Cat dan Kimia

8 Jenis Kuas Akrilik untuk Alat Pengecat Anda!

Media
09 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Cat akrilik adalah salah satu jenis cat yang dapat digunakan pada beberapa medium seperti kanvas, kain, kertas, dan dinding konkret atau semen. Berkat karakteristiknya yang mudah kering dan menghasilkan hasil pewarnaan sangat cemerlang, cat akrilik banyak dipilih sebagai cat dinding. Anda hanya perlu menggunakan cat bertekstur halus maupun kasar untuk mengaplikasikan cat akrilik ke dinding. Untuk hasil yang lebih bagus, cobalah delapan jenis kuas untuk cat akrilik berdasarkan bentuknya.

Pointed round (kuas ujung runcing)

Jenis kuas untuk cat akrilik dengan bentuk ujung runcing atau pointed round biasanya banyak dipakai untuk membuat garis, gambar-gambar, detail rumit, dan untuk mengisi bidang yang sempit. Ujungnya yang runcing dapat digunakan untuk polesan terakhir pada pengecatan, termasuk mengoreksi kesalahan-kesalahan kecil yang Anda buat selama mengecat dinding.


Round (kuas ujung bulat runcing)

Untuk mengisi warna pada bidang-bidang yang sempit, jenis kuas untuk cat akrilik berbentuk round akan sangat bermanfaat. Kuas jenis ini memiliki daya tampung yang baik, sehingga hanya dengan mengubah tekanan, Anda dapat membuat garis tipis yang perlahan menebal seiring dengan tekanan yang berubah.

Flat (kuas sapu)

Ciri khas bentuk kuas sapu atau flat adalah melebar dan datar. Kuas flat adalah yang paling banyak dan sering Anda temui. Fungsinya adalah untuk membuat garis-garis tebal, menyudut, dan kaku. Bentuknya yang lebar membuat kuas flat mampu mengisi bidang besar dan luas secara lebih cepat.

Filbert

Ingin mencampurkan lebih dari satu warna saat mengecat dinding rumah? Anda bisa menggunakan kuas filbert yang memang fungsi utamanya untuk mencampurkan warna langsung pada bidang gambar. Dengan kombinasi kuas ujung bulat runcing dan sapu, kuas filbert bisa membuat gradasi warna langsung pada dinding.

Fan (kuas kipas)

Kuas yang bentuknya sangat mirip dengan kipas sehingga dinamakan fan ini gunanya untuk memperhalus tekstur warna, mencampur warna di atas bidang gambar, sekaligus menciptakan tekstur-tekstur yang khas. Jika Anda membuat mural pada dinding, maka kuas fan akan makin menyempurnakan gambar Anda.

Bright

Bright adalah jenis kuas untuk cat akrilik yang fungsi utamanya untuk membuat detail garis-garis pendek yang tebal, termasuk juga untuk menambah aksen-aksen warna yang solid. Ujung brush kuas bright agak melengkung ke dalam sehingga bentuknya akan terlihat lebih pendek.

Detail round (kuas runcing)

Kuas detail round berbentuk mirip dengan kuas ujung runcing yang ujung-ujung brush-nya sangat tajam dan tipis, namun bedanya kuas ini memiliki brush yang lebih pendek dan berbentuk lebih runcing atau tajam. Fungsi utama kuas detail round adalah untuk menggambar detail dengan garis-garis tipis dan merata. Secara umum, kuas runcing memiliki tangkai dan brush pendek.


Angular flat (kuas sapu miring)

Fungsi kuas jenis angular flat atau sapu miring adalah untuk menciptakan garis-garis dan goresan-goresan yang organik. Selain bisa dipakai pada bidang gambar yang luas dan lebar, kuas angular flat pun bisa dipakai untuk mengisi bidang-bidang sempit. Ini berkat ujungnya yang tajam sehingga bisa menjangkau bidang sempit, sekaligus bentuknya yang lebar seperti kuas sapu untuk menyapukan warna di bidang yang besar.

Nah, itulah tadi delapan jenis kuas untuk cat akrilik berdasarkan bentuk dan fungsinya. Berbeda bentuk kuasnya, akan berbeda pula fungsi dan hasil pengecatan. Oleh karena itu, pilih baik-baik bentuk kuas yang Anda butuhkan. Dapatkan kuas terbaik untuk cat akrilik hanya di Klopmart.

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya