5 Cara Mengaci Tembok dengan Mudah

5 Cara Mengaci Tembok dengan Mudah

Cara mengaci tembok menjadi salah satu informasi yang penting untuk pahami. Khususnya bagi yang ingin melakukan pengacian tembok rumah sendiri. Sebenarnya ada cara mudah untuk mengaci tembok. Anda dapat melakukannya sendiri tanpa bantuan tenaga profesional. Bagaimana cara mengaci tembok dengan mudah? Berikut penjelasannya.

Manfaat Mengaci Tembok

Manfaat Mengaci Sudut tembok

Sebelum membahas proses mengaci tembok ada baiknya Anda tahu apa saja manfaatnya. Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

1. Bangunan Lebih Kuat

Manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengaci tembok adalah bangunan menjadi lebih kuat. Dengan mengunakan proses ini akan menjadikan pondasi menjadi lebih kokoh dan tidak mudah retak.

2. Tampilan Dinding Lebih Halus

Manfaat selanjutnya yang dapat Anda dapatkan adalah tampilan dinding akan menjadi lebih halus dan lebih menarik. Proses pengacian ini juga dapat menentukan warna cat yang akan digunakan. Semakin bagus kualitas pengaciannya, maka semakin bagus juga hasil warna cat dinding yang dihasilkan dan akan bertahan lama.

3. Melindungi Dinding dari Kerusakan

Salah satu manfaat mengaci dinding adalah untuk melindungi permukaan dinding agar tidak rusak. Jika dinding tidak melakukan pengacian maka dinding akan mengalami berlumut, mudah retak, sampai kerusakan.

5 Cara Mengaci Tembok dengan Baik

Cara Mengaci Tembok

Berikut ini adalah langkah-langkah cara mengaci tembok yang dapat melindungi tembok Anda. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Siapkan Pasta Acian

Sebelum mulai mengaci tembok, Anda harus menyiapkan pasta acian terlebih dahulu. Ini beberapa tahapannya:

  • Masukkan bubuk semen ke dalam ember
  • Tuangkan air sedikit demi sedikit sambil adukan acian sehingga campuran semen terlihat seperti adonan pasta
  • Kalau masih terlihat padat, tambahkan air lagi
  • Sebaliknya, jika terlalu cair, tambahkan bubuk semen agar kembali mengental
  • Jika campuran sudah sempurna, ambil pasta acian dengan roskam dan aplikasikan pada dinding

2. Cek Kondisi Tembok

Sebelum melakukan pengacian, cek kondisi tembok terlebih dahulu. Pastikan permukaan tembok sudah kering. Memang cukup lama untuk menunggu tembok kering setelah proses plesteran dilakukan, yakni sekitar dua minggu. 

Jika memang sudah yakin, Anda dapat mulai membasahi dinding dengan sedikit air. Maksud dari pemberian air ini adalah menjaga agar acian tidak mengering dalam waktu singkat. 

3. Basahi Plesteran Hingga Jenuh

Dalam proses pembasahan dinding dengan sedikit air, sebaiknya usahakan untuk membasahi plesteran yang kering hingga jenuh. Kalau hal ini tidak Anda lakukan, plesteran akan menyerap terlalu banyak air saat proses pengacian dilakukan. 

Ditambah lagi, hasil pengacian bisa tidak sempurna karena tak mampu menempel dengan maksimal ke dinding. Hal ini terjadi karena plesteran menjadi menyerap kandungan air. Apa dampaknya? Anda akan melihat retak-retak saat proses pengacian.

4. Pastikan Waktu Pengacian dengan Tepat

Berbicara mengenai proses pengacian maka tidak lengkap tanpa memahami waktu. Waktu pengacian harus diperhatikan dengan baik karena dapat memengaruhi kualitas acian yang Anda buat. 

Jika proses pengacian terlalu lama, tembok akan menjadi cepat lembap. Kemudian dinding juga mudah kering hingga mengalami retak-retak. Waktu pengacian yang baik adalah 20 hingga 30 menit. Dalam rentang waktu itu, Anda harus sudah selesai melakukan pengacian. Kemudian selanjutnya Anda dapat memoles acian hingga merata. 

5. Perhatikan Ketebalan Acian

Satu cara mengaci tembok yang harus Anda ingat juga adalah memerhatikan ketebalan acian. Di dalam proses pengerjaan, karena tembok yang harus diaci terlalu besar, terkadang malah lupa memperhatikan ketebalannya. 

Ketebalan acian yang baik dalam rentang 1 hingga 3 mm saja. Jika terlalu tipis alias di bawah 1 mm, maka kualitas acian sudah pasti tidak memuaskan. Terlalu tipis dan terkesan tidak mendapatkan pengacian yang baik. Sedangkan kalau lebih tebal dari 3 mm maka kualitas aci yang sudah Anda berikan akan menurun. 

Ada satu lagi pesan yang harus Anda perhatikan mengenai kondisi tembok, yakni jangan sampai dinding terlalu banyak lubang. Jika banyak lubang, maka Anda dapat menutupnya dengan semen sebelum melakukan proses pengacian.

Kesimpulan

Nah, jadi itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan lima cara mengaci tembok dengan mudah. Anda dapat melakukan pengacian sendiri di rumah tanpa perlu bantuan tenaga profesional asalkan mengikuti setiap cara dan saran di atas. Jika Anda sedang akan mempercantik tembok pada hunian rumah, mungkin Anda perlu juga untuk mengetahui cara mengecat tembok motif kotak kotak.

Proses pengacian membutuhkan kualitas semen yang baik. Untuk itulah mengapa Anda tidak boleh salah memilih semen. Klopmart telah hadir untuk menyediakan semen instan untuk proses pengacian tembok rumah Anda. Dengan konsep e-commerce bahan material bangunan, Anda dapat memiliki produk ini sesuai kebutuhan secara mudah. Dengan informasi cara mengaci tembok, dapatkan produk MU 200 bersama Klopmart.

Sumber artikel

  • https://berita.99.co/cara-mengaci-tembok/
  • https://artikel.rumah123.com/5-cara-mengaci-tembok-rumah-sendiri-yang-benar-hasil-maksimal-dan-tampilan-makin-cantik-121539
  • https://arafuru.com/perawatan/cara-mengaci-dinding-yang-baik-agar-tidak-retak.html

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Feb 2021

Related Article