9 Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman

Sering kali mempertanyakan mengenai bagaimana cara membuat desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 di rumah Anda? Untuk mengatasi permasalahan desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, tentu ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan!

Membuat desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 terkadang memang menjadi pekerjaan rumah yang memusingkan. Namun, Anda tidak akan lagi pusing untuk membuat desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 setelah membaca artikel ini.

Klopmart akan membagikan beberapa desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 yang bisa Anda terapkan di rumah! Jadi, baca artikel ini sampai akhir untuk bisa mencoba beberapa desain dari kami!f

Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman

Pada umumnya, semua orang mendambakan ruang tamu yang luas dan nyaman. Sayangnya tidak semua orang memiliki ruang tamu yang luas. Lalu bagaimana cara menyulap ruang tamu yang memiliki ukuran 2x3 agar terlihat luas dan nyaman? Jawabannya adalah dengan menerapkan konsep minimalis. 

Jika konsep minimalis untuk ruang tamu ukuran 2x3 merupakan suatu masalah baru yang mungkin belum terpecahkan. Berikut adalah desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 yang bisa Anda coba di rumah!

1. Ruang Tamu dengan Warna Dinding Sederhana 

Desain pertama yang bisa Anda coba adalah menggunakan warna dinding sederhana dan cenderung berkarakteristik terang pada ruang tamu ukuran 2x3 Anda. Pemilihan warna tidak dapat dimungkiri sangat berpengaruh agar ruang tamu ukuran 2x3 Anda terlihat luas. 

Gunakan warna-warna seperti, putih, krem, atau abu-abu muda pada ruang tamu ukuran 2x3 Anda. Selain itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan wallpaper dinding dengan motif yang ramai. Hal ini dapat membuat ruangan Anda terlihat ramai dan sesak di area dinding.

2. Ruang Tamu dengan Sofa Multifungsi

Sofa adalah perabotan rumah tangga yang sangat esensial pada ruang tamu. Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana membuat ruang tamu minimalis, namun tidak menghilangkan sofa di dalamnya?

Pada umumnya, ruang tamu yang kita ketahui memiliki lebih dari satu sofa, yang dibuat melingkar mengelilingi meja di ruang tamu. Konsep ini tentunya tidak bisa digunakan para ruang tamu ukuran 2x3. Sebagai alternatifnya, Anda dapat menggunakan sofa multifungsi.

Ada banyak sofa yang bisa Anda temukan toko barang interior, salah satunya adalah sofa multifungsi. Gunakan sofa seperti sofa bed atau sofa dengan chaise lounge. Sofa chaise lounge bisa Anda gunakan untuk membuat konsep dudukan dari dua arah mengarah ke meja ruang tamu.

Selain sofa bed atau sofa dengan chaise lounge, Anda juga bisa menggunakan sofa yang memiliki fitur penyimpanan tersembunyi di bawah dudukannya. Jenis sofa seperti ini dapat membantu Anda untuk menambahkan tempat penyimpanan di ruang tamu agar terlihat tidak berantakan.

Baca juga: Cara Sederhana Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa 

3. Ruang Tamu dengan Minim Dekorasi Dinding

Dekorasi yang terlalu banyak di dinding ruang tamu Anda akan menciptakan kesan yang sesak dan sempit. Hal ini bukan berarti Anda tidak boleh menggunakan dekorasi dinding sama sekali. Gunakan dekorasi dinding sebijaksana mungkin, namun tidak terlalu banyak. 

Anda dapat menempatkan dekorasi dinding pada bagian-bagian tertentu saja di ruang tamu, yang mungkin terlihat kosong. Atur dekorasi dinding dengan preferensi Anda, namun buatlah untuk tetap terlihat harmonis dan tidak terlihat acak sehingga memberikan kesan rapi. 

4. Ruang Tamu Tanpa Sekat

Untuk membuat desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, usahakan untuk menghindari penggunaan sekat tembok di dalamnya. Penggunaan sekat tembok  dapat memberikan batas yang jelas dan nyata sehingga membatasi jarak pandang untuk orang yang berada di dalamnya. 

Secara tidak langsung, penggunaan sekat tembok inilah yang akan membuat ruang tamu Anda terlihat sempit. Sebagai gantinya, Anda dapat menggunakan perabotan semacam rak.

5. Ruang Tamu dengan Perabot Multifungsi

Untuk mewujudkan desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3, Anda sangat disarankan untuk menggunakan perabotan ruang tamu yang multifungsi. Selain sofa, Anda bisa menggunakan meja, rak, dan bufet yang multifungsi. 

Jika yang Anda asumsikan multifungsi selalu untuk tempat penyimpanan, konsep multifungsi pada perabotan bisa makin luas. Contohnya adalah meja kecil yang bisa dibesarkan untuk menampung lebih dari 4 orang. Jadi, usahakan untuk memilih perabotan multifungsi untuk meminimalisir keberadaan perabot pada ruang tamu Anda.

6. Ruang Tamu dengan Motif Ubin Sederhana

Selanjutnya adalah ruang tamu dengan motif ubin yang sederhana. Sama seperti dinding, usahakan untuk tidak memilih motif ubin di ruang tamu ukuran 2x3 Anda dengan desain yang ramai. 

Anda bisa menggunakan ubin seperti marmer, atau parket. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan parket, usahakan untuk memilih desain dan warna yang sederhana, karena ada juga motif parket yang memberikan kesan ramai. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengkilapkan Lantai Ubin Rumah?

7. Ruang Tamu dengan Ukuran Ubin yang Besar

Masih perihal lantai pada ruang tamu untuk konsep minimalis. Jika Anda menggunakan ubin seperti marmer, usahakan untuk menggunakan ukuran ubin yang besar. Karena ubin dengan ukuran atau format yang besar dapat membantu Anda dalam mempertahankan karakteristik minimalis pada ruang tamu ukuran 2x3. Contohnya seperti menggunakan ubin dengan ukuran di atas 60x60 cm.

8. Ruang Tamu dengan Hiasan Bunga yang Tidak Mendominasi

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah untuk menghindari penggunaan hiasan bunga atau tanaman lain yang terlalu mendominasi. Penggunaan hiasan bunga dan tanaman dapat memberikan kesan tenang dan segar pada ruangan Anda. Namun, hal ini akan berbanding terbalik jika penggunaan Anda terlalu berlebihan. 

Hiasan bunga atau tanaman akan menutup beberapa area yang sebenarnya bisa Anda gunakan untuk tempat penyimpanan atau perabotan lainnya. Jadi, pilihlah tanaman hias yang ukurannya sesuai dengan ruang tamu Anda. 

9. Ruang Tamu dengan Memaksimalkan Penggunaan Jendela

Untuk unsur pencahayaan pada ruang tamu ukuran 2x3, Anda dapat memaksimalkan penggunaan jendela. Selain untuk pencahayaan, menggunakan jendela dapat memberikan jarak pandang orang di dalam ruangan menjadi lebih luas. Gunakan jendela yang minim frame untuk memberikan kesan luas dan pencahayaan bagus pada siang hari.

Baca juga: 10 Model Jendela Ruang Tamu yang Elegan dan Mewah

10. Ruang Tamu dengan Konsep Ala Jepang

Jika Anda ingin langsung mendapatkan konsep minimalis, gunakan konsep interior ala Jepang. Contohnya seperti menggunakan desain warna yang didominasi warna cokelat dan putih. Pada umumnya konsep ala Jepang juga tidak memiliki sofa pada ruang tamu, namun sofa digantikan dengan duduk di lantai dengan meja yang sedikit mendominasi. 

Selain itu, interior ala Jepang juga dikenal dengan desain yang minim dengan barang. Anda bisa menggunakan barang-barang yang penting saja agar tidak terlihat ramai.

Selain desain-desain yang disebutkan, untuk mencapai konsep minimalis pada ruang tamu ukuran 2x3, Anda juga dapat mengoptimalkan langit-langit ruang tamu Anda. Untuk mengoptimalkan langit-langit ruang tamu Anda, pastikan untuk menggunakan bahan papan plafon yang berkualitas. 

Tidak perlu bingung untuk memilih gypsum untuk bahan papan plafon Anda selama berjam-jam di toko bangunan, karena Anda bisa temukan toko yang jual gypsum terdekat, yaitu Klopmart! Berbelanja di Klopmart Anda bisa membeli seluruh kebutuhan bahan bangunan Anda dengan praktis melalui perangkat pintar di rumah. Jadi, setelah menemukan jawaban untuk desain ruang tamu minimalis ukuran 2x3 Anda, pastikan untuk mendapatkan bahan bangunan ruang tamu yang Anda butuhkan hanya di Klopmart!

Sumber rujukan: 

  • https://www.homesandgardens.com/advice/how-to-make-a-small-living-room-look-bigger
  • https://alldaychic.com/minimalist-home-design-flooring/ 
  • https://www.italianbark.com/minimalist-floor-tiles-ideas-casalgrandepadana/ 
  • https://www.ikea.co.id/in/inspirasi/ide-dekorasi-ruang-tamu-minimalis-untuk-rumah-kecil
  • https://www.dekoruma.com/artikel/144194/desain-ruang-tamu-kecil-dua-kali-tiga 
  • https://www.dekoruma.com/artikel/62022/trik-mendesain-ruang-tamu-kecil

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Jan 2023

Related Article