Cat dan Kimia

8 Cara Menghilangkan Cat pada Besi yang Membandel Secara Efektif

Media
05 Des 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Besi seringkali dilapisi dengan cat agar tidak mengalami karatan. Meskipun begitu, untuk menghilangkan cat pada besi membutuhkan teknik khusus. Belum lagi jika cat yang digunakan sangat membandel pada besi. Sebenarnya, ada beberapa cara menghilangkan cat pada besi yang bisa Anda lakukan. Untuk itu, artikel ini membahas beberapa cara cepat, mudah, dan efektif untuk menghilangkan cat pada besi.

Cara Menghilangkan Cat pada Besi yang Membandel

Berikut adalah beberapa cara dan alat yang Anda perlukan untuk menghilangkan cat pada besi:

1. Menggunakan Alat Pengikis Cat Pull Scrapers

Penggunaan alat pengikis cat pull scrapers dalam cara menghilangkan cat pada besi sangat mudah untuk dilakukan. Anda cukup mengerok dengan perlahan bagian yang catnya ingin Anda hilangkan. Jika Anda mengerok secara sembrono, bisa berakibat pada hasilnya yang tidak baik dan bisa menimbulkan goresan parah dan kasar. Setelah selesai, Anda bisa menampelasnya dan dilap menggunakan lap kering.

Baca juga: Cara Menghitung Kebutuhan Cat Besi

2. Menggunakan Soda Api

Untuk menghilangkan cat pada besi menggunakan soda api, Anda harus mengoleskan atau menyemprotkan soda api ke seluruh bagian permukaan besi yang telah dilapisi oleh cat. Tunggu beberapa saat hingga terjadi reaksi. Selanjutnya, cat yang ada di besi akan secara otomatis meleleh dan mengelupas dengan sendirinya. Setelah itu, Anda bisa membersihkan sisanya dengan menggunakan amplas dan melapnya dengan kain kering.

3. Menggunakan Bensin

Untuk penggunaan bensin sebagai penghilang cat pada besi, siapkanlah lap yang kering dan kemudian tuang bensin pada lap tadi. Lalu, lap seluruh bagian di besi yang ingin dihilangkan catnya. Diamkan beberapa saat agar muncul reaksi. Setelah itu, cat akan rontok dan mengelupas sendiri. Lakukan pembersihan menggunakan ampelas dan bersihkan dengan lap.

Baca juga: Ternyata Cara Menghilangkan Karat pada Besi Cukup Mudah!

4. Menggunakan Amplas

Cara menghilangkan cat pada besi lainnya adalah menggunakan amplas. Anda cukup menggosok-gosok bagian permukaan besi tadi dengan menggunakan permukaan kasar pada ampelas. Amplas hingga seluruh bagian permukaan cat mengelupas. Jangan lupa menggunakan masker agar debu tidak terhirup ke saluran pernafasan.


5. Menggunakan Paint Remover

Penggunaan paint remover atau penghilang cat sudah sangat terkenal dalam cara menghilangkan cat pada besi. Anda cukup menyiapkan kuas kecil berbulu lembut dan mencelupkannya ke kaleng paint remover. Kemudian, kuas seluruh permukaan besi dan diamkan beberapa saat agar cat rontok dengan sendirinya. Setelah itu, Anda bisa membersihkan sisa-sisa cat dengan menggunakan amplas lalu di lap hingga bersih.

Baca juga: 11 Cara Mengecat Tembok yang Benar dan Mudah

6. Menggunakan Tiner

Anda juga bisa menggunakan tiner untuk menghilangkan cat pada besi. Cara untuk menghilangkan cat pada besi cukup mudah karena Anda hanya perlu melapisi permukaan besi dengan menggunakan tiner. Setelah itu, permukaan besi tadi bisa dengan mudah dikerok karena cairan tiner tadi membuat cat menguap. Kemudian, Anda bisa membersihkan noda-noda sisanya dengan menggunakan amplas dan melap kering besi tersebut.


7. Menggunakan Compound

Cara menghilangkan cat pada besi lainnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan compound. Anda bisa menggunakannya pada lap kering bersih yang lalu diusapkan pada compound. Namun, perlu Anda tahu bahwa penggunaan compound yang terlalu banyak bisa mengikis besi, jadi gunakan secukupnya saja. Setelah itu, gosok-gosokkan lap tersebut pada permukaan besi. Usap secara merata hingga memperoleh hasil maksimal dan kemudian cat tersebut akan terkikis dengan otomatis.

Baca juga: Daftar Tabel Ukuran Berat Besi Beton SNI

8. Menggunakan Mesin Sander

Untuk menggunakan mesin sander pada cara menghilangkan cat pada besi, Anda harus menyambungkan mesin ini pada listrik dan menempelkannya pada besi yang dilapisi cat. Kemudian, gerak-gerakkan mesin ini pada permukaan besi hingga lapisan cat mengelupas. Lakukanlah secara menyeluruh dan jangan lupa mengenakan masker agar serpihan cat tidak terhirup ke saluran pernafasan Anda. Setelah selesai, Anda bisa membersihkan sisa-sisa serpihan kuas atau lap kering agar debu-debu yang ada bisa terangkat.

Itulah beberapa cara menghilangkan cat pada besi yang bisa Anda lakukan sendiri dengan mudah dan cepat di rumah. Langkah-langkah di atas sangat efektif dan murah untuk Anda lakukan sendiri. Pastikan juga Anda menggunakan masker saat menghilangkan cara pada besi agar kotoran dan debu hasil penghilangan tidak masuk ke saluran pernafasan Anda. 

Temukan semua kebutuhan bahan bangunan Anda di Klopmart, toko online terlengkap! Mulai sekarang untuk meraih hasil proyek bangunan Anda dengan kualitas terbaik.

Inspirasi Lainnya

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Home & Living

7 Cara Penempatan Tandon Air di Dalam Rumah (Panduan Lengkap)

Selengkapnya
10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Tips & Trik

10 Cara Membersihkan Tandon Air yang Berlumut, Dijamin Efektif!

Selengkapnya
8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Home & Living

8 Desain Kamar Mandi Minimalis Kloset Duduk Shower yang Inspiratif

Selengkapnya
Silahkan hubungi kami
Hi saya ingin bertanya
whatsappweb