Konstruksi

15 Desain Mushola dalam Rumah Minimalis

Media
05 Jul 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Apakah Anda sedang merencanakan untuk membuat mushola di dalam rumah? Memiliki mushola dalam rumah dapat menjadi solusi praktis bagi Anda yang ingin menjalankan ibadah dengan lebih nyaman.

Pasalnya memiliki mushola dalam rumah dapat membuat Anda melaksanakan ibadah kapan saja tanpa harus keluar rumah. Hal ini sangat menguntungkan, terutama jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari masjid atau sulit untuk menemukan tempat ibadah terdekat.

Selain itu dengan adanya mushola dalam rumah, Anda juga dapat menjaga privasi ibadah. Anda dapat beribadah dengan tenang tanpa harus merasa terganggu oleh kehadiran orang lain. Bahkan mushola dalam rumah mampu memberikan fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Itu sebabnya berbagai desain mushola minimalis berikut ini bisa dijadikan inspirasi untuk membuat tempat ibadah sendiri yang sederhana dan estetis. Mari mulai pembahasannya sekarang! 

Desain Mushola dalam Rumah Minimalis

Sejatinya tidak ada standar khusus dalam pembuatan mushola di rumah. Anda bisa berkreasi menggunakan desain apa saja untuk membuatnya estetis dan elegan. Supaya tidak bingung, berikut beberapa contoh desain yang bisa Anda tiru. 

1. Desain Mushola dalam Ruangan Kecil


Punya ruang terbatas di dalam rumah? Tenang saja, Anda masih bisa menciptakan mushola yang nyaman. Salah satu desain yang bisa digunakan ialah dengan menggunakan sudut ruangan yang tidak terpakai. Anda dapat memanfaatkannya dengan menghadapkan sajadah ke arah kiblat, lalu menambahkan rak kecil untuk menyimpan Al-Qur'an dan perlengkapan ibadah lainnya.

Baca juga: Catat Tinggi Kran Tempat Wudhu yang Tepat

2. Desain Mushola dengan Nuansa Kayu


Jika Anda menginginkan nuansa alami dan hangat, desain dengan sentuhan kayu dapat menjadi pilihan yang tepat. Anda dapat menggunakan kayu sebagai material utama untuk lantai, dinding, dan juga langit-langit. Kemudian tambahkan lampu yang lembut serta karpet yang cocok, untuk menciptakan suasana ibadah yang tenang dan nyaman.

3. Desain Mushola dengan Gaya Minimalis Modern

Bagi Anda yang menyukai tampilan minimalis dan modern, desain mushola dengan gaya satu ini cocok digunakan. Penggunaan desain ini bisa menjadi suasana berbeda dalam rumah untuk menampilkan kesan yang elegan. 

Tambahkan beberapa furniture dan aksesori sederhana dengan warna netral seperti putih atau hitam sebagai pelengkap. Anda juga bisa memberikan sedikit sentuhan tanaman hijau untuk memberikan kesan yang menyegarkan di dalam ruangan mushola.

4. Desain Mushola dengan Sentuhan Warna Pastel


Jika Anda ingin memberikan kesan yang lebih lembut dan feminin, pilihlah desain dengan sentuhan warna pastel. Warna-warna seperti mint, lavender, atau peach dapat memberikan suasana yang menenangkan dan harmonis. Kombinasikan juga dengan berbagai aksesori untuk menciptakan ruang ibadah yang indah.

5. Desain Mushola dengan Konsep Terbuka

Pernah terbayang untuk membuat mushola dengan konsep terbuka? Maksudnya ialah Anda tidak membuat ruangan khusus, tetapi menggunakan suatu ruang luas yang bisa digunakan dalam berbagai fungsi. 

Penggunaan konsep terbuka juga memberikan keuntungan karena ruangan dalam rumah Anda jadi terasa lebih lega. Untuk memisahkan mushola ketika berdoa, Anda bisa menggunakan partisi transparan atau tirai yang dapat dibuka tutup untuk memisahkan mushola dari ruangan lainnya. 

Baca juga: 10 Desain Rumah Loteng Sederhana Minimalis

6. Desain Mushola dengan Gaya Skandinavia

Gaya skandinavia ditandai dengan kesederhanaan, kebersihan, dan kenyamanan. Untuk menonjolkan gaya skandinavia, Anda bisa menggunakan warna-warna netral seperti putih, abu-abu, dan biru muda. Lalu kombinasikan dengan furniture dan aksesori minimalis yang terbuat dari kayu serta bahan alami lainnya.

7. Desain Mushola dengan Sentuhan Modern Tropis


Jika Anda menginginkan suasana yang tropis dan segar dalam mushola di rumah, desain dengan sentuhan modern tropis bisa dicoba. Gunakan furniture dengan bahan alami seperti rotan atau bambu. Lalu jangan lupa tambahkan tanaman-tanaman hijau dan jendela besar untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

8. Desain Mushola dengan Gaya Industrial

Gaya industrial ditandai dengan penggunaan material kasar dan eksposisi elemen-elemen konstruksi. Desain mushola dengan gaya ini dapat menciptakan kesan yang unik dan keren. Jadi Anda perlu menggunakan dinding bata yang terlihat, lampu gantung industrial, dan furniture dengan tampilan yang kasar namun tetap nyaman.

Baca juga: 8 Cara Memasang Kran Air dengan Mudah

9. Desain Mushola dengan Nuansa Modern Klasik


Jika Anda menginginkan kombinasi antara kesan modern dan klasik dalam mushola Anda, desain dengan nuansa modern klasik akan memenuhi keinginan tersebut. Pilihlah furniture yang memiliki desain klasik tetapi dengan sentuhan modern seperti kursi jok berlapis kain warna-warni dan meja berornamen yang elegan.

10. Desain Mushola dengan Ruang Serbaguna


Tidak ada salahnya juga untuk menggunakan ruang serbaguna sebagai tempat ibadah. Anda dapat memanfaatkannya dengan menggunakan desain mushola yang serbaguna. Kemudian Anda bisa menempatkan furniture dengan fungsi ganda, seperti kursi yang dapat digunakan sebagai tempat penyimpanan, atau rak yang juga dapat digunakan sebagai meja. 

Keberadaan berbagai fitur multifungsi membuat Anda dapat mengoptimalkan penggunaan ruang dan tetap memiliki mushola yang nyaman.

11. Desain Mushola dengan Warna Monokromatik


Apabila Anda menyukai kesederhanaan, desain mushola dengan warna monokromatik akan menjadi pilihan tepat. Pilihlah satu warna dominan, contohnya putih atau abu-abu, kemudian gunakan nuansa yang berbeda dari warna tersebut untuk menciptakan kedalaman dan variasi dalam desain mushola Anda.

12. Desain Mushola dengan Sentuhan Etnik


Membuat mushola dengan elemen-elemen budaya atau sentuhan etnik lainnya juga bisa dilakukan kalau Anda memang menginginkan suasana mushola yang sesungguhnya. Gunakan motif-motif etnik pada karpet, bantal, atau tirai. Tambahkan juga aksesori dan dekorasi yang menggambarkan kekayaan budaya seperti ukiran kayu atau dudukan Al-Qur'an.

13. Desain Mushola dengan Ruang Bermain Anak

Jika Anda memiliki anak kecil, desain mushola dengan ruang bermain anak akan sangat berguna. Buat area khusus di dalam mushola yang dilengkapi dengan mainan dan buku-buku Islami. Melalui hal ini Anda dapat melibatkan anak dalam suasana ibadah dan memberikan mereka pengalaman yang positif.

Baca juga: Ini Cara Membuat Rak Buku dari Triplek Bekas Agar Hemat

14. Desain Mushola dengan Ruang Santai


Selain sebagai tempat ibadah, mushola juga dapat dijadikan ruang untuk bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Desain mushola dengan ruang santai dapat dilengkapi dengan sofa yang nyaman, meja kecil, serta pencahayaan yang lembut. Melalui hal ini Anda dapat menjadikan mushola sebagai tempat untuk membaca, berdiskusi, atau bahkan sekadar bersantai.

15. Desain Mushola dengan Ruang Belajar


Menyatukan ruang belajar dengan mushola juga bisa dijadikan cara cerdas untuk memanfaatkan seluruh ruangan di rumah Anda secara optimal. Tempatkan meja dan kursi kerja, lalu tinggal tambahkan sajadah yang sudah dihadapkan ke arah kiblat. 

Melalui berbagai pilihan desain mushola dalam rumah minimalis di atas, Anda jadi dapat memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan pribadi. Ingatlah untuk menciptakan ruang ibadah yang nyaman, tenang, dan menginspirasi agar Anda dapat menjalankan ibadah dengan khusyuk serta penuh kebahagiaan.

Jangan lupa untuk membeli berbagai kebutuhan konstruksi dan dekorasi mushola Anda dengan mengunjungi Klopmart sekarang juga! Klopmart menjual kebutuhan konstruksi berkualitas yang lengkap untuk membantu Anda dalam membangun mushola impian. Dapatkan semua bahan dan alat yang Anda butuhkan hanya di Klopmart! 

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya