Atap & Lantai

Rak Besi Siku

Media
02 Des 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

Penggunaan rak berbahan kayu sudah lama sekali ditinggalkan karena beberapa alasan, salah satunya kurang praktis dan terlalu berat. Inilah mengapa bahan alternatif seperti besi mulai dipakai untuk membuat rak yang tidak hanya awet, tetapi juga praktis, dan mudah dipindah.

Di antara jenis rak besi, yang sering sekali digunakan adalah rak besi siku. Rak ini biasanya dilengkapi dengan siku-siku berlubang untuk memudahkan pemasangan. Rak siku biasanya dimanfaatkan untuk meletakkan barang, kardus, arsip, dan kerap digunakan di kantor atau gudang.

 

Dibandingkan rak kayu, rak siku dari besi memiliki banyak sekali kelebihan, di antaranya:

  • Mampu menahan beban hingga 200 kg
  • Dapat diwarnai sesuka hati
  • Mudah dibongkar dan dipasang kembali
  • Bisa disesuaikan tinggi dan lebarnya
  • Bisa digunakan selama bertahun-tahun
  • Harganya terjangkau.

Seperti halnya memilih barang atau perkakas lain, memilih rak siku dari besi tidak bisa dilakukan sembarangan. Kita juga harus mempertimbangkan merek karena tidak semua barang yang beredar di pasaran memiliki kualitas serupa. Jika tidak cermat, alih-alih mendapat keuntungan kita harus mengeluarkan biaya lebih untuk perbaikan.

 

Rak Besi Siku dari Klopmart

Ada banyak sekali merek rak besi siku yang beredar di pasaran. Untuk mengetahui apakah sebuah brand berkualitas, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

  1. Pastikan siku memiliki sudut 90 derajat

    Agar bisa dirangkai menjadi sebuah rak besi berfungsi optimal, siku pada rak harus memiliki sudut 90 derajat. Jika tidak, berarti terjadi kesalahan produksi di pabrik dan barang tersebut tergolong cacat. Ukuran sudut begitu penting karena hal ini berpengaruh pada kuat tidaknya rak dalam menampung beban. Jadi ketika membeli, pastikan sudut pada siku 90 derajat tepat.
     
  2. Perhatikan Kualitas Besi

    Selain siku, perhatikan juga bahan besi yang digunakan. Pastikan rak siku dibuat dari besi berkualitas sehingga manfaatnya bisa dirasakan sampai beberapa tahun ke depan. Rak siku sendiri biasanya terdiri dari 3 unsur, yaitu siku, besi penopang, dan papan besi.

    Ketiganya memiliki peran penting dalam kokoh tidaknya sebua rak siku. Jadi ketika membeli, pastikan ketiganya terbuat dari bahan besi berkualitas agar bisa digunakan selama bertahun-tahun.
     
  3. Gunakan Jasa Ahli untuk Pemasangan

    Memiliki rak berkualitas akan sia-sia apabila pemasangannya dilakukan sembarangan. Inilah mengapa sangat penting untuk menggunakan jasa ahli ketika melakukan instalasi rak siku berbahan besi di kantor atau gudang. Jika ingin memasang sendiri, pastikan Anda memiliki peralatan pertukangan yang sesuai.

 

Untuk merakit sebuah rak, biasanya dibutuhkan baut berkualitas agar setiap susunan bisa tetap tangguh meskipun diberi beban. Jadi selain komponen utama rak siku, pastikan pula komponen penunjangnya (seperti baut) berkualitas dan terbuat dari bahan yang tahan lama.

Salah satu merek yang recommended adalah Sherlock dan bisa Anda dapatkan di Klopmart. Produk ini bisa dipadukan dengan merek serupa atau merek lain yang lebih berkualitas. Siku dari Sherlock terdiri dari beberapa warna, untuk hasil yang bagus pilihlah warna netral seperti warna putih atau silver.

Warna tersebut masih bisa dimodifikasi sehingga menyesuaikan dengan warna dominan tempat rak diletakkan. Di Klopmart, siku besi Sherlock hadir dengan harga Rp170.000 per boks dan tiap boks-nya berisi 20 pcs. Harga tersebut tergolong masuk akal mengingat kualitas merek ini sangat terjamin.

Itulah seluk beluk rak besi siku yang perlu kita ketahui, semoga bermanfaat.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya