Cat dan Kimia

7 Cara Menghilangkan Laron di Rumah dengan Efektif

Media
27 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Pada suatu malam, tiba-tiba rumah dimasuki gereombolan serangga bersayap yang terbang mengerubungi lampu. Laron! Bagaimana cara membasmi laron?

Biasanya hal ini terjadi saat musim panas mulai mendekati musim hujan. Segerombolan laron tiba-tiba muncul dan mengerubungi sumber cahaya, baik itu lampu listrik ataupun lampu semprong berbahan-bakar minyak tanah.

Serangga ini tidak menyerang manusia. Hanya ‘sampah’ setelah mereka gathering itulah yang mengganggu. Potongan-potongan sayap dan Laron-laron tanpa sayap berserakan di mana-mana. Jika Anda pernah dikerubungi Laron, kemungkinan Laron mendeteksi Anda sebagai sumber panas. Laron itu buta, tetapi seperti kisah alien dalam film fiksi ilmiah ‘Predator’, ia memiliki sensor cahaya dan pendeteksi panas.

Apa itu Laron? Laron adalah satu tingkatan dalam siklus hidup rayap. Ya, rayap!

Mungkin ada baiknya kita bahas siklus hidup rayap:

Nah, Laron inilah yang disebut alates. Mereka hanya hidup beberapa jam untuk mencari jodoh dan kawin. Laron yang menemukan jodohnya, akan menggali tanah, membuat sarang dan bertelur. Laron yang tidak mendapatkan jodoh akan jatuh dan mati.

Laron yang jantan akan menjadi berubah menjadi raja rayap dan yang betina akan berubah menjadi ratu rayap. Seumur hidupnya fungsi mereka hanya untuk menghasilkan telur… ribuan telur! Raja rayap tidak meninggalkan sarang. Seumur hidupnya dia menemani sang ratu.
 

Cara Menghilangkan Laron dengan Cepat dan Mudah:

Untuk membasi laron yang mengganggu dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini:
 

1. Perhatikan area sekitar Anda

Jika hanya rumah Anda yang disambangi, berarti ada sarang rayap di rumah Anda! Jika dapat, perhatikan dari bagian rumah mana gerombolan Laron ini berasal.
 

2. Matikan Lampu Seluruh Ruangan

Jika Laron masuk di dalam rumah, matikan lampu di seluruh ruangan. Biarkan lampu di bagian luar rumah (teras) yang menyala. Hal ini untuk memancing Laron bergerak keluar dari rumah Anda.
 

3. Arahkan Laron ke Sumber Cahaya Lain

Biarkan beberapa saat. Setelah yakin sudah tidak ada Laron yang beterbangan di dalam rumah, barulah tutup pintu, matikan lampu teras dan biarkan Laron pergi mencari sumber cahaya lain.
 

4. Simpan Wadah Berisi Air Dibawah Sumber Cahaya

Jika Laron masih belum mau pindah. Taruhlah baskom berisi air di bawah lampu teras tadi. Laron akan jatuh tercebur dan sulit untuk terbang lagi.
 

5. Gunakan Cabai Merah

Gantungkan cabai merah yang dibelah dua sehingga isinya terbuka dekat lampu yang menyala, maka aroma yang keluar akibat terkena panas lampu, akan membuat Laron akan berguguran atau kabur.
 

6. Semprotkan insektisida

Saat Laron terbang mengerumuni lampu, Anda dapat menyeprotkan insektisida. Karena pastinya Anda akan menyemprot kea arah atas, pastikan Anda menggunakan masker. Setelahnya, segera cuci tangan dan muka Anda dengan sabun untuk membersihkan kontaminasi insektisida.
 

7. Cari Sarang Rayap

Jika ditemukan, semprotkan insektisida dan bersihkan area tersebut. Buang sarang rayap di dalam kantong plastik! Jika diperlukan, gunakan jasa pest control.

Laron, di beberapa daerah tertentu dikumpulkan dan digoreng kering menjadi makanan ringan tinggi protein. Di beberapa daerah di Jawa Tengah, bahkan ada sambal Laron, yang katanya, gurih rasanya. Hehehe… Mau coba?

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya