6 Inspirasi Desain Taman Lorong Samping Rumah yang Menarik

Sedang berpikir untuk membuat taman lorong samping rumah dengan sisa lahan? Ini adalah ide yang bagus! Menjadikan sisa lahan sebagai taman akan memberikan suasana baru untuk rumah Anda. Meskipun tidak luas dan besar, memiliki taman tetap membawa keunikannya tersendiri. 

Tahukah Anda bahwa taman di samping rumah membawa dampak positif bagi seluruh anggota keluarga? Hal inilah yang akan Anda pelajari dalam artikel ini. Dapatkan juga inspirasi desain yang menarik selagi Anda membaca informasinya hingga akhir. 

Manfaat Taman di Rumah

Keberadaan taman di rumah memberikan angin segar bagi seluruh anggota keluarga. Tidak hanya bagus dipandang mata tetapi juga baik untuk sirkulasi udara yang masuk ke rumah. Lebih jauh lagi, keberadaan taman memberikan beberapa manfaat berikut ini. 

1. Rumah Menjadi Lebih Cantik

Desain rumah Anda biasa-biasa saja? Bukan masalah! Keindahan alam yang natural tidak kalah dari rumah dengan desain mewah. Keberadaan taman di rumah memberikan sentuhan estetika yang enak dipandang mata. 

Apalagi jika taman yang dibuat berisi berbagai jenis bunga cantik. Paduan warna hijau, merah, kuning, dan warna lainnya akan membuat Anda merasa senang meskipun hanya berada di rumah. 

2. Mendatangkan Udara Bersih

Adanya taman di rumah membuat sirkulasi udara menjadi lebih bersih. Zat karbon dioksida (CO2) yang ada di dalam rumah akan tergantikan dengan oksigen (O2) yang dihasilkan oleh tanaman di taman. 

Udara yang lebih sehat akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup seluruh anggota keluarga Anda. Memang hasilnya tidak langsung terlihat tetapi Anda bisa merasakan perbedaannya pada waktu mendatang.

3. Udara di Rumah Lebih Sejuk

Selain lebih bersih, udara di rumah juga akan terasa jauh lebih sejuk dari biasanya. Pantulan sinar matahari yang menyengat dapat diserap oleh tanaman-tanaman. Ada banyak tanaman yang bisa menyerap panas matahari seperti tanaman Sri Rejeki, Palem Kuning, Sirih Gading, Lidah Mertua, dan lain-lain. 

4. Sebagai Area Resapan Air

Keberadaan taman di samping rumah dapat menjadi area resapan air ketika musim hujan datang. Jika biasanya bagian samping rumah selalu tergenang air maka keberadaan tanaman dapat mengatasi masalah tersebut. 

5. Tempat Beraktivitas yang Baru

Terakhir, taman bisa menjadi tempat baru dari area lainnya yang ada di rumah. Selalu berada di rumah karena aturan PPKM pasti membuat Anda bosan dan stres, bukan? 

Selalu melihat hal yang sama untuk waktu lama dapat menurunkan motivasi dan semangat Anda ketika beraktivitas. Itu sebabnya keberadaan taman di rumah sangat penting untuk dijadikan area baru dalam beraktivitas.

Baca juga: 9 Model Lorong dalam Rumah Minimalis yang Cantik, Pilih Mana?

6 Desain Taman Lorong Samping Rumah

1. Taman Sebagai Area Bersantai

Taman Sebagai Area Bersantai

Membuat area taman yang enak dipandang tentu baik. Tetapi jika Anda bisa membuatnya lebih maksimal mengapa tidak? Lahan yang masih tersisa bisa Anda gunakan untuk menaruh beberapa kursi taman. 

Anda juga bisa menaruh sofa yang memiliki kanopi supaya lebih nyaman dan tidak basah apabila turun hujan. Anda bisa menjadikan area taman sebagai tempat bersantai tambahan ketika sudah mulai suntuk bekerja seharian.

2. Taman dengan Kolam Ikan

Taman dengan Kolam Ikan

Memenuhi taman dengan berbagai tanaman indah seperti bunga pasti akan terlihat sangat cantik. Bagaimana kalau ditambah suara air dari kolam ikan? 

Duduk di area taman dengan pemandangan yang indah dan suara air yang stabil tentu akan terasa menenangkan. Anda bisa berdiam diri sambil mendengarkan suara air yang terus mengalir. 

3. Taman dengan Tanaman Gantung

Taman dengan Tanaman Gantung

Sisa lahan di samping rumah sangat kecil? Tidak masalah! Anda tetap bisa menjadikannya indah dengan berbagai tanaman gantung. 

Ada banyak tanaman mungil yang cocok untuk mendekorasi sisa lahan tersebut. Pilih tanaman yang unik dan indah supaya Anda bisa merasakan keindahan taman setiap kali berjalan melewatinya.

Baca juga: 7 Rekomendasi Desain Lorong Samping Rumah untuk Anda

4. Taman Open Space

Taman Open Space

Desain open space tidak hanya digunakan untuk interior rumah. Nyatanya membuat taman dengan desain open space termasuk pilihan yang tepat. Desain seperti ini bisa diaplikasikan dengan merubuhkan tembok penghalang. 

Kemudian Anda bisa menggantinya dengan pintu kaca yang besar. Tindakan ini akan membuat taman Anda terasa lebih luas dari sebelumnya.

5. Taman dengan Jalan Setapak

Taman dengan Jalan Setapak

Jika lahan samping rumah benar-benar kecil maka membuatnya menjadi jalan setapak adalah ide yang bagus. Memang benar Anda tidak bisa menanam banyak tanaman karena keterbatasan lahan. Tetapi mengubahnya menjadi jalan setapak juga tidak buruk. 

Anda bisa masuk ke rumah melewati taman tersebut supaya suasana hati Anda berubah menjadi senang. Tambahkan rumput-rumput cantik dan tanaman rambat untuk membuat jalan setapak Anda semakin estetik. 

6. Desain Taman Industrial

Desain Taman Industrial

Desain taman industrial bisa menjadi ide yang cemerlang! Desain taman seperti ini pasti tidak akan membuat Anda bosan berlama-lama di area tersebut. Anda bisa menambahkan unsur industrial dari kursi dan meja taman yang dipilih. 

Tidak sekadar meja dan kursi taman biasa, Anda bisa menambahkan meja tinggi layaknya di bar dengan kursi yang cocok. Tambahkan juga lampu-lampu gantung sederhana untuk melengkapi dekorasi taman.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Rumah 2 Lantai Terbaik 

Kesimpulan

Itu dia informasi mengenai manfaat keberadaan taman lorong samping rumah dan inspirasi desainnya yang menarik. Desain mana yang menjadi kesukaan Anda? Memilih desain untuk taman jelas sangat penting. Tetapi jangan lupa untuk memperkokoh dinding rumah Anda. 

Gunakan mortar acian berkualitas yang ada di KlopMart. KlopMart menyediakan berbagai macam jenis mortar acian yang Anda butuhkan. 

Dapatkan harga mortar acian terbaik dengan mengunjungi website KlopMart sekarang juga! Konsultasikan semua kebingungan Anda dengan tim KlopMart yang siap membantu. Semoga informasi taman lorong samping rumah ini bermanfaat untuk Anda. 

Sumber artikel: 

  • https://yoursay.suara.com/lifestyle/2021/08/04/100510/ac-alami-ini-8-jenis-tanaman-penyejuk-yang-bikin-rumah-jadi-lebih-adem
  • https://www.rumah.com/panduan-properti/manfaat-taman-di-rumah-59620
  • https://artikel.rumah123.com/10-inspirasi-taman-samping-rumah-1-meter-yang-aesthetic-cocok-kontemplasi-meditasi-atau-apa-saja-110991
  • https://www.99.co/blog/indonesia/taman-lorong-samping-rumah-memukau/
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya