7 Langkah Cara Pemasangan GRC Board untuk Dinding

Cara pemasangan GRC board untuk dinding tidaklah mudah. Dibutuhkan keterampilan, ketelitian, dan perhitungan yang tepat untuk dapat memasang GRC board dengan baik.

 

GRC board merupakan bahan material berkualitas yang terbuat dari zat fiber. Bentuk fisiknya menyerupai triplek, namun memiliki daya tahan yang lebih kuat. Permukaan GRC board juga sangat halus dibandingkan triplek sehingga banyak orang yang mulai menggunakan bahan material ini meskipun harganya cenderung lebih tinggi.

 

Lalu, bagaimana cara melakukan pemasangan GRC board atau untuk dinding rumah? Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan informasinya kepada Anda.

Bagaimana Cara Pemasangan GRC Board untuk Dinding?

Untuk melakukan pemasangan GRC board pada dinding rumah Anda, ada 7 langkah yang harus diikuti, yaitu:

1. Menyediakan Barang yang Dibutuhkan

Pada langkah pertama, Anda harus menyediakan barang-barang yang dibutuhkan terlebih dahulu. Barang-barang yang dibutuhkan dalam pemasangan GRC board ini adalah palu, paku khusus GRC board, cat tembok berwarna, scrab, dampul, plamir, kuas, air, dan GRC board itu sendiri.

2. Membersihkan GRC Board

Setelah seluruh peralatan disiapkan, Anda dapat mulai membersihkan GRC board yang akan digunakan dengan menggunakan lap dan air. Lalu, lap hingga kering sebelum digunakan.

3. Proses Pemasangan

Sekarang, kita akan masuk ke dalam proses pemasangan di mana Anda harus menyiapkan GRC board yang akan digunakan, paku, dan juga palu. Anda juga perlu melakukan pengukuran terlebih dahulu dengan menandai dinding sesuai dengan ukuran GRC board.

Gunakan paku berukuran sedang untuk memasang GRC board. Kemudian, pastikan jarak antar GRC board tidak renggang. Anda harus memasang GRC board tersebut dengan rapat. Lakukan proses ini hingga seluruh dinding rumah Anda tertutupi dengan GRC board.

4. Melakukan Penambalan

Dalam proses pemasangan, GRC board tentu tidak akan benar-benar dapat menutup keseluruhan dinding rumah, khususnya pada bagian akhir pemasangan. Maka dari itu, Anda dapat memotong GRC board sesuai dengan bagian tambalan yang dibutuhkan.

5. Proses Pendempulan

Setelah seluruh dinding tertutupi dengan GRC board, maka pada tahap selanjutnya kita akan memasuki proses pendempulan. Untuk mendempul GRC board, Anda perlu mencampurkan dempul dengan air di sebuah wadah, lalu aduk hingga merata dan gunakan scrab untuk mengaplikasikan dempul pada bagian sambungan GRC board.

 

Dempul digunakan untuk memperhalus sambungan GRC board. Oleh karena itu, Anda harus mengaplikasikan dempul pada sambungan GRC board dengan baik dan serapi mungkin.

6. Mengaplikasikan Plamer

Ketika dempul sudah mengering, Anda dapat mengaplikasikan plamir pada seluruh permukaan GRC board. Campurkan plamir dengan air secukupnya (baca instruksi yang diberikan dari merek plamir yang Anda gunakan), kemudian aplikasikan plamir diamkan hingga tembok benar-benar kering.

7. Proses Pengecatan

Tahapan terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mengecat dinding rumah dengan cat tembok yang sudah dipilih sebelumnya. Anda dapat menggunakan cat tembok apapun sesuai dengan kebutuhan.

 

Baca Juga: 4 Rekomendasi Merk Cat Tembok yang Bagus dan Tahan Lama

 

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan kepada Anda. Perlu diingat, bahan material berkualitas dapat membuat rumah Anda menjadi lebih kokoh. Selain itu, Anda beserta keluarga dapat tinggal dengan nyaman di dalam rumah yang kokoh dan juga rapi.

Gunakan GRC board sekarang juga untuk pembangunan rumah Anda. Silakan kunjungi toko GRC terdekat atau lakukan pemesanan melalui website Klopmart dan jangan lupa untuk menerapkan 7 cara pemasangan GRC board untuk dinding sesuai dengan informasi yang telah kami berikan.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya