Konstruksi

Inilah Cara Menghitung Plesteran dan Acian dengan Benar

Media
18 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sebelum memutuskan untuk membeli bahan material pembangunan rumah, Anda perlu mengetahui cara menghitung plesteran dan acian terlebih dahulu. Plesteran dan acian dibutuhkan dalam proses pengerjaan dinding rumah.

Untuk membuat plesteran dan acian, Anda akan membutuhkan berbagai bahan mulai dari semen, pasir, hingga bahan acian itu sendiri. Apabila Anda hanya mengira-ngira berapa banyak bahan material yang dibutuhkan dalam proses pemlesteran dan pengacian, bisa saja bahan-bahan yang telah dibeli tersebut terlalu berlebih atau bahkan kurang.

Melalui artikel ini, Klopmart akan memberikan penjelasan lengkap kepada Anda mengenai cara untuk menghitung plesteran dan acian sesuai dengan kebutuhan dinding rumah yang akan dibangun. Namun sebelum itu, mari kita sama-sama pahami terlebih dahulu pengertian dari plesteran dan acian.

Apa Itu Plesteran dan Acian?

Plesteran dan acian adalah dua proses yang berbeda dalam pembangunan dinding rumah. Hal pertama yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah plesteran, baru setelahnya dinding diaci.

Baca juga: Campuran Acian Dinding yang Tepat Untuk Anda

Berikut ini, kami akan menjelaskan secara satu per satu pengertian dari kedua proses tersebut, yaitu:

Plesteran

Dinding rumah terdiri dari susunan batu bata atau batako yang dilapisi dengan campuran semen untuk mengikat setiap batu yang terpasang. Proses ini dinamakan dengan proses plesteran. 

Bahan campuran semen atau bahan plesteran tersebut terdiri dari semen, pasir, dan air. Campuran semen ini harus diaplikasikan setiap kali sebuah batu diletakkan mulai dari sisi kiri dan kanan, kemudian atas dan bawah.

Acian

Setelah melalui proses plesteran, dinding rumah harus didiamkan selama 2 minggu sebelum dilanjutkan dengan proses pengacian. Permukaan dinding yang tadinya menampilkan susunan batu yang diplester akan ditutup dengan bahan acian dan inilah yang disebut dengan proses acian.

Acian berfungsi untuk memberikan visual dinding rumah yang lebih rapi sekaligus menghaluskan permukaan dinding yang akan dicat nantinya. Untuk mengaci dinding, Anda hanya memerlukan bahan acian yang mirip seperti semen dan juga air. Sangat mudah sekali, bukan?

Baca juga: 5 Cara Mengaci Tembok dengan Mudah

Bagaimana Cara Menghitung Plesteran dan Acian?

Setelah memahami pengertian dari plesteran dan acian, maka sekarang mari kita pahami bagaimana cara menghitung bahan yang dibutuhkan. Untuk itu, kami akan membahasnya secara satu per satu.

1. Cara Menghitung Bahan Plesteran

Dalam menghitung bahan plesteran yang dibutuhkan, pertama-tama Anda harus menghitung terlebih dahulu jumlah volume dinding yang akan diplester. Adapun rumus untuk menghitung volume dinding yang akan diplester adalah sebagai berikut:

Volume Dinding yang Akan Diplester = Luas Dinding yang Akan Dibangun x 2

Luas dinding yang akan dibangun dapat langsung dihitung sesuai dengan ukuran yang telah ditetapkan dalam desain pembangunan rumah. Lalu setelahnya, Anda dapat mulai menghitung bahan material yang dibutuhkan dengan mengikuti rumus berikut ini:

Bahan Plesteran yang Dibutuhkan = Volume Dinding yang Akan Diplester x Koefisien Bahan

Bahan plesteran terdiri dari semen dan pasir sehingga Anda perlu memahami perbandingannya terlebih dahulu untuk mendapatkan angka koefisien yang tepat. Biasanya Anda bisa mendapatkan informasi perbandingannya sesuai dengan jenis semen atau pasir yang akan digunakan dalam pembangunan rumah.

Baca juga: 1 Sak Mortar Acian Berapa M2? Yuk Cari Tahu Di Sini

2. Cara Menghitung Bahan Acian

Cara perhitungan bahan acian perlu Anda siapkan jauh lebih sederhana dibandingkan dengan cara menghitung bahan plesteran. Volume dinding yang akan diaci hanya perlu mengikuti luas dinding yang telah dibangun.

Bahan acian yang diperlukan dapat dihitung melalui acian yang dibutuhkan untuk setiap meter persegi yaitu 3,25 kg/m2. Kalikan ukuran acian per meter persegi dengan luas dinding yang telah dibangun dan hasilnya adalah total berat bahan acian yang Anda perlu sediakan.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan dan silakan cek harga drymix acian yang tersedia melalui website Klopmart. Semoga informasi mengenai cara menghitung plesteran dan acian di atas dapat membantu Anda dalam menentukan berapa banyak bahan material yang dibutuhkan.

Sumber artikel:

  • https://www.builder.id/teknik-plester-dinding-dan-acian-dinding-yang-tepat/#:~:text=Teknik%20plester%20dinding%20adalah%20melapis,semen%20untuk%20tujuan%20memperhalus%20permukaan.
  • https://www.kumpulengineer.com/2018/06/cara-menghitung-pasir-semen-untuk-plesteran-dan-acian.html
  • https://www.pinhome.id/blog/volume-pekerjaan-plesteran-dinding/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya