Konstruksi

4 Jenis Teknologi Konstruksi dan Perkembangannya

Media
10 Mei 2023

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tahukah Anda apa itu teknologi konstruksi? Belakangan ini, semakin banyak pembangunan gedung-gedung tinggi ataupun infrastruktur, terlebih di daerah kota-kota besar. Keberhasilan pembangunan gedung ini tentunya juga diikuti dengan teknologi konstruksi yang sudah berkembang pesat. 

Dalam sektor konstruksi, berbagai inovasi baru saat ini mulai banyak dilakukan dengan memanfaatkan software berteknologi digital yang dugunakan untuk pengopersian alat-alat berat dalam teknologi konstruksi. Lalu, apa yang dimaksud dengan teknologi konstruksi? Yuk simak artikel berikut ini. 

Apa Itu Teknologi Konstruksi?


Teknologi konstruksi merupakan suatu teknologi yang dimanfaatkan dalam sektor konstruksi dan disesuaikan dengan kebutuhan yang diinginkan. Dalam hal ini untuk pembangunan di bidang sarana dan prasarana. 

Teknologi konstruksi ini juga dapat diartikan sebagai ilmu terapan atau ilmu praktik yang menggabungkan berbagai ilmu lainnya dengan tujuan untuk dapat menyelesaikan masalah sehari-hari di dalam kehidupan manusia.

Berbagai hasil akhir dari teknologi konstruksi ini salah satunya yakni rumah atau tempat tinggal. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, memunculkan berbagai bangunan bertingkat seperti villa, hotel, dan bangunan mewah lainnya. 

Selain dari segi bangunan, perkembangan teknologi konstruksi ini juga menghasilkan berbagai infrastruktur lainnya seperti pembangunan jalan di beberapa daerah, jembatan, rel kereta api, serta sarana prasarana lainnya. Hal ini bertujuan untuk mempermudah aktivitas dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Jauh sebelum teknologi berkembang dengan pesat seperti saat ini, pekerjaan konstruksi hanya menggunakan bahan-bahan yang berasal dari alam dan dengan alat yang sederhana.

Teknologi konstruksi yang terus-menerus berkembang tentunya bisa mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Hal ini terlihat dengan maraknya konstruksi yang banyak terjadi di kota-kota besar, baik konstruksi dalam skala kecil maupun konstruksi besar sekalipun. 

Bagaimana Perkembangan Teknologi Konstruksi Pada Masa Sekarang?


Seiring dengan kemajuan zaman, teknologi konstruksi saat ini juga kian mengalami kemajuan yang sangat pesat. Bukan hanya terlihat dari beragam bahan atau material yang dipakai saja tetapi juga dapat dilihat dari berbagai alat yang digunakan dalam pembuatan produk konstruksi.

Sebelumnya kegiatan pembangunan hanya memanfaatkan bahan atau material yang berasal dari alam tanpa proses pengolahan dan bangunan konstruksi yang dihasilkan masih bersifat sederhana serta memerlukan waktu yang cukup lama. Saat ini Anda mungkin akan menemukan banyak sekali bahan olahan dan alat yang begitu canggih untuk menciptakan sebuah bangunan. 

Sebagai contohnya, pembangunan tempat tinggal atau rumah pada zaman dahulu hanya menggunakan bahan dasar kayu atau bambu sebagai dindingnya. Saat ini dinding rumah tidak lagi menggunakan bahan tersebut melainkan sudah beralih menggunakan bahan seperti batu bata, semen, dan bahan lainnya. 

Perkembangan teknologi konstruksi saat ini yang semakin beragam dan canggih tentunya mempermudah pekerjaan serta lebih mengefisienkan waktu konstruksi. Hasilnya, perkembangan infrastruktur juga turut mengalami kemajuan yang sangat pesat.

Bahkan, kini semua orang dapat merasakan manfaat dari adanya pembangunan tersebut. Misalnya, terciptanya jalan raya dan jalan tol yang bagus, apartemen, hingga gedung-gedung bertingkat dengan beragam bentuk. Selain sebagai penunjang dalam pembangunan sarana dan prasarana, penggunaan teknologi konstruksi juga harus memberikan nilai tambah untuk pelaksanaan pembangunan infrastruktur. 

Perkembangan teknologi konstruksi ini juga terlihat dari berbagai alat canggih yang digunakan dalam pengoperasian alat-alat berat. Misalnya, dalam proses pencampuran semen. Jika dahulu hanya bisa memanfaatkan tenaga manusia, saat ini proses tersebut bisa menjadi lebih efisien dengan penggunaan molen.

Itu sebabnya, teknologi konstruksi memiliki prinsip fundamental yakni penerapan prinsip Building Information Modeling (BMI) atau yang lebih dikenal dengan teknologi konstruksi yang berbasis industri 4.0. 

Jenis-Jenis Teknologi Konstruksi

Pada praktiknya, tidak hanya terdapat 1 atau 2 teknologi konstruksi, melainkan sedikitnya terdapat 4 jenis yang mungkin banyak Anda temukan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasannya di bawah ini:

1. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Permukiman atau Perumahan (Residential Construction)


Berbagai proyek konstruksi yang memanfaatkan teknologi dapat berupa proyek pembangunan perumahan seperti tempat tinggal atau rumah, hotel, villa, apartemen, dan kompleks perumahan. Dalam hal ini pembangunan yang dilakukan bisa melalui dua cara utama, yakni secara pribadi dan juga massal. 

Pengerjaan konstruksi bangunan untuk permukiman atau perumahan umumnya membutuhkan perencanaan wilayah yang cukup matang. Hal ini dikarenakan konstruksi ini berkaitan langsung dengan penyediaan berbagai fasilitas serta jaringan infrastruktur yang meliputi air bersih, telepon, listrik, jalan, dan berbagai sarana serta prasarana lainnya. 

2. Proyek Konstruksi Bangunan untuk Gedung (Building Construction)


Proyek konstruksi pembangunan untuk gedung menjadi jenis pekerjaan proyek yang banyak dilakukan hingga saat ini. Pasalnya jenis teknologi konstruksi yang satu ini lebih fokus untuk menekankan pada pertimbangan konstruksi, pertimbangan-pertimbangan terhadap teknologi yang sifatnya lebih praktis dan pertimbangan pada berbagai peraturan bangunan setempat.  

Dalam proyek konstruksi bangunan untuk gedung, perencanaan merupakan tahap awal yang sangat penting. Proses perencanaan melibatkan pemilihan lokasi, studi kelayakan, analisis biaya, desain arsitektur, dan desain struktural. 

Selain aspek teknis, proyek konstruksi bangunan untuk gedung juga melibatkan manajemen proyek yang efektif. Manajemen proyek mencakup pengaturan jadwal proyek, pengawasan kualitas pekerjaan, pengelolaan keuangan, dan koordinasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam proyek.

3. Proyek Konstruksi Terhadap Teknik Sipil (Heavy Engineering Construction)


Proyek Konstruksi yang berkaitan dengan teknik sipil atau dikenal juga dengan heavy engineering construction ini pada umumnya berasal dari kelompok pemerintah baik itu pemerintah pusat (nasional) maupun dari pemerintah daerah di suatu kota atau kabupaten. 

Dalam proses pengerjaan teknologi konstruksi ini menekankan pertimbangan khusus yang mencakup elemen-elemen keuangan, desain, dan pertimbangan hukum sebagai poin penting dalam pengambilan keputusan pertimbangan yang ada. 

Selain itu, bagian yang lebih penting dari teknologi konstruksi ini adalah memiliki sifat tidak mengambil keuntungan yang banyak atau dengan kata lain nonprofit dan lebih memfokuskan kepada pelayanan atau layanan masyarakat umum (public service).

Dalam penerapannya, proyek ini lebih terfokuskan pada proses penambahan infrastruktur lingkungan, seperti pembangunan jalan, bendungan, jalur rel kereta api, pertambangan, taman kota, dan berbagai pembangunan publik lainnya.

Baca juga: Apa Kegunaan Mortar dalam Proyek Pembangunan Rumah?

4. Proyek Konstruksi untuk Bangunan Industri (Industrial Construction)


Jenis teknologi konstruksi ini tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang, membutuhkan keahlian khusus dalam proses perencanaannya yang berkaitan dengan desain dan kebutuhan konstruksi yang ada di dalamnya.

Proyek ini termasuk ke dalam bagian proyek yang relatif kecil jika dibandingkan dengan industri konstruksi, akan tetapi komponen yang ada di dalamnya sangat penting bagi perkembangan bangunan industri. 

Pada umumnya, yang menjadi pemilik atau pemimpin dalam teknologi konstruksi ini adalah sebuah perusahaan atau industri yang cukup besar seperti perusahaan kimia, perusahaan minyak, atau perusahaan farmasi.

Dalam teknologi konstruksi, penentuan dan penggunaannya membutuhkan berbagai macam pertimbangan dari berbagai sumber daya diantaranya bahan bangunan, manusia, peralatan, uang, metode pelaksanaan, informasi, serta waktu dalam proses pengerjaannya. 

Jika Anda membutuhkan bahan bangunan yang berkualitas agar bangunan dapat berdiri dengan kokoh dalam waktu lama, Klopmart adalah tempat yang tepat. Sebagai toko bangunan online yang terbaik di Indonesia, Klopmart jual kebutuhan konstruksi yang lengkap dengan harga terjangkau. 

Melalui artikel tentang teknologi konstruksi di atas, kunjungi Klopmart sekarang juga dan lengkapi kebutuhan bahan bangunan Anda dengan yang berkualitas. Temukan juga promo menarik di dalamnya dan nikmati gratis ongkir bagi Anda yang berada di Jabodetabek.


Sumber rujukan:

  • https://www.mas-software.com/blog/definisi-teknologi-konstruksi
  • http://ptb.sipil.ft.unp.ac.id/1243-2/
  • https://accurate.id/teknologi/teknologi-konstruksi/
  • https://www.hashmicro.com/id/blog/perkembangan-teknologi-konstruksi-fungsi-jenis-dan-contohnya/
  • https://wira.co.id/teknologi-konstruksi/ 
  • https://www.inews.id/news/nasional/apa-itu-teknologi-konstruksi-ini-pengertian-dan-jenisnya-yang-harus-kamu-tahu

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya