10 Inspirasi Desain Pagar Tembok Unik dan Minimalis!

Ada banyak desain pagar tembok unik yang dapat digunakan untuk bagian eksterior rumah, mulai dari yang minimalis hingga elegan. Untuk menambah nilai estetika dan keunikan dari pagar tembok ini, Anda mengombinasikan desainnya dan material yang digunakan.


Agar tidak kebingungan memilih desain pagar tembok, Anda dapat menyimak beberapa rekomendasi desain pagar tembok unik yang telah Klopmart siapkan di bawah ini.

Inspirasi  Pagar Tembok yang Unik

Desain pagar tembok unik dapat diterapkan ke berbagai macam tipe rumah, Anda tinggal menyesuaikannya saja. Selain desain, Anda juga harus memperhatikan bahan material yang digunakan untuk membuat pagar tembok ini.

Berikut ini, ada setidaknya 10 inspirasi desain pagar tembok unik yang dapat Anda terapkan di rumah.

1. Pagar Tembok Batu Alam Minimalis

Model Pagar Tembok Batu Alam Minimalis

Desain pagar tembok minimalis yang unik ini menggunakan bata alam sebagai material pembangunannya. Warna batu alam yang indah membuat desain pagar tembok minimalis ini semakin menambah nilai estetika bagian eksterior rumah. Bagian atasnya yang berwarna putih semakin menonjolkan warna alami dari batu alam tersebut.

Anda dapat menambahkan beberapa tanaman hias di bagian depan pagar tembok minimalis ini agar kesan alami dan natural dari eksterior rumahnya semakin terlihat. Selain itu, bolongan yang ada di tengah pagar minimalis ini juga dapat menambah sirkulasi udara di area eksterior rumah. Jadi, nongkrong di depan rumah akan semakin terasa adem.

Baca juga: 9 Pagar Wiremesh Minimalis yang Unik

2. Pagar Tembok Batu Bata Merah

Pagar Tembok Batu Bata Merah

Desain pagar tembok unik yang selanjutnya adalah pagar tembok yang menggunakan material batu bata. Warna kemerahannya akan terlihat menonjol, bahkan jika dilihat dari jauh. Hal ini akan membuat bagian eksterior rumah Anda terlihat mencolok, apalagi jika digabungkan dengan pagar besi yang unik dan elegan.

Anda dapat menambahkan area rerumputan di bagian depan pagar tembok ini untuk menyeimbangkan kesan yang ditampilkan. Selain itu, penambahan tanaman hias di area depannya juga akan semakin memperindah area eksterior rumah dan membuatnya semakin terasa sejuk.

3. Pagar Tembok Batu Bata Minimalis

Pagar Tembok Batu Bata Minimalis

Pagar tembok batu bata minimalis di atas ini sangat cocok dipadukan dengan rumah yang bertipe minimalis. Walaupun desain pagar tembok unik di atas ini terlihat minimalis, tetapi jika dipadukan dengan pagar besi bertige elegan seperti di atas, pagar tembok tersebut akan menonjolkan kesan elegan dari pagar besinya.

4. Pagar Tembok Bergambar

Pagar Tembok Bergambar

Agar tidak monoton dan membosankan, Anda dapat menambahkan gambar pada model pagar rumah seperti desain pagar tembok unik di atas. Tidak hanya rumput saja, Anda dapat menambahkan berbagai macam gambar kepada pagar tembok rumah, sesuaikan saja dengan desain dan tipe rumah.

Apabila ingin terlihat lebih unik, Anda dapat mencoba menambahkan gambar yang sesuai dengan hobi. Sebagai contoh, jika Anda adalah penggemar sepak bola garis keras, coba tambahkan gambar pemain bola idola di bagian pagar tembok. Bagian eksterior rumah Anda sudah pasti akan terlihat unik dibandingkan yang lain.

Baca juga: 3 Aksesoris Pagar Besi Hollow Untuk Mempercantik Pagar

5. Pagar Tembok Batu Bata Unik

Pagar Tembok Batu Bata Unik

Apabila Anda ingin memiliki eksterior rumah yang terlihat sangat berbeda dari tetangga, coba gunakan desain pagar tembok unik seperti di atas. Walaupun menggunakan material yang sangat umum seperti batu bata, tetapi material batu bata tersebut dibuat seperti heliks agar terlihat sangat unik.

Untuk menambah nilai estetikanya dan agar tidak terlihat monoton, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman hias di area sekitar pagar tembok tersebut. Dengan begitu, warna yang terlihat lebih beragam dan area depan rumah akan terasa lebih adem juga.

6. Pagar Tembok Hijau Daun

Pagar Tembok Hijau Daun

Desain pagar tembok unik di atas akan membuat bagian depan rumah Anda terlihat sangat natural, apalagi jika ditambahkan banyak tanaman hias di sekitarnya. Pagar tembok hijau daun di atas mengombinasikan warna pagar tembok yang hijau dengan bagian besinya yang dibuat seperti daun.

Apabila Anda adalah orang yang sangat menyukai tanaman, maka desain pagar tembok unik di atas akan sangat cocok untuk digunakan di rumah. Agar warnanya tidak monoton, Anda bisa menambahkan aksen warna lain di area pagar tembok, seperti krem.

7. Pagar Tembok Tropis

Pagar Tembok Tropis

Apabila Anda menyukai suasana tropis, coba gunakan desain pagar tembok unik seperti di atas. Anda dapat menanam pohon palem di area depan pagar tembok untuk menambahkan kesan natural dan tropis di bagian eksterior rumah.

8. Pagar Tembok Batu Alam Eropa

Pagar Tembok Batu Alam Eropa

Apabila Anda ingin memiliki pagar tembok dengan nuansa a la Eropa, coba gunakan desain pagar tembok unik seperti di atas. Material yang digunakan pada pagar tembok tersebut adalah batu alam, dan tanaman liar dibiarkan tumbuh di bagian atasnya. Lalu, Anda dapat menggunakan pintu kayu untuk gerbangnya, bukan menggunakan pintu pagar besi.

Baca juga: 7 Langkah Cara Pemasangan GRC Board untuk Dinding

9. Pagar Tembok Perpaduan Logam dan Batu

Selain keindahan visualnya, Pagar Tembok Perpaduan Logam dan Batu juga menawarkan kelebihan praktis. Kombinasi logam dan batu menciptakan pagar tembok yang kuat dan tahan lama, mampu melindungi dan membatasi rumah Anda dengan kokoh. Desain ini juga relatif rendah perawatannya, karena batu alam dan logam cenderung tahan terhadap cuaca dan faktor lingkungan lainnya.

Baca juga: Jenis Batu Alam Untuk Dinding Eksterior dan Interior

10. Pagar Tembok Elegan

Pagar Tembok Elegan

Terakhir, Anda dapat menggunakan desain pagar tembok unik di atas jika ingin mendapatkan kesan yang elegan di bagian eksterior rumah. Ada tiga pola yang digunakan di pagar tembok tersebut, membuatnya terlihat unik dan tidak monoton. Selain itu, pilihan warnanya juga membuatnya memberikan kesan monokrom yang minimalis, tetapi tetap terlihat elegan.

Berapa Tinggi Tembok Pagar Rumah yang Ideal?

Tinggi tembok pagar rumah yang ideal dapat bervariasi tergantung pada berbagai faktor, termasuk privasi, keamanan, dan estetika. Namun, secara umum, tinggi tembok pagar rumah yang ideal biasanya tidak lebih dari 1,5 meter.

Baca juga: 9 Pagar Wiremesh Minimalis yang Unik untuk Hunian Anda

Untuk membuat desain pagar tembok unik semakin bagus, Anda dapat mengecatnya dengan warna yang unik. Anda tidak perlu repot mencari harga cat tembok yang terjangkau, temukan saja langsung di Klopmart. Selain cat tembok, ada berbagai macam material lain yang dapat dipesan secara online. Semoga rekomendasi desain pagar tembok unik ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda!


Sumber rujukan:

  • https://jogja.tribunnews.com/2014/06/16/begini-cara-menentukan-tinggi-pagar#:~:text=Andi%20Wahyudi%2C%20arsitek%20ArchDESIGN%2C%20mengatakan,ujarnya%20dikutip%20dari%20kompas.com.

  • https://www.orami.co.id/magazine/desain-pagar-tembok

  • https://amp.dekoruma.com/artikel/139046/desain-pagar-tembok-unik

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya