Campuran Acian Dinding yang Tepat Untuk Anda

Di dalam proses pembangunan rumah, membuat campuran acian dinding menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Anda tentu menginginkan rumah yang kokoh dan terlihat rapi, bukan?

Pembuatan pasta acian yang tidak tepat akan membuat struktur dinding rumah menjadi kurang kokoh dan juga tampilannya akan terlihat tidak rapi. Oleh karena itu, melalui artikel ini Klopmart akan memberikan informasi lengkap kepada Anda mengenai cara membuat campuran acian dinding dengan tepat.

Bagaimana Cara Membuat Campuran Acian Dinding?

Dalam membuat campuran acian dinding, setidaknya ada 3 hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Menyiapkan Bahan Acian dengan Takaran yang Tepat

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat campuran acian dinding adalah dengan menyiapkan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Adapun bahan yang diperlukan dalam membuat acian ini adalah bahan adukan acian putih dan air.

Sebagai rekomendasi, Anda bisa mencoba drimix MU-270 yang merupakan acian putih berkualitas dengan berat 25 kg. Untuk takaran adukan acian putih 25 kg, Anda bisa menyiapkan air sebanyak 8,5 - 9 liter.

Baca juga: 1 Sak Mortar Acian Berapa M2? Yuk Cari Tahu Di Sini

2. Mengaduk Acian Dinding

Masuk ke dalam proses pengadukan, Anda perlu menyiapkan bak adukan berukuran besar. Masukkan MU-270 dan air ke dalamnya, lalu aduk seluruh bahan hingga tercampur rata dengan sempurna.

3. Mencari Tekstur Acian yang Pas

Hal terakhir yang perlu diperhatikan dalam membuat campuran acian dinding adalah mencari tekstur acian yang pas. Apabila hasil campuran acian masih terlalu cair, Anda dapat menambahkan MU-270 secara bertahap.

Sebaliknya, apabila campuran acian terlalu kental, maka Anda perlu menambahkan air. Anda harus mencari tekstur acian yang pas yaitu hingga acian berbentuk seperti pasta, tidak terlalu kental maupun tidak terlalu cair.

Baca juga: 6 Cara Menutup Dinding yang Jelek dengan Mudah

Bagaimana Cara Mengaci Dinding?

Setelah memahami cara membuat bahan campuran acian untuk dinding, Klopmart juga akan memberikan informasi kepada Anda mengenai cara mengaci dinding dengan tepat. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan tampilan tembok yang rapi dan juga rata.

Untuk mengaci dinding, Anda dapat mengikuti 3 langkah berikut ini, yaitu:

1. Mengondisikan Dinding Sebelum Diaci

Pertama-tama, sebelum memulai proses pengacian dinding, Anda perlu mengondisikan dinding terlebih dahulu. Dinding yang akan diaci harus dalam kondisi yang kering atau setidaknya Anda perlu menunggu selama 2 minggu sejak dinding baru saja disemen sambil melakukan proses pemlesteran.

2. Mengaci Dinding

Setelah 2 minggu, plesteran dinding akan kering sehingga Anda perlu membasahinya sebelum mengaci dinding. Pembasahan dinding ini perlu dilakukan agar aci dapat menempel pada dinding.

Perlu diperhatikan, Anda harus melakukan pengacian dengan cepat agar area dinding yang sudah dibasahi tidak menjadi lembap. Maka dari itu, Anda hanya perlu membasahi dinding secara bertahap atau area per area.

Baca juga: Berapa Tebal Dinding Rumah yang Ideal?

3. Mengatur Ketebalan Acian Dinding

Ketebalan acian dinding yang ideal berkisar antara 1 hingga 3 mm. Apabila ketebalan acian dinding kurang atau lebih dari batas tersebut, kualitasnya akan berkurang. Dinding akan menjadi kurang kokoh atau bisa jadi menghasilkan permukaan dinding yang bergelombang.

Jadi, cara membuat campuran acian dinding di atas sangatlah mudah, bukan? Anda bahkan juga hanya perlu mengikuti langkah-langkah pengacian dinding dengan informasi tambahan yang kami berikan di atas.

Sebagai informasi terakhir, apabila Anda ingin membeli drymix MU yang telah kami rekomendasikan sebelumnya, silakan melakukan pemesanan melalui website Klopmart. Drymix MU-270 merupakan produk bahan acian putih terbaik untuk membuat campuran acian dinding yang tepat untuk rumah Anda. Pesan sekarang juga atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Sumber artikel:

  • https://www.99.co/blog/indonesia/cara-mengaci-tembok/
  • https://www.tukangkuli.com/2020/06/cara-membuat-acian-tembok.html
  • https://aquaproof.co.id/newsroom/tahapan-dan-cara-membuat-acian-dinding-yang-baik
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya