7 Cara Penggunaan Kikir yang Benar

Kikir sebenarnya merupakan alat sederhana yang sering diabaikan, tetapi memiliki peran penting dalam berbagai proyek. Contohnya seperti pada proyek kerajinan, konstruksi, hingga perbaikan sehari-hari. Jika Anda ingin meratakan atau menghaluskan suatu benda kerja maka penggunaan kikir jadi sangat tepat. Namun apakah Anda tahu cara penggunaan kikir yang benar?

Supaya Anda mendapatkan pemahaman menyeluruh, Klopmart sudah menyiapkan informasi menyeluruh tentang alat kikir itu sendiri, jenis-jenisnya, dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik. Mari langsung simak pembahasannya di bawah ini! 

Mengenal Kikir

Sebelum memahami lebih dalam cara menggunakannya, mari kenali terlebih dahulu apa sebenarnya alat kikir yang dimaksudkan. Kikir secara sederhana dapat didefinisikan sebagai alat yang digunakan untuk meratakan atau menghaluskan permukaan suatu benda kerja.

Itu berarti alat satu ini akan sangat berguna dan dapat dijadikan sahabat baik untuk proses pemahatan berbagai bahan material seperti kayu, logam, plastik, atau bahkan batu. Kikir yang digunakan sebagai alat perkakas ini memiliki berbagai bentuk dan ukuran yang dirancang khusus untuk berbagai jenis pekerjaan. 

Jadi apa pun pekerjaan tangan yang sedang dikerjakan, Anda dapat menggunakan kikir untuk menghaluskan permukaan benda-benda kerja tersebut. Namun Anda perlu mengetahui masing-masing fungsi jenis kikir untuk bisa memaksimalkan penggunaannya. Coba cari tahu lebih lanjut fungsi setiap jenis kikir yang ada pada poin berikutnya!

Baca juga: 4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Jenis-Jenis Kikir berdasarkan Fungsinya


Teknologi yang terus berkembang memberikan kemudahan bagi masyarakat, termasuk para perajin dan pelaksana proyek. Perkembangannya dibuktikan dengan munculnya beragam jenis kikir yang memiliki fungsinya masing-masing. Ketahui apa saja jenis kikir yang ada dan tujuan penggunaannya berikut ini! 

1. Kikir Pipih

Kikir pipih adalah salah satu jenis yang paling umum digunakan dalam berbagai proyek. Mata kikir pipih memiliki bentuk datar dan rata yang tersedia dalam berbagai tingkat kekasaran (grit). Makin kasar grit-nya maka makin cepat juga alat kikir menghilangkan bagian-bagian yang diinginkan pada suatu material. 

Kikir pipih ideal untuk menghaluskan permukaan benda kerja seperti kayu atau logam. Kikir pipih ini bahkan juga cocok untuk menghilangkan tanda-tanda pengikisan dan merapikan permukaan.

2. Kikir Perata

Jenis kedua disebut sebagai kikir perata karena memiliki mata yang lebih lebar dan rata dibandingkan dengan kikir pipih. Mata yang lebih lebar memungkinkan jenis kikir satu ini untuk menghilangkan banyak bagian material yang diinginkan dengan cepat. Tentu jenis kikir ini merupakan pilihan yang baik saat Anda perlu meratakan permukaan.

3. Kikir Tangan

Kikir tangan adalah kikir yang lebih kecil dan dirancang untuk penggunaan manual. Mereka memiliki bentuk ergonomis yang membuatnya mudah digunakan. Kikir tangan ini sangat cocok digunakan untuk pekerjaan detail atau proyek kecil yang memerlukan presisi tinggi, seperti ukiran kayu atau pemodelan.

Baca juga: Teknik Pahat yang Bisa Diterapkan Untuk Kerajinan

4. Kikir Setengah Bulan

Kikir setengah bulan memiliki bentuk setengah bulan yang unik. Mata kikir ini ideal untuk meratakan permukaan melengkung maupun sudut yang sulit dijangkau oleh jenis kikir lainnya. Jenis kikir ini juga sering digunakan dalam pekerjaan seni dan pemodelan.

5. Kikir Bermata

Seperti namanya, kikir bermata memiliki dua mata yang berbeda. Salah satu mata biasanya kasar sehingga cocok untuk penghapusan material kasar. Kemudian mata yang lainnya memiliki permukaan yang lebih halus untuk hasil akhir yang sempurna. Penggunaan jenis kikir ini sangat fleksibel, jadi Anda dapat menggunakannya dalam berbagai kebutuhan.

6. Kikir Rasp

Kikir rasp memiliki gigi yang sangat kasar dan digunakan untuk menghilangkan material dalam jumlah besar dengan cepat. Jenis kikir ini berguna dalam pekerjaan kasar seperti penghalusan kayu kasar maupun pemotongan bahan yang lembut.

7. Kikir Alur

Kikir alur memiliki mata yang dirancang khusus untuk membuat alur atau lubang pada benda kerja. Kikir ini juga berguna dalam proyek instalasi pipa, kabel, atau ketika Anda perlu membuat alur khusus pada kayu atau logam.

8. Kikir Rotary

Kikir rotary digunakan dengan mesin penggiling yang berputar dengan kecepatan tinggi. Jenis kikir satu ini jelas sangat efisien dalam menghilangkan material dari logam dan bahan keras lainnya. 

Kalau Anda membutuhkan proses penghalusan yang sangat cepat maka penggunaan kikir rotary jadi sangat tepat! Tidak heran kalau jenis ini akan banyak Anda temukan dalam proyek konstruksi dan pemotongan logam. Pasalnya penggunaan kikir rotary akan banyak mempercepat proses produksi. 

9. Kikir Kecil

Selanjutnya ada kikir kecil yang juga sangat mudah digunakan. Bentuknya yang kecil membuat Anda bisa membawanya ke berbagai tempat saat dibutuhkan tanpa masalah. Namun kikir kecil ini lebih cocok digunakan untuk pekerjaan detail, seperti ukiran kayu atau pemodelan seni miniatur.

10. Kikir Elektrik

Kikir elektrik adalah alat yang digerakkan oleh tenaga listrik dan sangat efisien dalam penghapusan material besar, termasuk proyek konstruksi. Jenis kikir ini lebih tepat digunakan dalam pemotongan logam dan berbagai aplikasi berat lainnya.

Baca juga: 15 Alat Bangunan yang Wajib Ada di Rumah Anda

Bagaimana Cara Penggunaan Kikir yang Benar?

Setelah mengenal berbagai jenis kikir yang ada, mari lanjutkan dengan pemahaman tentang cara menggunakan kikir dengan benar. Temukan langkah-langkah praktis untuk membantu mengoptimalkan hasil kerja Anda di bawah ini!

1. Pilih Jenis Kikir yang Tepat

Sebelum Anda mulai meratakan atau menghaluskan, penting untuk memilih jenis kikir yang paling sesuai dengan pekerjaan yang akan dilakukan. Coba pertimbangkan dahulu jenis material yang akan Anda kerjakan dan hasil akhir yang diinginkan. Pastikan kikir yang Anda pilih memiliki mata yang sesuai dengan tugas tersebut.

2. Kenakan Perlengkapan Keselamatan

Kemudian pastikan juga kalau Anda sudah mengenakan perlengkapan keselamatan yang lengkap sebelum melakukan pengikisan untuk melindungi Anda dari berbagai bahaya. 

Perlengkapan yang dimaksudkan termasuk kacamata pelindung untuk melindungi mata Anda dari serpihan serta masker debu untuk melindungi pernapasan dari partikel kecil berbahaya yang dapat terhirup.

3. Pegang Kikir dengan Benar

Demi keselamatan, Anda perlu memegang kikir dengan erat dan nyaman. Jika tidak nyaman maka kemungkinan besar kikir dapat meleset dan mengenai tangan. Pastikan pegangan kikir Anda juga bersih dari minyak atau pelumas yang dapat membuat kikir sulit dipegang dengan baik.

4. Gunakan Tekanan yang Tepat

Jangan terlalu keras menekan kikir ke permukaan benda kerja. Biarkan berat kikir dan mata kikirnya melakukan sebagian besar pekerjaan. Gunakan tekanan yang cukup untuk menghilangkan material, tetapi hindari tekanan berlebihan yang dapat merusak kikir atau permukaan benda kerja.

5. Gerakkan Kikir dengan Lancar

Gerakkan kikir secara teratur dan lancar ke arah yang diinginkan. Hindari gerakan yang terlalu cepat atau terlalu lambat, serta tekanan yang tidak merata. Anda perlu melakukan gerakan dan memberikan tekanan yang sama secara konsisten sehingga hasil akhir yang didapatkan menjadi lebih rata dan halus.

6. Periksa Hasilnya Secara Berkala

Selalu periksa hasil kerja Anda secara berkala. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa Anda mencapai bentuk atau permukaan yang diinginkan. Jika perlu, Anda dapat melakukan koreksi atau penyesuaian selama proses.

7. Bersihkan Debu dan Serpihan

Setelah selesai menggunakan kikir, pastikan untuk membersihkan debu dan serpihan dari area kerja Anda. Pembersihan dan perawatan yang dilakukan secara berkala pasti akan menjaga kikir tetap tajam sehingga dapat mencegah akumulasi material yang mengganggu hasil kerja Anda.

Melalui pemahaman tentang cara penggunaan kikir yang tepat maka Anda telah membuka pintu menuju hasil pekerjaan yang lebih berkualitas dan tahan lama. Jika Anda membutuhkan alat atau bahan lainnya selain kikir untuk menyelesaikan proyek konstruksi, langsung saja kunjungi Klopmart. 

Di sini Anda akan menemukan berbagai kebutuhan untuk atap, dinding, dan lantai rumah berkualitas tinggi. Dapatkan semua bahan dan alat material yang Anda butuhkan sekarang hanya di Klopmart

Sumber rujukan: 

  • https://yaletools.com/id/cara-menggunakan-kikir/
  • https://www.empatpilar.com/pengertian-dan-cara-penggunaan-kikir/
  • https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kikir_(alat_tangan)
  • https://teknikece.com/jenis-kikir/ 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya