Konstruksi

9 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir

Media
28 Sep 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Iklim cuaca Indonesia yang memiliki curah hujan tinggi membuat rumah anti banjir menjadi relevan untuk diperhatikan pada saat ini. Ada berbagai inspirasi desain yang bisa Anda dapatkan khusus untuk menjaga diri dan keluarga dari banjir.

Pada dasarnya tidak semua daerah memiliki potensi banjir. Hanya beberapa daerah saja, tergantung dari topografi wilayah rumah Anda. Jika memang rumah Anda berada di daerah yang rawan banjir, lima desain di bawah ini bisa menjadi informasi berharga. Untuk itu, simak penjelasannya lengkapnya.

4 Tips Membangun Rumah Anti Banjir

Apakah rumah Anda terendam banjir ketika hujan? Untuk mengatasinya Klopmart akan memberikan tips-tipsnya berikut ini:

1. Bangun Pondasi yang Tinggi

Pondasi yang kurang tinggi salah satu penyebab rumah terendam banjir. Oleh karena itu, saat pembangunan rumah lebih baik bangun pondasi rumah menjadi lebih tinggi. Ketinggian pondasi yang bagus untuk rumah di daerah banjir mencapai 40 sampai 50 cm. Dengan membangun pondasi lebih tinggi makan rumah Anda tidak akan terendam air banjir.

2. Membuat Blokade di Teras

Membangun blokade di sepanjang teras merupakan salah satu solusi untuk menahan air masuk ke dalam rumah. Desain rumah dengan blokade teras akan membuat rumah tidak estetik. Untuk Anda yang ingin memiliki rumah anti banjir namun estetik Anda lebih baik mempertimbangkannya lagi.

3. Membuat Halaman Rumah

Rumah dengan halaman rumput yang cukup besar memiliki potensi untuk menangkal banjir. Karena ketika hujan dan banjir maka rumput akan menyerap air tersebut. Anda dapat membuat halaman rumput mengarah ke luar rumah agar air dapat tetap mengalir.

4. Membuat Daerah Resapan Air

Tips selanjutnya adalah menciptakan area resapan air. Area ini dirancang untuk mengizinkan air meresap ke dalam tanah, membentuk aliran di bawah permukaan.

Area resapan air memiliki peran krusial sebagai penampung air hujan dan untuk mengatur masalah banjir serta kekurangan air saat musim kemarau. Untuk menciptakan area resapan air ini, langkah awalnya adalah membuat lubang-lubang biopori di halaman rumah.

Baca juga: 10 Desain Rumah 2 Lantai Terbaik, Pilih Mana?

9 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir Cocok Jadi Referensimu

Anda sudah tahu apa saja tips untuk mencegah air banjir masuk ke dalam rumah. Berikut ini adalah desain atau model rumah anti banjir yang Klopmart rekomendasikan.

1. Desain Rumah Eropa

Desain atau model rumah eropa mungkin belum banyak dikenal. Biasanya bahan material rumah eropa terbuat dari bahan keras, semacam beton dan bata, bahkan model keramik teras depan rumah eropa biasanya menggunakan full marmer. Dari desainnya juga terlihat sederhana, namun fungsionalnya cukup tinggi.

Rumah ini mampu menangkal banjir dan mampu menahan air masuk karena seluruh bagian terbuat dari beton. Sebut saja bagian pondasi, teras, hingga dinding-dinding sisi luar. Kekuatannya tidak perlu diragukan lagi.

2. Desain Rumah Panggung


Desain rumah panggung tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Ada beberapa daerah di Indonesia yang sudah akrab dengan rumah panggung, bahkan menjadi desain utama ketika ingin membuat tempat tinggal.

Dengan posisi rumah yang lebih tinggi berkat tiang-tiang tersebut membuat Anda bisa siap menghadapi bencana banjir dengan lebih baik. Pondasi rumah panggung biasa tersebut dari kayu atau beton. Namun kayu lebih familiar digunakan di Indonesia daripada beton. Beton memang menawarkan kekuatan yang lebih baik. Namun mau manapun pilihan Anda, semuanya tetap cocok untuk menghadapi banjir.

Baca juga: Tips Membersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

3. Desain Rumah Teras Tinggi

Desain rumah teras tinggi sudah bisa dibayangkan bagaimana bentuknya. Rumah Anda sudah pasti lebih tinggi daripada dataran di sekitar. Rumah dibangun di atas tanah tinggi serta dibatasi dengan lapisan beton dengan ketebalan cukup besar sehingga mampu menahan air. 

Namun jangan hanya rumah saja yang tinggi. Anda juga harus menyulap teras menjadi lahan biopori sehingga mampu menyerap air hujan dan menggemburkan tanah di sekitarnya. 

4. Desain Rumah Pilar Beton

Desain rumah pilar beton memang terasa seperti rumah panggung. Namun versi rumah pilar beton lebih terasa modern. Rumah pilar beton memanfaatkan pilar berbentuk persegi panjang sebagai penyangga sehingga terlihat modern namun tetap menganut desain rumah minimalis.

Rumah pilar beton juga didominasi bentuk kotak yang membuatnya menjadi lebih rapi. Ketika air banjir sudah mulai masuk ke pelataran rumah, rongga yang ada di antara tiap pilar membuat alirannya lebih terjaga dan rumah Anda di bagian atas tetap aman.

5. Desain Rumah Logam

Indonesia tidak hanya memiliki masalah bencana banjir, tapi juga ada beberapa ancaman bencana alam, seperti angin topan, banjir, dan gempa. Desain rumah logam yang telah diterapkan di Jepang sangat cocok untuk persiapan menghadapi bencana. 

Rumah logam menggunakan material beton yang dilapisi serta diisi logam solid. Dengan kombinasi keduanya, rumah ini lebih stabil ketika ada masalah bencana banjir dan gempa. Jika pun banjir, air pasti tidak akan merembes masuk ke dalam rumah karena terhalang oleh lapisan logam di dalam dan luar beton rumah.

Baca juga: 15 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana Kekinian

6. Desain Rumah Siap Banjir

Banjir di Indonesia sangat mengganggu aktivitas. Maupun di dalam rumai atau di luar rumah. Oleh karena itu, untuk mencegahnya Anda bangun rumah anti banjir 2 tingkat. Tingkat pertama yang akan di terkena banjir dan pastikan tidak ada furnitur rumah di tingkat pertama.

7. Desain Rumah Pohon

Sumber: Curbed Atlanta

Rumah pohon adalah salah satu solusi membangun rumah anti banjir untuk mencegah rumah terendam banjir. Karena letak rumah di atas pohon dan di atas permukaan tanah. Desain rumah di atas pohon sangat unik dan memiliki kesan sejuk dan menyegarkan. Tetapi kendala dari pembangunan rumah pohon ini adalah Anda harus memiliki lahan yang cukup luas.

8. Desain Rumah Kaca

Desain rumah anti banjir selanjutnya adalah desain rumah kaca. Rumah kaca memiliki nuansa yang mewah dan elegan. Namun siapa sangka rumah kaca ini dapat mencegah banjir. Rumah kaca memiliki dinding rumah dan kaca yang ampuh untuk menghalangi air hujan yang masuk ke dalam rumah. Ditambah di bagian bawah dari desain rumah ini memiliki lem perekat yang kedap terhadap air.

9. Desain Rumah Terapung

Sumber: https://courtina.id/rumah-terapung/

Desain rumah terapung dapat menjadi solusi rumah anti banjir Anda. Desain rumah terapung ini biasanya dibangun di atas air. Rumah ini dibangun diatas beton dan permukaannya dialasi oleh kayu dan logam sehingga membuat kesan rumahnya mengapung.

Kesimpulan

Itulah inspirasi desain untuk rumah anti banjir yang bisa Anda terapkan. Anda membutuhkan alat konstruksi bangunan lengkap dan mudah didapatkan untuk membangun rumah yang anti banjir? Klopmart telah hadir sebagai solusi untuk Anda. Dapatkan seluruh material untuk bangunan rumah Anda. Yuk, kunjungi jual alat konstruksi dari Klopmart sekarang juga!

Sumber rujukan:

  • https://www.ruparupa.com/blog/inspirasi-desain-rumah-2-lantai-anti-banjir/

  • https://www.99.co/blog/indonesia/tips-rumah-anti-banjir/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya