Cara Membasmi Kecoa Di Kamar Mandi Dengan Efektif

Tidak hanya bau tak sedap, masalah kamar mandi yang juga cukup sering terjadi adalah munculnya kecoa. Apabila dibiarkan, kecoa dapat membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit. Maka dari itulah Anda perlu menerapkan cara efektif membasmi sarang kecoa di kamar mandi. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan dan habitat kecoa yang perlu Anda ketahui.

Habitat dan Sarang Kecoa yang Perlu Anda Tahu

Tidak hanya caranya yang perlu Anda ketahui, jenis kecoa dan habitatnya di kamar mandi pun juga perlu Anda tahu. Hal ini untuk memudahkan dalam menemukan di mana biasanya kecoa bersarang, terutama di kamar mandi. Kecoa akan betah berada di sebuah tempat dengan tingkat kelembapan yang tinggi.

Untuk di kamar mandi sendiri, biasanya kecoa bersarang di saluran air. Lalu, sistem saluran pembuangan menjadi tempat favorit berikutnya. Kemudian Anda pun perlu memeriksa tempat sampah di kamar mandi. Sebab, ada jenis kecoa tertentu yang bersarang di tempat sampah tersebut. Terutama jika sampah yang ada di tempat tersebut menumpuk dan tidak rutin Anda bersihkan. Pada dasarnya, kecoa akan hidup pada suhu 30 derajat Celcius. Maka, tidak heran jika kamar mandi banyak dijadikan sarang oleh kecoa.

Cara Ampuh Mengusir Kecoa di Kamar Mandi

Setelah Anda mengetahui di mana saja tempat kecoa bersarang, maka kini Anda perlu mengetahui cara membasmi sarang kecoa di kamar mandi. Mengusir kecoa dapat dilakukan dengan cara yang mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan menggunakan bahan lainnya. Berikut beberapa cara ampuh usir kecoa yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Mentimun dan Lemon

Anda bisa menggunakan mentimun dalam mengusir kecoa di kamar mandi. Langkahnya, Anda cukup mengirisnya dan letakkan di sebuah mangkuk maupun sarang kecoa. Atau jika tidak menggunakan mentimun, Anda dapat memilih buah lemon. Caranya pun sama, letakkan irisan lemon di sarang kecoa. Cara lainnya ialah dengan menyemprotkan perasan lemon ini pada sarang maupun bagian yang kerap menjadi habitat kecoa di kamar mandi.

2. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memang dikenal ampuh dalam mengusir serangga di rumah, seperti curut. Selain itu, kapur barus juga terbukti ampuh sebagai cara membasmi sarang kecoa di kamar mandi. Anda dapat menemukan kapur barus di toko-toko, minimarket, dan secara online di toko perlengkapan rumah. Menggunakannya cukup dengan meletakkannya di sarang kecoa kamar mandi. Namun, Anda harus memastikan kalau kapur barus tersebut aman dari jangkauan anak-anak.

3. Daun Salam pun Bisa Anda Gunakan

Ketika menyebut daun salam, mungkin Anda berpikir bahwa daun ini digunakan untuk bumbu masak. Tapi sebenarnya, daun salam bisa digunakan mengusir kecoa di kamar mandi. Hal tersebut dikarenakan daun salam memiliki aroma yang tidak disukai oleh kecoa. Anda hanya perlu memotong kecil bagian daun salam dan tebarkan pada sarang kecoa atau bagian lain yang menjadi habitat kecoa.

4. Ampas Kopi Sebagai Alternatif

Selain daun salam, aroma lainnya yang juga tidak disukai oleh kecoa adalah kopi. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ampas kopi sebagai cara membasmi kecoa di kamar mandi. Tidak hanya ampasnya saja, namun juga menggunakan biji maupun bubuk kopi yang ditebarkan di sarang kecoa. Kopi juga mampu menghilangkan aroma tak sedap yang ditinggal oleh kecoa.

5. Baking Soda

Baking soda atau soda kue tidak hanya diperuntukkan untuk membuat kue atau kudapan semata. Soda kue memiliki sifat yang dapat mengembang ketika terkena air, sama seperti apa yang Anda lihat ketika memanggang kue.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan soda kue untuk membuat kecoa tidak bertahan di saluran air kamar mandi Anda. Anda cukup campurkan soda kue dan juga gula dalam jumlah yang sama untuk dapat mulai membasmi kecoa di kamar mandi. Cukup taburkan campuran soda kue dan gula di sekitar area kamar mandi yang sering dilewati kecoa.

Gula dalam campuran tersebut akan menarik kecoa untuk mendekat dan saat kecoa selesai mengkonsumsi campuran tersebut maka soda kue akan segera membunuh kecoa di kamar mandi Anda.

6. Inesktisida

Kalau cara-cara di atas masih belum cukup untuk mengusir kecoa yang masuk ke rumah dan kamar mandi Anda, maka Ada bisa menggunakan insektisida sebagai cara terakhir. Insektisida adalah pembasmi serangga yang dapat digunakan sebagai pembasmi kecoa dengan efektif.

Tetapi, Anda harus mengetahui kalau insektisida adalah bahan kimia yang berbahaya. Saat menggunakan cara membasmi kecoa di kamar mandi ini, pastikan Anda hanya menyemprot insektisida ke sarang kecoa secara langsung.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan seberapa banyak Anda menggunakannya. Sebisa mungkin, batasi penggunaan insektisida di kamar mandi saat membasmi kecoa. Karena, penggunaan yang terlalu banyak malah akan menyebabkan bau menyengat dan dapat berbahaya jika dihirup oleh anggota keluarga.

Itulah dia beberapa cara membasmi kecoa di kamar mandi yang dapat Andacoba. Kemunculan kecoa di kamar mandi akan membuat aktivitas di ruangan tersebut menjadi tidak nyaman. Sebagai solusiya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan yang telah dijelaskan di atas untuk segera mengusir kecoa dari kamar mandi ketika dibutuhkan. Jika bahan-bahan alami rumahan masih belum cukup, Anda dapat menggunakan insektisida sebagai jalan terakhir. Untuk mencegah kecoa datang lagi, pastikan Anda merawat kebersihan rumah dan kamar mandi Anda dengan baik.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
07 Okt 2019

Related Article