Cat dan Kimia

Cara Mencampur Warna Cat Tembok Untuk Hunian Anda

Media
08 Jan 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada kalanya kita terlanjur membeli cat tembok dengan warna yang tidak sesuai dengan bayangan. Ketika melihat dari katalog, sepertinya warna tersebut yang sesuai. Namun, saat diaplikasikan ke tembok, ternyata warna cat kurang sesuai dengan yang kita harapkan. Hasilnya bisa terlalu gelap maupun terlalu terang, tapi Anda bisa mengakali hal ini dengan mencampurnya dengan warna lain. Berikut cara mencampur cat tembok untuk mendapatkan warna ideal yang Anda inginkan.

Membuat warna cat lebih terang

Cara satu-satunya untuk membuat warna cat tembok lebih terang adalah dengan menambahkan warna putih. Banyaknya warna putih yang dibutuhkan tergantung pada seberapa gelap cat tembok milik Anda dan seberapa terang Anda menginginkan warna cat tersebut dihasilkan.

Bahkan, Anda bisa hanya membutuhkan beberapa gelas cat putih saja. Selain itu, membuat warna cat lebih terang juga bisa menghemat budget jika Anda membutuhkan cat tembok yang lebih banyak. Pasalnya, cat tembok putih biasanya dibanderol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan warna cat tembok lain.


Membuat warna cat lebih gelap

Jika dibandingkan dengan membuat warna cat lebih terang, membuatnya menjadi lebih gelap relatif lebih sulit. Anda bisa menggunakan warna gelap untuk melakukannya. Warna tersebut tidak melulu hitam. Anda juga bisa menggunakan warna dengan aksen abu-abu. Gunakan sedikit warna hitam untuk membuat warna pastel lebih gelap. Namun, jika Anda menginginkan perubahan yang lebih mencolok, Anda bisa bereksperimen dengan banyak warna lain.

Membuat warna cat lebih terang

Biasanya, kesalahan membeli warna cat yang terlalu pudar terjadi ketika Anda menginginkan  warna-warna pastel. Jika cat yang terlanjur Anda beli kurang terang, maka Anda bisa mencampurnya dengan warna dasar dari warna cat tersebut. Sebagai contoh, ketika Anda menginginkan cat berwarna hijau pastel menjadi hijau neon, maka campurlah dengan warna dasar hijau dan sedikit kuning.

Membuat warna cat lebih pudar

Berbeda dengan poin sebelumnya, membuat warna cat agar terlihat lebih pudar tidak sekadar membutuhkan warna dasar. Anda perlu menggunakan warna cat yang berseberangan. Contohnya, ketika Anda ingin memudarkan warna kuning podang, maka Anda perlu mencampurnya dengan warna ungu. Hasil campuran warna akan menghasilkan warna cat yang lebih “tenang”.

Mengubah aksen warna cat

Warna cat tidak hanya sekadar biru, hijau, kuning, maupun abu-abu. Terdapat banyak variasi warna cat yang bisa Anda pilih. Misalnya, hijau dengan aksen warna biru yang juga biasa disebut teal atau turquoise, warna abu-abu dengan sedikit aksen warna ungu, dan sebagainya. Warna-warna seperti ini biasanya dibanderol dengan kisaran harga yang lebih mahal dengan warna-warna dasar.

Jika Anda ingin mendapatkan warna unik seperti ini, Anda bisa membuat warna sendiri dibandingkan membeli warna unik tersebut secara langsung agar hemat. Namun, mencampur warna sendiri untuk menghasilkan warna unik ini tidak semudah seperti menerangkan dan menggelapkan warna. Anda harus banyak bereksperimen dengan berbagai warna sekaligus mempunyai pengetahuan dasar mengenai warna.

Perlu diingat, ada beberapa warna yang memiliki aksen yang lebih kompleks untuk diubah. Contoh dari warna-warna tersebut misalnya coklat, beige, dan abu-abu. Sebaliknya, ada beberapa warna yang lebih mudah untuk diubah aksennya sebab warna-warna tersebut mempunyai aksen yang sederhana. Contoh dari warna-warna tersebut adalah hijau, kuning, biru, dan lain sebagainya.


Melakukan percobaan dalam jumlah kecil

Meskipun telah mengetahui cara mencampur warna cat tembok, Anda perlu latihan terlebih dahulu dengan jumlah cat yang sedikit seperti pada saat mencampur warna. Ketika Anda sudah menemukan formula campuran warna cat yang tepat, Anda bisa mengaplikasikannya dalam kaleng cat tembok secara langsung. Namun, jangan lupa untuk mengaduk campuran cat dengan sempurna, bila tidak, warna asli dari campuran warna cat tersebut tidak bisa keluar dengan baik.

Meskipun Anda mengetahui cara mencampur warna cat tembok dengan cukup baik, tapi masih ragu-ragu dengan hasilnya jika mencampur sendiri, Anda bisa langsung memilih warna catnya dan mengetahui harga cat tembok  di Klopmart. Melalui situs belanja dengan gratis ongkos kirim ini, Anda bisa mendapatkan berbagai pilihan warna cat. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan warna cat tembok sesuai keinginan tanpa harus mencampurnya sendiri. 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya