Cat dan Kimia

10 Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru dengan Mudah dan Efektif

Media
24 Jun 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lemari yang baru Anda buat secara khusus ataupun yang Anda beli dari toko, tidak bisa langsung digunakan karena umumnya masih berbau, baik bau kayu, bau plitur atau bau cat. Bau yang menyengat dan tajam tersebut mengganggu indera penciuman bahkan tidak jarang membuat mata perih.

Anda tidak bisa terburu-buru menggunakan lemari baru tersebut apalagi jika Anda hendak memasukkan pakaian ke dalamanya. Karena aroma lemari baru tersebut akan mencemari pakaian Anda.
 

Cara Menghilangkan Bau Lemari Baru

Berikut ada ulasan bagaimana caranya menghilangkan bau pada lemari baru Anda dengan efektif


 

1. Bersihkan Lemari

Bersihkan bagian dalam lemari dengan kain lap setengah basah untuk menghilangkan sisa finishing, debu dan kotoran. Kemudian keringkan lemari menggunakan kain lap yang kering hingga bagian dalam lemari benar-benar kering.
 

2. Buka Lemari

Buka semua pintu dan laci lemari. Biarkan terbuka selama beberapa hari agar sirkulasi udara yang terjadi dapat menghilangkan sisa bau finishing, plitur, dan cat yang mengendap di dalam lemari secara menyeluruh.
 

3. Soda Kue

Campurkan soda kue dengan sedikit air dalam sebuah wadah untuk membuat larutan yang cukup kental. Tempatkan larutan soda kue tersebut di dalam lemari selama beberapa hari. Larutan soda kue mampu untuk menyerap bau yang ditimbulkan dari lemari baru.
 

4. Bubuk Kopi

Salah satu manfaat kopi bubuk adalah untuk menyerap bau dalam ruangan sehingga bisa juga dimanfaatkan untuk menyerap bau dalam lemari baru. Isilah wadah dengan bubuk kopi (disarankan menggunakan kopi hitam), lalu masukkan wadah ke dalam lemari. Tutup lemari selama beberapa hari.
 

5. Pengharum Lemari

Gunakan pengharum lemari berbentuk padat yang bisa digantungkan dalam lemari.

Baca juga: Cara Membuat Lemari Pakaian dari Triplek
 

6. Bunga

Anda bisa menempatkan beberapa jenis bunga yang harum ke dalam lemari sebagai pengharum lemari seperti bunga melati atau bunga mawar.
 

7. Tembakau

Siapkan gelas kecil dan isi dengan air secukupnya. Masukkan beberapa tembakau ke dalam gelas lalu aduk hingga tembakau tercampur rata dengan air. Tempatkan larutan tembakau tersebut di setiap sudut lemari. Diamkan selama beberapa hari agar aroma tembakau bisa menyebar dan menyerap bau lemari baru secara menyeluruh.
 

8. Kapas + Parfum

Semprotkan parfum pada kapas dan tempatkan kapas tersebut ke setiap sudut lemari. Ganti kapas yang baru setiap dua hari sekali selama satu minggu hingga bau lemari baru menghilang.
 

9. Irisan Sabun Mandi

Buatlah irisan sabun mandi batang dan tempatkan potongan tersebut di setiap sudut lemari. Aroma sabun tersebut akan memenuhi bagian dalam lemari sehingga bau lemari baru akan menghilang.


 

10. Posisi Lemari

Posisi penempatan lemari ternyata mempengaruhi bau di dalam lemari. Jangan letakkan lemari di pojok kamar atau terlalu dempet dengan dinding agar ada ruang yang cukup untuk sirkulasi udara sehingga aroma lemari baru tidak mengendap. Memposisikan lemari dengan tepat juga dapat dilakukan sebagai cara mencegah lemari berjamur.

Jika Anda butuhkan bahan material bangunan untuk renovasi atau membangun rumah, belanja di Klopmart adalah pilihan yang tepat. Di sini, Anda akan menemukan berbagai macam pilihan material berkualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Baca juga: Manfaat Kapur Barus Untuk Pakaian

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya