7 Cara Membuat Maket Rumah Sederhana dengan Benar dan Tepat

Mempelajari cara membuat maket adalah hal yang cukup penting bagi para arsitek atau siapa saja yang bergerak dibidang tersebut sebab sebelum melakukan pembangunan, Anda tentu perlu memperkirakan bagaimana bagunan tersebut akan didirikan. Proses membuat maket pun juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam pembuatan model miniatur dari bangunan atau struktur arsitektur.
Maket arsitektur sangat penting untuk memvisualisasikan desain arsitektur dalam skala yang lebih kecil sehingga memudahkan untuk melihat detail-detail yang sulit diidentifikasi dalam rencana desain. Untuk mempelajari selengkapnya, Anda dapat melihat pada ulasan berikut ini.

Mengenal Maket Arsitektur

Maket Arsitektur

Maket arsitektur adalah sebuah representasi atau model tiga dimensi dari bangunan atau properti tertentu yang direncanakan atau dibangun. Maket ini biasanya digunakan oleh arsitek, pengembang properti, atau pihak yang terlibat dalam proyek pembangunan untuk membantu memvisualisasikan dan memperjelas desain yang diusulkan. 

Maket arsitektur sering digunakan untuk menunjukkan detail-detail dalam desain yang sulit dijelaskan melalui gambar atau sketsa serta memungkinkan pengguna untuk melihat dan mengevaluasi proporsi, ukuran, dan kesesuaian desain terhadap lingkungan sekitarnya.

Maket arsitektur umumnya dibuat dengan skala yang lebih kecil namun dengan bentuk yang sama persis seperti desain aslinya. Meskipun sebagian besar maket arsitektur dibuat untuk bangunan besar seperti gedung bertingkat atau kompleks apartemen, maket ini juga bisa dibuat untuk bangunan yang lebih kecil seperti rumah tinggal atau ruang tamu

Maket biasanya dibuat dari berbagai jenis bahan termasuk kayu, kertas, plastik, kain, atau bahkan bahan alami seperti tanah liat. Membuat maket arsitektur tidak hanya membantu arsitek dan pengembang properti dalam memvisualisasikan desain mereka, tetapi juga dapat membantu klien dalam memahami desain yang diusulkan agar dapat memberikan masukan tentang desain yang sesuai dengan keinginan. 

Selain itu, maket arsitektur juga umumnya digunakan untuk presentasi pemasaran agar memudahkan proses penjualan properti pada klien. Maket arsitektur dapat dibuat oleh profesional seperti arsitek, perajin maket, atau oleh orang yang tidak memiliki latar belakang arsitektur yang formal namun memiliki keterampilan dalam membuat sebuah desain bangunan. 

Saat membuat maket, Anda mungkin membutuhkan waktu yang lama sebab pekerjaan ini cukup rumit dan berorientasi pada detail desain bahkan pada teksturnya sekalipun. Namun, hal ini bergantung pada ukuran, detail, dan bahan yang digunakan. Nantinya, Hasil akhir yang realistis dan mendetail akan membuat maket mendapatkan nilai lebih saat digunakan presentasi, evaluasi, hingga dokumentasi.

Jenis-Jenis Maket Arsitektur

Jenis-Jenis Maket Arsitektur

Ada berbagai jenis maket arsitektur yang dapat dibuat tergantung pada tujuan dan spesifikasi desain yang diusulkan. Berikut adalah beberapa jenis maket arsitektur yang umum digunakan:

1. Maket Gedung

Maket gedung biasanya dibuat untuk bangunan bertingkat seperti gedung perkantoran, apartemen, atau pusat perbelanjaan. Maket gedung umumnya dibuat dengan skala bangunan sebesar 1:200, 1:100, atau 1:50.

 Bentuk realistis dari desain yang telah dibuat sebelumnya ini dapat membantu dalam memberikan gambaran detail arsitektur dan interior bangunan, serta memperlihatkan detail dari fasilitas yang nantinya tersedia seperti taman parkir, fasilitas olahraga, dan lain-lain.

Baca juga:  6 Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Menarik

2. Maket Interior

Maket interior adalah jenis maket arsitektur yang ditujukan untuk memperlihatkan bagaimana detail interior dari sebuah bangunan. Maket ini biasanya dibuat untuk menunjukkan ukuran, skala, dan desain interior dari sebuah bangunan seperti dapur, kamar mandi, ruang tamu, dan lain-lain. 

Skala yang digunakan pada maket interior ini umumnya sebesar 1:20, 1:10, 1:5, hingga 1:1. Maket interior dapat membantu dalam memberikan bentuk visual dari sebuah layout dan desain ruangan serta membantu menentukan furniture dan dekorasi yang sesuai dengan desain yang telah diusulkan.


3. Maket Terperinci

Maket terperinci adalah jenis maket arsitektur yang paling detail dan akurat dengan skala yang tak jauh berbeda dengan maket interior yaitu 1:20, 1:10, 1:5, dan 1:1. Maket ini biasanya digunakan untuk proyek besar seperti stadion, bandara, pusat perbelanjaan, atau jenis gedung besar lainnya yang sangat kompleks. 

Saat membuat maket terperinci, Anda bahkan diharuskan untuk membuat setiap detail kecil pada bangunan seperti jaringan kabel, pipa air, ventilasi, serta detail arsitektur kompleks lainnya seperti struktur atap dan fasad bangunan.

Bahan-Bahan dalam Membuat Maket Arsitektur

Bahan-Bahan dalam Membuat Maket Arsitektur

Membuat maket arsitektur tentu memerlukan bahan-bahan yang tepat dan berkualitas agar hasilnya pun memuaskan dan mendekati sama dengan wujud bangunan asli nantinya. Terdapat beberapa bahan yang sering digunakan dalam pembuatan maket arsitektur. Berikut ulasan selengkapnya:

1. Kayu Balsa Setrip

Kayu Balsa Setrip

Kayu balsa setrip adalah bahan yang ringan dan mudah dipotong yang biasanya digunakan untuk membuat struktur dasar dari maket. Kayu balsa setrip tersedia dalam berbagai ukuran dan ketebalan yang dapat dipotong dengan mudah dengan menggunakan pisau atau gunting.

2. Serbuk Rumput Halus

Serbuk Rumput Halus

Serbuk rumput halus adalah bahan yang sering digunakan untuk membuat rumput dan tanaman dalam maket arsitektur. Serbuk rumput halus tersedia dalam berbagai warna dan dapat digunakan untuk membuat efek yang realistis pada taman atau pemandangan dalam maket.

3. Kertas Beermat

Kertas Beermat

Bahan selanjutnya adalah kertas beermat yang merupakan bahan kertas tebal dan kuat yang biasanya digunakan untuk membuat dinding atau atap dari maket. Kertas beermat tersedia dalam berbagai warna dan dapat dicat atau diberi lapisan untuk memberikan tampilan yang lebih realistis.

4. PVC Board

PVC Board

PVC board adalah bahan plastik yang keras dan tahan air yang biasanya digunakan untuk membuat lantai atau dinding dalam maket. Untuk menggunakan PVC Board, Anda dapat memilih ukuran dan ketebalan sesuai dengan yang dibutuhkan sebab bahan yang satu ini tersedia dalam berbagai ketebalan. 

Selain itu, PVC Board juga dapat dicat atau diberi lapisan untuk memberikan tampilan yang lebih realistis dengan warna yang disesuaikan dengan warna bangunan.

5. Bahan Penunjang Lainnya

Bahan Penunjang Lainnya untuk Membuat Maket Bangunan

Selain bahan-bahan di atas, ada juga bahan penunjang lainnya yang digunakan dalam pembuatan maket arsitektur, seperti cat, lem, tinta, dan bahan dekoratif seperti miniatur furniture, tanaman buatan, rumput lembaran, mini block, miniatur figure, dan lain sebagainya.

Baca juga: 6 Jenis Jenis Lem beserta Kegunaannya

Bagaimana Cara Membuat Maket Rumah Sederhana?

Bagaimana Cara Membuat Maket Rumah Sederhana

Apabila Anda sudah memahami apa itu maket dan telah mempersiapkan bahan-bahannya, buat maket rumah sederhana sesuai dengan desain yang telah dibuat sebelumnya. Meski sama-sama tidak mudah, tetapi membuat maket rumah sederhana pada awal percobaan dapat menjadi pilihan yang tepat sebab bentuknya tidak akan terlalu rumit. Berikut adalah 7 cara untuk membuat maket rumah sederhana:

1. Buatlah Rencana Desain Rumah

Sebelum memulai membuat maket, buatlah rencana desain rumah dengan menggunakan kertas karton dan pensil. Rencana desain harus mencakup ukuran, skala, dan detail interior dan eksterior dari rumah yang akan dibuat.

Baca juga: 9 Inspirasi Desain Rumah Anti Banjir

2. Siapkan Alat dan Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan maket rumah sederhana, pastikan Anda memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan untuk membuatnya dengan lancar. Persiapkan setiap item dengan cermat agar Anda dapat fokus pada kreativitas dan keakuratan dalam pembuatan maket Anda.

Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu Anda siapkan:

  • Kayu Balsa Setrip: Ini akan digunakan sebagai struktur dasar dari maket. Pastikan Anda memiliki potongan-potongan kayu balsa setrip dengan ukuran yang sesuai dengan desain rencana Anda.

  • Serbuk Rumput Halus: Persiapkan serbuk rumput halus dalam berbagai warna, yang akan digunakan untuk memberikan efek realistis pada pemandangan, seperti taman atau lingkungan sekitar rumah.

  • Kertas Beermat: Ini diperlukan untuk membuat dinding dan atap dari maket. Pastikan Anda memiliki kertas beermat dengan ketebalan yang sesuai dan dapat dicat untuk memberikan tampilan yang lebih nyata.

  • PVC Board: Persiapkan lembaran PVC board yang sesuai dengan ukuran dan ketebalan yang dibutuhkan untuk membuat lantai atau dinding dalam maket.

  • Bahan-Bahan Penunjang: Jangan lupa untuk memiliki bahan-bahan seperti cat, lem, tinta, dan bahan dekoratif lainnya seperti miniatur furniture, tanaman buatan, rumput lembaran, mini block, miniatur figure, dan lain sebagainya.

  • Peralatan Tambahan: Selain alat-alat sebelumnya, pastikan Anda juga memiliki alat pemotong kertas, gunting, pensil, penghapus, penggaris, dan alat lain yang mungkin diperlukan untuk membuat detail-detail yang lebih halus.

3. Buatlah Struktur Dasar dari Maket

Gunakan kayu balsa setrip untuk membuat struktur dasar dari maket. Potong kayu balsa setrip sesuai dengan ukuran dan skala yang telah ditentukan dan gunakan lem atau perekat untuk menempelkan kayu balsa setrip sehingga membentuk struktur dasar dari maket.

4. Tambahkan Dinding dan Atap

Setelah itu manfaatkan kertas beermat untuk membuat dinding dan atap maket rumah sederhana yang Anda buat. Potong kertas beermat sesuai dengan ukuran dan skala yang telah ditentukan dalam rencana desain, lalu tempelkan kertas beermat pada struktur dasar dari maket dengan menggunakan lem atau perekat.

5. Tambahkan Detail Interior dan Eksterior

Setelah dinding dan atap terpasang, tambahkan detail interior dan eksterior seperti pintu, jendela, furniture, dan tanaman jika dibutuhkan. Gunakan bahan-bahan seperti PVC board, miniatur, dan serbuk rumput halus untuk membuat detail-detail tersebut. Agar membuatnya tampak lebih realistis, Anda juga bisa memberikan figur orang di dalamnya. 

Baca juga: 9 Model Plafon PVC Ruang Tamu Terbaru 2022, Buat Tamu Terkesan

6. Cat Atau Beri Lapisan Untuk Memberikan Tampilan yang Lebih Realistis

Setelah maket selesai dibuat, cat atau beri lapisan pada dinding dan atap untuk memberikan tampilan yang lebih sempurna dan nyata. Gunakan cat dan lapisan yang sesuai dengan warna dan tekstur asli dari bahan yang digunakan dalam maket.

7. Bereskan Semua Alat dan Bahan

Setelah selesai membuat maket rumah sederhana, penting untuk merapikan dan menyimpan semua alat dan bahan yang telah digunakan. Ini adalah langkah terakhir untuk menyelesaikan proses pembuatan maket Anda.

Dengan merapikan semua alat dan bahan, Anda siap untuk menggunakannya di masa depan atau bahkan memulai proyek maket berikutnya. Selain itu, ini juga membantu menjaga kebersihan dan kerapihan lingkungan Anda setelah selesai membuat maket rumah sederhana.


Kesimpulan

Menerapkan cara membuat maket rumah sederhana di atas memang tidak mudah dan membutuhkan waktu serta ketelitian, namun hasil akhirnya dapat memberikan gambaran yang jelas tentang desain dan layout dari rumah yang diusulkan. Selain itu, membuat maket juga dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan dalam pembuatan model arsitektur.

Untuk memastikan bahwa maket yang ciptakan memiliki kualitas yang baik dan dapat bertahan dalam waktu yang lama hingga pembangunan selesai, Anda perlu melengkapi bahan-bahan pembuatan maket dengan yang berkualitas. Untuk itu, lengkapi kebutuhan pembuatan maket Anda di Klopmart. 

Klopmart menyediakan berbagai material yang berhubungan dengan konstruksi dan bangunan. Tak hanya perlengkapan pembangunan asli saja, tetapi juga jual lem G Korea yang tahan lama dan merekatkan dengan kuat setiap struktur maket arsitektur Anda. 

Tak perlu khawatir soal pengiriman, Klopmart selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk setiap konsumennya sehingga proses pengiriman pun diatur secepat mungkin agar produk dapat segera Anda terima dan digunakan.

Jadi tunggu apalagi? Langsung saja temukan kebutuhan pembangunan Anda dengan produk yang berkualitas di Klopmart. Semoga informasi seputar cara membuat maket rumah sederhana ini bermanfaat untuk Anda. 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya