Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami dan Aman

Kehadiran tikus curut di rumah memang sangat mengganggu. Sebab, tikus ini dapat mengerat apa saja dan juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Anda pun tentu berpikir bagaimana cara mengusir tikus curut tersebut. Cara mengusir tikus curut kerap kali dilakukan menggunakan racun yang cukup berbahaya. Namun, Anda sebenarnya bisa menggantinya dengan beberapa bahan alami berikut ini.

Bahan Bahan Untuk Mengusir Tikus Dari Rumah

Kantung Teh

Bekas kantung teh biasanya dibuang begitu saja ketika Anda selesai menggunakannya. Namun, jangan salah, ternyata kantung teh juga berfungsi untuk salah satu cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami.

Dengan menggunakan kantung teh pada tempat-tempat yang sering didatangi tikus, akan mengacaukan indera penciuman tikus curut dengan peppermint dalam kantung teh. Akibatnya, tikus curut tersebut akan kehilangan konsentrasi dan kesadaran karena bau yang menyengat. Kemudian, membuatnya mati secara perlahan karena menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

Aroma Cengkeh

Daun cengkeh juga ternyata ampuh untuk mengusir tikus di rumah dengan bahan alami. Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan wangi-wangian dengan aroma mint pada lubang tikus serta jalur yang dilewati tikus. Bila tidak ada cengkeh, Anda pun bisa menggunakan wewangian dari ekstrak cengkeh. Khasiatnya pun juga tidak kalah ampuh dengan menggunakan cengkeh yang alami.

Daun Sirsak

Selain cengkeh, cara mengusir tikus di rumah dengan bahan alami lainnya yaitu dapat juga menggunakan daun sirsak. Daun sirsak ini memiliki kandungan zat perangsang, di mana zat tersebut mampu mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh hewan pengerat.

Cukup siapkan daun sirsak dalam jumlah tertentu dan taburkan remahan-remahan daun di area yang sering didatangi tikus. Gantilah selama tiga hari sekali dengan daun baru yang masih segar.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Obat Keluarga

Mengkudu

Mungkin Anda sering mendengar jika mengkudu banyak digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan. Ternyata, di sisi lain mengkudu juga bisa digunakan sebagai cara mengusir curut dengan alami yang ampuh. Karena secara alami, tikus tidak menyukai aroma yang menyengat.

Langkah menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian dan letakkan pada area tertentu. Anda pun bisa menggantung buah mengkudu yang sudah mengering dan gantilah dengan buah yang baru.

Menggunakan Kopi

Kopi memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk digunakan sebagai cara mengusir tikus dengan kopi di dalam rumah. Ingat, tikus curut memiliki kemampuan penciuman yang sangat tajam. Anda bisa memanfaatkannya dengan memberikan aroma-aroma yang tak disukai tikus tersebut.

Letakkanlah bubuk kopi secukupnya pada bagian tertentu seperti loteng dan area dalam rumah yang sering kotor. Tikus curut akan melacak dari mana asal bau yang dia cium. Setelah tikus curut tadi menemukan sumber aroma kopi, maka dia akan berlama-lama berada di tempat tersebut. Lalu, secara akan mati secara perlahan karena aroma kopi tersebut. Bahkan, cara ini tidak akan membuat tikus lain kembali.

Baca Juga: Seperti Ini Cara Mengusir Tikus di Atap Rumah Dengan Mudah

Kapur Barus

Sama halnya dengan kopi, kapur barus juga mampu mengeluarkan aroma yang yang cukup menyengat bagi tikus curut. Di sini, Anda bisa menggunakan kapur barus dalam bentuk bubuk maupun batangan. Jika menggunakan kapur barus dalam bentuk bubuk, Anda tinggal menaburkannya saja pada area yang sering dilewati tikus.

Akan tetapi, bila Anda menggunakan kapur barus yang padat atau batangan sebaiknya Anda tumbuk sampai halus. Atau bisa pula dengan meletakkannya langsung. Tikus akan mengendus bau kapur barus tersebut dan enggan untuk kembali.

Baca Juga: 3 Manfaat Kapur Barus Untuk Pakaian

Menggunakan Cabai Rawit

Cara mengusir tikus curut yang berikutnya adalah dengan menggunakan cabai rawit. Memang cara ini terbilang cukup unik, akan tetapi Anda jangan ragukan keampuhannya. Justru dengan menggunakan cabai rawit ini akan membuat tikus tidak akan betah di rumah. Bagaimana cara membuatnya?

Anda harus mencampurkan bubuk maupun saus cabai dengan deterjen yang sudah menggunakan air. Campuran saus cabai tersebut kemudian diletakkan pada botol semprot. Setelah tercampur dengan merata, lalu semprotkanlah pada area-area yang kerap dilewati atau menjadi sarang tikus curut.

Kulit Telur

Anda mungkin tidak menyangka kalau cangkang telur itu ampuh mengusir tikus curut. Cangkang atau kulit telur dikenal memiliki kandungan kalsium yang dapat mengusir tikus. Untuk dapat mengusir tikus dengan kulit telur, berikut adalah langkah-langkahnya.

Yang pertama, keringkan kulit telur terlebih dahulu. Setelah kering, giling kulit telur tersebut hingga menjadi bubuk. Bubuk-bubuk inilah yang nanti dapat anda gunakan untuk mengusir tikus curut dari rumah Anda.

Tidak hanya untuk mengusir tikus, metode ini juga ampuh unntuk mengusir serangga dan hama menganggu lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengusir kecoa, kutu, siput, keong, dan hama mengganggu lainnya.

Racun Tikus

Untuk metode satu ini, sudah tidak usah lagi ditanyakan efektivitasnya. Menggunakan racun tikus merupakan cara paling ampuh mengusir tikus. Tetapi, Anda sebaiknya tidak asal-asalan dalam menerapkan metode ini: Anda sedang berhadapan dengan racun. Ada baiknya juga Anda menggunakan metode yang tidak melibatkan racun seperti yang dijelaskan di atas.

Tetapi, jika Anda tidak punya waktu atau pun bahan untuk membuat racun-racun alami di atas dan terpaksan menggunakan racun tikus, berikut adalah tips untuk menggunakan racun tikus.

Yang pertama, tempatan racun di tempat yang sering dilewati oleh tikus. Anda dapat mencari tahu tempat mana yang sering dilewati tikus dengan melihat bekas remah-remahan yang tercecer di lantai.

Pastikan juga Anda menutup tempat sampah atau tempat penyimpanan lainnya di sekitar racun tikus. Hal ini untuk memastikan kalau tikus hanya akan memakan umpan jebakan atau racun yang Anda pasang.

Biasanya, racun tidak akan langsung berdampak dalam sehari. Terkadang juga, tikus tidak langsung menghabiskan semua racun yang Anda taruh. Biarkan racun terpasang selama beberapa hari untuk melihat hasilnya. Pastikan juga untuk mengecek jebakan Anda setiap hari. Jika ada seekor tikus yang mati di dekat jebakan, langsung singkirkan atau buang.

Lalu, tempatkan racun di dalam sebuah wadah untuk menarik perhatian si tikus. Pastikan juga untuk tidak memindahkan wadah racun tersebut agar tikus tidak curiga.

Baca Juga: Cara Alami, Aman dan Ampuh Usir Tikus

Itulah dia beberapa cara mengusir tikus curut yang dapat Anda terapkan di rumah Anda. Umumnya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang memiliki bau yang menyengat untuk mengusir tikus dari rumah.

Sebenarnya, selain cara mengusir tikus dengan bahan alami di atas, Anda pun perlu menjaga kebersihan rumah. Terutama pada area-area tertentu yang rawan kotor karena dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit. Misalnya saja seperti dapur, kamar mandi, hingga loteng. Sebab, rumah yang kotor inilah disinyalir sebagai penyebab utama tikus curut bermunculan. Terlebih lagi pada musim penghujan

Cek harga klik disini


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Feb 2020

Related Article