Saniter

7 Cara Membasmi Kecoa di Kamar Mandi dengan Efektif

Media
16 Nov 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tidak hanya bau tak sedap, masalah kamar mandi yang juga cukup sering terjadi adalah munculnya kecoa. Apabila dibiarkan, kecoa dapat membawa kuman dan bakteri penyebab penyakit.

Maka dari itulah Anda perlu menerapkan cara efektif membasmi sarang kecoa di kamar mandi. Berikut cara mudah yang dapat Anda lakukan dan habitat kecoa yang perlu Anda ketahui.

Promosi Klopmart

Cara Membasmi Kecoa di Kamar Mandi

Mengusir kecoa dapat dilakukan dengan cara yang mudah menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dan menggunakan bahan lainnya. Berikut beberapa cara ampuh usir kecoa yang bisa Anda terapkan.

1. Gunakan Mentimun dan Lemon

Anda bisa menggunakan mentimun dalam mengusir kecoa di kamar mandi. Langkahnya, Anda cukup mengirisnya dan letakkan di sebuah mangkuk maupun sarang kecoa. Atau jika tidak menggunakan mentimun, Anda dapat memilih buah lemon.

Caranya pun sama, letakkan irisan lemon di sarang kecoa. Cara lainnya ialah dengan menyemprotkan perasan lemon ini pada sarang maupun bagian yang kerap menjadi habitat kecoa di kamar mandi.

2. Menggunakan Kapur Barus

Kapur barus memang dikenal ampuh dalam mengusir serangga di rumah, seperti curut. Selain itu, kapur barus juga terbukti ampuh sebagai cara membasmi sarang kecoa di kamar mandi. Anda dapat menemukan kapur barus di toko-toko, minimarket, dan secara online di toko perlengkapan rumah.

Menggunakannya cukup dengan meletakkannya di sarang kecoa kamar mandi. Namun, Anda harus memastikan kalau kapur barus tersebut aman dari jangkauan anak-anak.

3. Daun Salam pun Bisa Anda Gunakan

Ketika menyebut daun salam, mungkin Anda berpikir bahwa daun ini digunakan untuk bumbu masak. Tapi sebenarnya, daun salam bisa digunakan mengusir kecoa di kamar mandi.

Hal tersebut dikarenakan daun salam memiliki aroma yang tidak disukai oleh kecoa. Anda hanya perlu memotong kecil bagian daun salam dan tebarkan pada sarang kecoa atau bagian lain yang menjadi habitat kecoa.

4. Ampas Kopi Sebagai Alternatif

Selain daun salam, aroma lainnya yang juga tidak disukai oleh kecoa adalah kopi. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan ampas kopi sebagai cara membasmi kecoa di kamar mandi.

Tidak hanya ampasnya saja, namun juga menggunakan biji maupun bubuk kopi yang ditebarkan di sarang kecoa. Kopi juga mampu menghilangkan aroma tak sedap yang ditinggal oleh kecoa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru dengan Kopi

5. Baking Soda

Baking soda atau soda kue tidak hanya diperuntukkan untuk membuat kue atau kudapan semata. Soda kue memiliki sifat yang dapat mengembang ketika terkena air, sama seperti apa yang Anda lihat ketika memanggang kue.

Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan soda kue untuk membuat kecoa tidak bertahan di saluran air kamar mandi Anda.

Anda cukup campurkan soda kue dan juga gula dalam jumlah yang sama untuk dapat mulai membasmi kecoa di kamar mandi. Cukup taburkan campuran soda kue dan gula di sekitar area kamar mandi yang sering dilewati kecoa.

Gula dalam campuran tersebut akan menarik kecoa untuk mendekat dan saat kecoa selesai mengkonsumsi campuran tersebut maka soda kue akan segera membunuh kecoa di kamar mandi Anda.

6. Asam Borat

Asam borat juga diklaim dapat membasmi kecoak di kamar mandi secara efektif. Cara pakainya juga mudah, yakni sebagai berikut:

  • Tuang bubuk asam borat ke dalam wadah terpisah

  • Lalu campurkan tepung dan gula bersama asam borat

  • Aduk hingga merata, kemudian letakkan adonan di tempat kecoak keluar.

Gula dan tepung berfungsi untuk memancing kecoak keluar dari sarangnya, sedangkan asam borat berguna untuk membunuh kecoak.

Disarankan untuk meletakkan adonan asam borat ketika kamar mandi tidak dipakai atau saat malam hari agar hasilnya lebih efektif.

7. Insektisida

Kalau cara-cara di atas masih belum cukup untuk mengusir kecoa yang masuk ke rumah dan kamar mandi Anda, maka Ada bisa menggunakan insektisida sebagai cara terakhir. Insektisida adalah pembasmi serangga yang dapat digunakan sebagai pembasmi kecoa dengan efektif.

Tetapi, Anda harus mengetahui kalau insektisida adalah bahan kimia yang berbahaya. Saat menggunakan cara membasmi kecoa di kamar mandi ini, pastikan Anda hanya menyemprot insektisida ke sarang kecoa secara langsung.

Tidak hanya itu, Anda juga harus memperhatikan seberapa banyak Anda menggunakannya. Sebisa mungkin, batasi penggunaan insektisida di kamar mandi saat membasmi kecoa. Karena, penggunaan yang terlalu banyak malah akan menyebabkan bau menyengat dan dapat berbahaya jika dihirup oleh anggota keluarga.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Laron di Rumah dengan Efektif

Penyebab Kecoak Berkembang biak di Kamar Mandi

Tidak hanya caranya yang perlu Anda ketahui, penyebabnya pun penting untuk diketahui sehingga Anda dapat mengusir kecoak dengan lebih efektif. Berikut beberapa penyebab utama banyak kecoa di kamar mandi:

1. Kelembaban Tinggi

Kamar mandi seringkali memiliki kelembaban tinggi karena aktivitas mandi dan penggunaan air yang intensif. Lingkungan yang lembab ini sangat disukai oleh kecoak, karena mereka membutuhkan kelembaban untuk bertahan hidup dan berkembang biak.

2. Ketersediaan Sumber Makanan

Kamar mandi seringkali menyediakan sumber makanan bagi kecoak dalam bentuk sisa-sisa makanan, kotoran, atau bahkan bulu hewan peliharaan yang mungkin terakumulasi di sana.

Ketersediaan sumber makanan ini memungkinkan kecoak untuk bertahan hidup dan berkembang biak dengan baik.

3. Tempat Persembunyian yang Tersedia

Kamar mandi sering memiliki banyak celah, retakan, atau tempat persembunyian lainnya yang ideal bagi kecoak untuk berlindung.

Dinding yang retak, saluran pembuangan air yang bocor, atau lipatan dalam keramik lantai dapat menjadi tempat persembunyian yang sempurna bagi kecoak, sehingga mereka merasa aman dan nyaman untuk tinggal di sana.

Baca juga: 10 Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami

Itulah dia beberapa cara membasmi kecoa di kamar mandi yang dapat Andacoba. Kemunculan kecoa di kamar mandi akan membuat aktivitas di ruangan tersebut menjadi tidak nyaman.

Sebagai solusiya, Anda bisa menggunakan bahan-bahan rumahan yang telah dijelaskan di atas untuk segera mengusir kecoa dari kamar mandi ketika dibutuhkan.

Selain itu, harap juga memperhatikan lubang-lubang yang berpotensi sebagai jalur masuknya kecoa di rumah, seperti lubang-lubang di dinding rumah Anda. Segera tutup dengan semen dan keramik berkualitas.

Material Bahan Bangunan

Tentu saja Klopmart sebagai Toko Jual Material Bahan Bangunan Online Terlengkap menyediakan Semen Merah Putih yang dapat Anda gunakan untuk menutup dinding rumah. Yuk kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya