Cara Mengaplikasikan Cat untuk Botol Plastik dengan Tepat

Bagi Anda yang selama masa pandemi ini mulai menjalankan hobi baru dengan tumbuhan, maka ada tips penting mengenai cara mengaplikasikan cat untuk botol plastik yang dapat digunakan sebagai vas atau pot tanaman. Botol-botol plastik dapat didaur ulang dan dijadikan sebagai barang-barang seperti pot tanaman contohnya. Oleh karena itu, untuk mempercantik visual dari barang daur ulang tersebut, Anda dapat menggunakan cat tertentu yang bisa diaplikasikan pada bahan plastik. 

Melalui artikel ini, kami akan memberikan 6 cara mengaplikasikan cat untuk botol plastik dan simak artikel ini hingga akhir karena akan ada rekomendasi cat khusus untuk botol plastik yang dapat Anda gunakan. 
 

Cara Penggunaan Cat untuk Botol Plastik

Berikut ini, ada beberapa langkah dalam menggunakan cat untuk botol plastik yang dapat Anda coba sendiri di rumah, yaitu:
 

1. Cuci Botol Plastik Hingga Bersih

Sebelum cat diaplikasikan pada botol plastik, Anda perlu mencuci terlebih dahulu botol plastik yang akan digunakan. Hal ini bertujuan untuk mempermudah proses pengecatan. Apabila terdapat kotoran seperti pasir-pasir halus pada botol plastik ataupun minyak, tentu hal tersebut akan membuat cat menjadi tidak rapi, bukan?
 

2. Tutup Bagian yang Tidak Ingin Dicat

Jika Anda ingin berkreasi dengan botol plastik yang ingin dicat seperti membuat campuran warna dalam sebuah botol plastik, maka ada sebuah alat yang harus disiapkan yaitu kertas koran. Kertas koran ini bertujuan untuk menutup bagian sisi yang tidak ingin dicat. Selain kertas koran, Anda juga dapat menggunakan isolasi.

Baca juga: Rumus Campuran Warna Cat Tembok yang Umum Digunakan
 

3. Sediakan Koran Sebagai Alas Kerja

Kertas koran yang digunakan untuk menutup bagian sisi dari botol plastik yang tidak ingin dicat dapat Anda gunakan juga sebagai alas kerja agar cat tidak mengotori tempat atau barang lain. Jika koran sebagai alas kerja dirasa kurang cukup, Anda juga dapat menyediakan paint remover terlebih dahulu untuk membersihkan noda cat.
 

4. Usapkan Kuas yang Sudah Dicelupkan Ke Dalam Cat

Setelah semua persiapan awal sudah lengkap, maka ini saatnya untuk kita masuk ke dalam tahap pengecatan. Agar hasil cat rapih, celupkan kuas ke dalam cat, namun jangan terlalu banyak. Usapkan kuas untuk cat akrilik secara tipis dan merata ke seluruh bagian botol plastik yang ingin dicat. Tidak apa-apa jika cat tidak terlalu terlihat jelas karena Anda akan mengulangi proses tersebut berkali-kali hingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dalam proses pengecatan, Anda perlu mendiamkan tiap lapisannya selama beberapa menit hingga cat mengering dan tidak menimbulkan tonjolan yang dapat membuat botol plastik kurang terlihat bagus. 
 

5. Diamkan Selama 24 Jam

Ketika seluruh bagian botol plastik telah dicat secara menyeluruh, Anda dapat mendiamkan botol plastik tersebut selama kurang lebih 24 jam agar botol plastik benar-benar kering secara menyeluruh.
 

6. Revisi Cat yang Belum Rapi

Langkah terakhir sebelum Anda dapat menggunakan botol plastik tersebut adalah melakukan revisi cat. Perhatikan apabila ada bagian cat yang kurang rapi, maka Anda dapat memperbaiki bagian tersebut agar hasil dari pengecatan botol plastik tersebut menjadi lebih maksimal.
 

Rekomendasi Cat untuk Botol Plastik

Pada dasarnya, segala jenis cat dapat Anda gunakan untuk mengecat barang-barang yang berbahan plastik. Namun akan lebih tepat dan maksimal hasilnya apabila Anda menggunakan cat khusus untuk plastik seperti cat akrilik. Oleh karena itu, silakan cek penawaran harga cat Propan Acrylux dari Klopmart dan Anda dapat mencoba menggunakan produk tersebut sebagai cat untuk botol plastik dengan tampilan warna yang menarik serta terlihat glossy.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya