7 Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami, Dijamin Lari!

Kehadiran tikus curut di rumah memang sangat mengganggu. Sebab, tikus ini dapat mengerat apa saja dan juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Anda pun tentu berpikir bagaimana cara mengusir tikus curut tersebut.

promosi klopmart

Tak perlu khawatir, Klopmart akan membahas tips mengusir tikus curut cukup menggunakan bahan alami yang ada di rumah. Berikut ulasannya!

Cara Mengusir Tikus Curut Menggunakan Bahan Alami

Cara mengusir curut dari rumah kerap kali dilakukan menggunakan racun yang cukup berbahaya. Namun, Anda sebenarnya bisa menggantinya dengan beberapa bahan alami berikut ini.

1. Menggunakan Kantung Teh

Kantung Teh untuk mengusir tikus curut

Bekas kantung teh biasanya dibuang begitu saja ketika Anda selesai menggunakannya. Namun, jangan salah, ternyata kantung teh juga berfungsi untuk salah satu cara mengusir curut yang ampuh.

Dengan menggunakan kantung teh pada tempat-tempat yang sering didatangi tikus, akan mengacaukan indera penciuman tikus curut dengan peppermint dalam kantung teh.

Akibatnya, tikus curut tersebut akan kehilangan konsentrasi dan kesadaran karena teh memiliki aroma yang dibenci curut bau. Kemudian, membuatnya mati secara perlahan karena menyebabkan iritasi pada hidung tikus.

2. Menggunakan Daun Cengkeh

Aroma Daun Cengkeh untuk mengusir tikus curut

Daun cengkeh juga ternyata ampuh untuk mengusir tikus di rumah dengan bahan alami. Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda bisa menambahkan wangi-wangian dengan aroma mint pada lubang tikus serta jalur yang dilewati tikus.

Bila tidak ada cengkeh, Anda pun bisa menggunakan wewangian dari ekstrak cengkeh. Khasiatnya pun juga tidak kalah ampuh dengan menggunakan cengkeh yang alami.

3. Menggunakan Daun Sirsak

Daun Sirsak untuk mengusir tikus curut

Selain cengkeh, Anda dapat juga menggunakan daun sirsak. Daun sirsak ini memiliki kandungan zat perangsang, di mana zat tersebut mampu mengeluarkan bau yang tidak disukai oleh hewan pengerat.

Cukup siapkan daun sirsak dalam jumlah tertentu dan taburkan remahan-remahan daun di area yang sering didatangi tikus. Gantilah selama tiga hari sekali dengan daun baru yang masih segar.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Obat Keluarga

4. Menggunakan Mengkudu

Mengkudu untuk mengusir tikus curut

Mungkin Anda sering mendengar jika mengkudu banyak digunakan untuk berbagai keperluan kesehatan. Ternyata, di sisi lain mengkudu juga bisa digunakan sebagai cara mengusir curut dengan alami yang ampuh.

Langkah menggunakan buah mengkudu untuk mengusir tikus juga sangat mudah. Anda hanya perlu memotong buah mengkudu menjadi beberapa bagian dan letakkan pada area tertentu.

5. Menggunakan Kopi

kopi untuk mengusir tikus curut

Kopi memang banyak memiliki manfaat bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk digunakan sebagai cara mengusir tikus dengan kopi di dalam rumah.

Ingat, tikus curut memiliki kemampuan penciuman yang sangat tajam. Anda bisa memanfaatkannya dengan memberikan aroma-aroma yang tak disukai tikus tersebut.

Letakkanlah bubuk kopi secukupnya pada bagian tertentu seperti loteng dan area dalam rumah yang sering kotor.

6. Menggunakan Cabai Rawit

Cabai Rawit untuk mengusir tikus curut

Cara mengusir tikus curut yang berikutnya adalah dengan menggunakan cabai rawit. Memang cara ini terbilang cukup unik, akan tetapi Anda jangan ragukan keampuhannya.

Justru dengan menggunakan cabai rawit ini akan membuat tikus tidak akan betah di rumah. Bagaimana cara membuatnya?

Anda harus mencampurkan bubuk maupun saus cabai dengan deterjen yang sudah menggunakan air. Campuran saus cabai tersebut kemudian diletakkan pada botol semprot.

Setelah tercampur dengan merata, lalu semprotkanlah pada area-area yang kerap dilewati atau menjadi sarang tikus curut.

7. Menggunakan Kulit Telur

kulit telur untuk mengusir tikus curut

Anda mungkin tidak menyangka kalau cangkang telur itu ampuh mengusir tikus curut. Cangkang atau kulit telur dikenal memiliki kandungan kalsium yang dapat mengusir tikus. Untuk dapat mengusir tikus dengan kulit telur, berikut adalah langkah-langkahnya.

Yang pertama, keringkan kulit telur terlebih dahulu. Setelah kering, giling kulit telur tersebut hingga menjadi bubuk. Bubuk-bubuk inilah yang nanti dapat anda gunakan untuk mengusir tikus curut dari rumah Anda.

Tidak hanya untuk mengusir tikus, metode ini juga ampuh unntuk mengusir serangga dan hama menganggu lainnya. Misalnya, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengusir kecoa, kutu, siput, keong, dan hama mengganggu lainnya.

Baca juga: 9 Cara Mengusir Kalajengking di Kamar Mandi

Gunakanlah Racun Tikus sebagai Langkah Terakhir

Untuk metode satu ini, sudah tidak usah lagi ditanyakan efektivitasnya. Menggunakan racun tikus merupakan cara paling ampuh mengusir tikus. Berikut beberap tips penggunaan racun tikus secara optimal:

1. Tempatkan racun tikus di lokasi strategis

Yang pertama, tempatan racun di tempat yang sering dilewati oleh tikus. Anda dapat mencari tahu tempat mana yang sering dilewati tikus dengan melihat bekas remah-remahan yang tercecer di lantai.

2. Jangan lupa menutup bak sampah

Pastikan juga Anda menutup tempat sampah atau tempat penyimpanan lainnya di sekitar racun tikus. Hal ini untuk memastikan kalau tikus hanya akan memakan umpan jebakan atau racun yang Anda pasang.

3. Cek secara berkala kondisi jebakan Anda

Pastikan juga untuk mengecek jebakan Anda setiap hari. Jika ada seekor tikus yang mati di dekat jebakan, langsung singkirkan atau buang.

Lalu, tempatkan racun di dalam sebuah wadah untuk menarik perhatian si tikus. Pastikan juga untuk tidak memindahkan wadah racun tersebut agar tikus tidak curiga.

Biasanya, racun tidak akan langsung berdampak dalam sehari. Terkadang juga, tikus tidak langsung menghabiskan semua racun yang Anda taruh. Jadi biarkan racun terpasang selama beberapa hari untuk melihat hasilnya.

Baca juga: Bagaimana Cara Mencegah Kabel Digigit Tikus?

Kesimpulan

Itulah dia beberapa cara mengusir tikus curut yang dapat Anda terapkan di rumah Anda dengan bahan alami. Umumnya, Anda dapat menggunakan bahan-bahan yang memiliki bau yang menyengat untuk mengusir tikus dari rumah.

Selain itu, Anda pun perlu menjaga kebersihan rumah. Pastikanlah selalu bersih dan kering terutama pada area-area tertentu yang rawan kotor karena dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit.

Misalnya saja seperti dapur, kamar mandi, hingga loteng. Sebab, rumah yang kotor inilah disinyalir sebagai penyebab utama tikus curut bermunculan. Terlebih lagi pada musim penghujan.

bahan material bangunan


Harap juga memperhatikan lubang-lubang yang berpotensi sebagai jalur masuknya tikus, seperti lubang-lubang di dinding rumah Anda dengan menyemennya agar tidak mudah bobol. Dan jika anda membutuhkan semen, Anda bisa mendapatkan semen berkualitas di Klopmart!

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan seperti semen Semen Merah Putih yang dapat Anda gunakan untuk menutup dinding rumah. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Rekomendasi Merk Tandon Air Terbaik untuk Proyek Konstruksi dan Pribadi

Saniter

5 Rekomendasi Merk Tandon Air Terbaik untuk Proyek Konstruksi dan Pribadi

Selengkapnya
8 Rekomendasi Wastafel Terbaik di Indonesia untuk Proyek Anda

Saniter

8 Rekomendasi Wastafel Terbaik di Indonesia untuk Proyek Anda

Selengkapnya
Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya