Pahami Cara Menggunakan Paint Remover Untuk Membersihkan Dinding Anda

Cara menggunakan paint remover bukanlah hal yang sulit, asal Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang tepat. Baik itu dalam usaha menghilangkan cat dari dinding, trim, atau menghilangkan pernis dari perabotan vintage, akan perlu menggunakan beberapa cairan kimia seperti paint remover untuk melakukan pekerjaan itu. Berikut ini adalah cara dalam mengaplikasikan paint remover dalam membersihkan sebuah cat dinding.

Langkah dan Cara Menggunakan Paint Remover

Semua cat akan bereaksi terhadap paint remover. Memilih cairan yang tepat akan tergantung dari apakah Anda ingin menghilangkan cat akrilik (minyak) atau lateks (air). Periksa juga label dari paint remover dengan hati-hati, pastikan Anda membeli cairan yang tepat untuk pekerjaan Anda. Ada yang bisa digunakan untuk cat, pernis, epoksi, dan pelapis akhir lainnya. Beberapa jenis juga hanya cocok untuk permukaan kayu, sementara yang lain dirancang untuk logam, bata, dll.

Jika sudah memilih jenis yang tepat, siapkan juga kuas dan juga pisau dempul. Karena, untuk mengaplikasikan paint remover, kita akan menggunakan kuas atau roller sesuai luas permukaan cat yang ingin dihilangkan. Berikut ini adalah langkah secara rinci untuk bisa menerapkan paint remover untuk menghilangkan cat pada tembok Anda.

Ada baiknya jika Anda mempersiapkan beberapa hal berikut ini:

  • Paint remover sesuai jenis cat
  • Kain
  • Terpal plastik
  • Kuas
  • Tape
  • Wol baja sangat halus (opsional)
  • Kacamata pelindung
  • Pisau dempul atau pengikis plastik
  • Masker

Baca juga: 8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi dengan Mudah dan Ampuh
 

Langkah 1: Gunakan Alat Pelindung

Sebelum melakukan apapun, kenakan perlengkapan keselamatan Anda. Termasuk respirator/masker, kacamata pengaman, dan sarung tangan. Minimal alat pelindung yang harus Anda kenakan saat menggunakan paint remover adalah: 

Langkah 2: Test Paint Remover Anda

Setelah menggunakan berbagai alat pelindung, gunakan kuas untuk mengoleskan cairan pada area kecil. Jika terlihat hasil yang diharapkan, saatnya Anda bersiap untuk mengoleskan paint remover ke permukaan yang lebih besar.
 

Langkah 3: Bersihkan dan Persiapkan Berbagai Peralatan

Jika produk yang Anda gunakan bisa berfungsi dengan baik, bersiaplah untuk mulai menerapkannya ke seluruh permukaan dinding Anda. Pastikan area yang akan diberikan paint remover sudah bersih. Jangan sampai ada debu, partikel cat yang terlepas, dan kotoran.

Jika area bersih, maka pori-pori pada permukaan yang dicat akan terbuka. sehingga penghilang cat dapat bekerja dengan baik. Anda dapat memilih untuk melakukan pengamplasan di permukaan sebelum pengaplikasian, tetapi hal itu bukan sesuatu yang wajib dilakukan.

Baca juga: 2 Pilihan Cara Mengelupas Cat Tembok Dengan Mudah
 

Langkah 4: Aplikasikan Paint Remover

Ambil terpal plastik, penghapus cat, pisau dempul, dan kuas Anda. Mulailah mengoleskan paint remover ke permukaan. Dengan menggunakan kuas sebarkan secara merata ke seluruh area cat yang ingin Anda kelupas.Tidak perlu terlalu halus, rata, atau cantik. 
 

Langkah 5: Kikis dan Bersihkan

Diamkan setidaknya selama 30 menit. Setelah waktu tersebut berlalu, Anda akan melihat paint remover yang agak kering terlepas bersama dengan cat yang telah dilembutkan, meninggal kan permukaan yang kosong. Kikis dengan pengikis untuk menghilangkan area cat yang tersisa. Bersihkan dinding dengan kain basah, biarkan mengering sebelum menerapkan cat baru.

Itu dia beberapa langkah rekomendasi dalam menggunakan paint remover pada dinding Anda. Semoga informasi mengenai cara menggunakan paint remover ini bisa membantu Anda, jika membutuhkan cairan tersebut, Anda bisa cek harga propan paint remover dari Klopmart berikut ini sekarang juga!

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bekas Cat di Lantai dengan Mudah


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
30 Apr 2021

Related Article