1 Sak Mortar Acian Berapa M2? Yuk Cari Tahu Disini

1 sak mortar acian berapa m2? Mungkin ini adalah pertanyaan yang banyak ditanyakan ketika ingin membeli mortar. Mengetahui hal ini tentu akan memudahkan proses belanja bahan bangunan. Menghitung pengeluaran pun juga tidak akan terlalu sulit. Selain mengetahui berapa luas yang bisa ditutupi oleh 1 sak mortar, Anda juga harus tahu berapa banyak yang akan dibutuhkan agar bisa menyelesaikan dinding yang ingin dilapisi mortar. Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba untuk mengetahui dan mempelajari mengenai kebutuhan mortar ini.

1 Sak Mortar Acian Berapa M2?

Perhitungan jumlah kebutuhan semen mortar ini sangat diperlukan. Terutama untuk estimasi biaya pekerjaan acian dinding. Jika Anda tidak menghitung hal ini di awal,  bisa-bisa volume yang dibutuhkan ternyata melebihi dari budget anggaran proyek. Tentu saja akan menimbulkan permasalahan yang tidak diinginkan.

Semen mortar merupakan semen yang lebih praktis dibandingkan dengan semen konvensional. Fungsi mortar seperti perekat bata ringan, plesteran bata ringan, dan acian. Hal yang membedakannya dari semen konvensional adalah tidak perlunya menggunakan material pasir untuk pekerjaan plesteran. Cukup dengan mortar, maka adonannya sudah bisa digunakan.

Beberapa jenis mortar adalah:

  • Mortar semen
  • Mortar kapur
  • Surkhi Mortar
  • Mortar lumpur

Perbedaan lainnya terletak pada hasil pekerjaan plesteran yang bisa kering lebih cepat. Mortar juga cocok untuk digunakan pada bata ringan dikarenakan mempunyai pori yang lebih besar dibandingkan dengan bata merah.Daya rekatnya juga lebih kuat dan permukaan yang lebih halus. Jika menggunakan semen mortar ini, dalam selisih 24 jam plesteran sudah bisa diaci. Menjadi hal yang bagus karena dapat mempercepat waktu pekerjaan. Semua produk mortar instan telah dikemas dalam suatu sak yang sama. Dengan begini, Anda pun dapat menyimpannya lebih gampang.

Penggunaannya mencerminkan meningkatnya permintaan akan produk bangunan berkualitas dalam pengembangan lingkungan. Beberapa keunggulan lainnya dari penggunaan mortar adalah:

  • Kandungan semen yang akurat.
  • Kualitas, kekuatan, dan warna yang konsisten.
  • Mengurangi pencampuran dan biaya tenaga kerja.
  • Limbah yang berkurang.

Sifat-sifat mortar yang baik adalah:

  • Mortar harus mudah dikerjakan.
  • Mortar harus memiliki kekuatan yang memadai
  • Dapat kering dengan cepat
  • Keras dan tahan lama.
  • Mampu mengikat batu bata atau batu bangunan dengan benar.
  • Harus terjangkau.

Baca juga: 6 Cara Plester Tembok yang Baik dan Benar
 

Cara Menghitung Kebutuhan Mortar

Berbagai merek mortar sebenarnya sudah menuliskan informasi mengenai hal ini di kemasannya. Kita ambil contoh salah satu merek yang mempunyai kemampuan 20 kg/m2 dengan tebal 10 mm. Artinya untuk membuat plesteran seluas 1 m2  dibutuhkan 20 kg semen. Jadi jika 1 sak semen berisi 40 kg semen, maka untuuk 1 sak mortar acian bisa digunakan untuk 2 m2.

Umpama lainnya adalah jika sebuah dinding yang akan diplester mempunyai luas 100 m2, maka V= 100 m2 x 20 kg/m2 = 2000 kg. Mortar yang dibutuhkan kira-kira berjumlah 2000 kg.

Bayangkan jika Anda juga harus menggunakan pasir sebagai bahan campuran, maka akan sangat besar biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Namun satu hal yang disayangkan dari semen mortar adalah berbagai merek hanya mengizinkan ketebalan maksimal plesteran sebesar 10 mm. Hal ini masih bisa dipaksakan, namun tidak ada garansi dari pabrik jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan akibat terlalu tebal.

Itulah dia informasi yang bisa kami berikan untuk Anda mengenai hal yang satu ini. Semoga pengetahuan mengenai 1 sak mortar acian berapa m2 ini bisa membantu kegiatan konstruksi Anda, cari tahu juga harga MU 100 di Klopmart sekarang juga.

Baca juga: Harga Semen Per Sak Kualitas Terbaik

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya