannya cukup dengan meletakkan peralatan makan ke dalam mesin ini, lalu mesin akan melakukan proses pembersihan dalam beberapa jam. Ini memungkinkan Anda menghemat waktu dan usaha yang biasanya dibutuhkan untuk mencuci peralatan makan secara manual. Selain itu, mesin pencuci piring juga dapat mengurangi risiko kerusakan pada peralatan karena proses pencucian yang cenderung lebih lembut.

7 Tips Merawat Alat Kebersihan Rumah

Peralatan kebersihan juga harus bersih, oleh sebab itu, saatnya Anda mempelajari cara untuk merawat barang-barang tersebut. Berikut adalah beberapa tipsnya:

1. Sapu (Sapu Ijuk / Sapu Plastik)

Sapu merupakan alat kebersihan yang digunakan untuk membersihkan lantai.

Sebaiknya, gunakan sapu yang berbeda untuk ruangan dalam dan untuk area luar rumah (teras/garasi)

  • Setelah digunakan, bersihkan sapu dengan sikat untuk sapu dari rambut atau benang yang terjebak pada sapu.
  • Secara rutin, cucilah sapu dengan merendamnya dalam air hangat yang sudah ditambah deterjen untuk menghilangkan kuman dan debu. Kemudian bilas dan jemurlah sapu hingga kering kembali. Jika menggunakan sapu ijuk, ikatlah ujung sapu dengan karet saat menjemurnya agar tidak mudah mekar.
  • Simpanlah sapu dengan cara digantung atau sandarkan di dinding dalam posisi terbalik agar ujung-ujung sapu tidak menekuk.

2. Sapu Lidi

Sapu lidi yang umumnya digunakan adalah sapu lidi kasur (untuk membersihkan ranjang tidur)dan halaman (untuk membersihkan area di luar rumah). Alat satu ini memiliki jumlah lidi yang lebih sedikit dibandingkan sapu lidi halaman.

  • Gunakan sapu lidi sesuai dengan fungsinya. Untuk sapu lidi halaman, pilihlah sapu lidi yang memiliki gagang panjang untuk memudahkan Anda menyapu.
  • Simpanlah alat ini di pojok yang sejuk dan tidak lembab. Jangan disimpan di area yang basah karena akan membuat lidi cepat busuk dan rusak.
  • Pastikan karet pengikatnya tidak longgar atau rapuh supaya kondisi alat ini tetap kuat.
  • Jika alat ini kotor, cucilah dengan air mengalir lalu jemurlah di bawah sinar matahari hingga kering. Jangan biarkan alat ini di lembap.

3. Kain Pel / Alat Pel

Pel merupakan salah satu alat kebersihan dan umumnya yang digunakan adalah kain pel atau alat pel multifungsi.

  • Bilas kain pel setelah digunakan dan jemurlah hingga kering. Jika menggunakan alat pel, carilah alat pel yang kainnya mudah dilepaskan dari gagangnya.
  • Cucilah kain pel setiap minggu menggunakan detergen (bisa juga menggunakan mesin cuci) kemudian jemurlah di bawah sinar matahari hingga kering.
  • Gantilah kain pel secara berkala karena pel yang digunakan selama 2-3 bulan sudah banyak mengandung kuman dan debu.

4. Kemoceng

Kemoceng adalah salah satu alat pembersih debu yang umumnya dibuat dari bulu ayam. Ada juga kemoceng yang dibuat dari bulu rafia atau bahan halus lainnya.

  • Bersihkan kemoceng dari debu setelah digunakan dan gantunglah di tempat yang sejuk.
  • Simpanlah kemoceng dalam pembungkusnya agar debu tidak bertebaran.
  • Saran penggunaan: jangan memukulkan kemoceng ke benda tertentu agar bulu kemoceng tidak cepat rusak.

5. Kain Lap

Kain lap adalah alat kebersihan yang paling sering digunakan di dapur dan untuk membersihkan barang/perabot.

  • Cucilah lap setelah digunakan agar debu atau kotoran hilang dan tidak menempel di permukaan lap.
  • Untuk menghilangkan bakteri, rendamlah lap dengan air hangat yang sudah ditambahkan detergen, lalu bilas dan jemur hingga kering.

6. Sikat

Sikat merupakan alat kebersihan yang biasanya digunakan untuk membersihkan lantai kamar mandi atau toilet.

  • Gunakan lidi atau sejenisnya untuk mengeluarkan rambut atau kotoran kecil yang terselip di antara bulu sikat.
  • Bersihkan sikat secara berkala dengan merendam sikat dalam air hangat yang sudah ditambahkan detergen. Bilas dan biarkan sikat mengering.

7. Alat Penghisap Debu / Vacuum Cleaner

Alat penghisap debu atau vacuum cleaner umumnya digunakan untuk mempermudah pekerjaan membersihkan rumah.

  • Hindari menghisap debu pada area yang basah karena air yang tersedot bisa membuat mesin berkarat.
  • Hindari menghisap partikel yang berukuran besar agar pipa vacum tidak mudah tersumbat.
  • Bersihkan dan buanglah debu yang tersimpan dalam kantong debu. Gantilah kantong debu secara berkala, sebaiknya satu bulan sekali.
  • Cucilah filter secara rutin dan gantilah setiap enam bulan sekali.
  • Setelah digunakan, simpanlah pada tempat yang kering.

Itulah beberapa peralatan kebersihan yang wajib Anda miliki. Untuk menjaga kebersihan rumah, Anda harus memastikan kalau Anda memiliki peralatan yang tepat. Beberapa peralatan di antaranya adalah sapu dan pengki, kain lap dan pembersih kaca, tempat sampah plastik,  kain pel, dan lain-lain. Agar peralatan tersebut awet, Anda juga harus memastikan kalau Anda mengetahui cara merawatnya dengan baik.

Memiliki alat kebersihan saja tidaklah cukup untuk memastikan kebersihan rumah. Anda harus memastikan kalau rumah Anda memiliki alat sanitasi yang terbaik. Klopmart menyediakan alat sanitasi terbaik yang dapat Anda miliki, mulai dari kloset hingga wastafel. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Sumber:

  • https://www.kawanlama.com/blog/ulasan/alat-kebersihan-yang-ada-di-rumah#8.-ember-dan-kain-lap

  • https://www.orami.co.id/magazine/alat-kebersihan#google_vignette

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya